PENGARUH KOMUNIKASI, KOHESIVITAS DAN KEPEMIMPINAN TERHADAP KINERJA MUSYAWARAH GURU MATA PELAJARAN (MGMP) DI MAN 2 MODEL MEDAN

Rosliana Nasution

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh komunikasi terhadap kinerja MGMP di MAN 2 Model Medan; mengetahui pengaruh kohesivitas terhadap kinerja MGMP di MAN 2 Model Medan dan mengetahui pengaruh kepemimpinan terhadap kinerja MGMP di MAN 2 Model Medan serta mengetahui pengaruh komunikasi, kohesivitas, dan kepemimpinan secara bersamaan terhadap kinerja MGMP di MAN 2 Model Medan. Adapun tempat dilakukannya penelitian ini adalah di Madrasah Aliyah Negeri (MAN) 2 Model Medan Jl. Wilem Iskandar Kec. Medan Tembung, Medan Provinsi Sumatera Utara. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif, populasi penelitian ini adalah seluruh guru MAN Model 2 Medan yang berjumlah 100 orang. Adapun sampel dari penelitian ini berjumlah 50 orang atau setengah dari jumlah populasi. Penelitian yang terdiri dari empat variabel ini diukur dengan menggunakan teknik angket yaitu dengan menyusun daftar kuisioner dan selanjutnya disebarkan kepada responden untuk mereka jawab. Tiap variabel ditentukan dalam beberapa indikator yang pemilihannya berdasarkan kajian teori. Data dari hasil penelitian ini diolah dan dianalisis dengan menggunakan teknik analisis variasi (anava) dua jalan yang melibatkan tiga variabel independen yaitu pengaruh komunikasi (X 1), Kohesivitas (X2), dan Kepemimpinan (X3), serta satu variabel dependen yaitu Kinerja MGMP (Y). Berdasarkan hasil analisis yang telah dibahas ditemukan pengaruh Komunikasi, Kohesivitas, dan Kepemimpinan terhadap Kinerja MGMP di MAN 2 Model Medan. dengan demikan dapat ditarik kesimpulan sebagai berikut: Secara parsial komunikasi berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja MGMP MAN 2 Model Medan. Secara parsial kohesivitas berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja MGMP MAN 2 Model Medan. Secara parsial kepemimpinan berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja MGMP MAN 2 Model Medan. Secara simultan komunikasi, kohesivitas, dan kepemimpinan berpengaruh positif dan signifikan sebesar 0.056% terhadap kinerja MGMP MAN 2 Model Medan Medan. Artinya terdapat 90 % variabelvariabel lain yang mempengaruhi kinerja MGMP MAN 2 Model Medan Kata kunci: Komunikasi, Kohesivitas, Kepemimpinan, Musyawarah Guru Mata Pelajaran (MGMP) di MAN 2 Model Medan

Full Text:

PDF

References


Ahmadi, Abu, Psikologi Sosial, (Jakarta: PT. Rineka Cipta, 2002) Arifin, Anwar, Strategi Komunikasi, (Bandung: Armico, 1994).

Arikunto, Suharsimi, Prosedur Penelitian, (Jakarta: Rineka Cipta. 2002), h. 108109.

Daft, Richard L and Dorothy Marcic, Management: The New Workplace, Sixth Edition. China: South-Western Cengage Learning, 2009).

Danim, Sudarwan dan Khairil. 2011. Profesi Kependidikan. Bandung: Alfabeta, 2011).

Depdikbud, Peran dan Fungsi Pusat Kegiatan Guru (PKG) dalam Sistem Pembinaan Profesional Guru (Jakarta: 1995)

Depdiknas. Materi Pelatihan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP). (Jakarta: PT. RajaGrafindo Persada, 2008).

Devito, J.A. Ilmu Komunikasi dalam Organisasi. (Jakarta, Ghalia Indonesia, 2008).

Djamarah, Syaiful Bahri, Guru dan Anak Didik dalam Interaksi Edukatif. Jakarta: Rineka Cipta, 2000).

Effendy, Onong. 2000. Ilmu Teori dan Filsafat Komunikasi. Bandung: PT. Rosdakarya.

Ernawan, H, Pendekatan Sosiologi dalam Berkomunikasi. (Jakarta, Rosdakarya, 2008).

Forsyth & Hoyt, C. L., Journal of Leadership Studies, (Teams and groups. In R. A. Couto. Vol. 2, 4, 29-40, 2010).

Forsyth, R Donelson, Group Dynamic, Fourth Edition, Terj. (Thomson Wardsworth Austrailia 2010).

Gomez, F. Cardoso, Manajemen Sumber Daya Manusia (Terj), (Yogyakarta: Graha Ilmu, 1997).

Ghozali, Imam. 2012. Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program IBM SPSS 20. Semarang: Universitas Diponegoro.

Ghozali, Imam. 2013. Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program IBM SPSS 21 (edisi ketujuh). Semarang: Universitas Diponegoro.

Gunawan Ari H, Administrasi Sekolah (Jakarta: Rineka Cipta, 1996).

Hasibuan, Malayu, Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta: PT Miftah Thoha, Perilaku Organisasi Konsep Dasar dan Aplikasinya, (Jakarta: PT. RajaGrafindo Persada, 2001).

Huraerah, Abu dan Purwanto, Dimamika Kelompok, (Bandung: PT. Refika Aditama, 2006).

Indrawati, Siti, ddk, Teori Observasi, (Bandung: Fakultas Psikoloogi UPI, 2007). Kate, Ludeman, The Corporate Mystic. (New York: Bantam Books, 1996)

Kerlinger, Fred N “Asas-asas Penelitian Behavioral”, Terj. (Yogyakarta: Universitas Gadjahmada, 2004).

Kiswanto M., Pengaruh Kepemimpinan dan Komunikasi terhadap Kinerja Karyawan Kaltim Pos Samarinda, dalam Jurnal Eksis, Samarinda: Politeknik Negeri Samarinda, 2010, Volume 6 No. 1.

Kriyantono, Rahmat, Teknis Praktis Riset Komunikasi, (Jakarta: Kencana Prenada Media, 2006).


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


--

Silakan pilih menu ARCHIVES untuk melihat jurnal edisi lainnya

 

Indexed by :