UIN-IAIN-STAIN: Perkembangan Epistemologi dan Institusi Perguruan Tinggi Islam Indonesia

Muhammad Rapono

Abstract


Pendidikan Islam merupakan hal yang pokok di masyarakat Islam khususnya  di Indonesia, perkembangan perguruan tinggi Islam di Indonesia dimulai dari IAIN,STAIN dan UIN. Gagasan pendidikan Islam sebenarnya sudah muncul pada tahun 1930an pada masa penjajahan. Dan diresmikan di Jakarta pada tanggal 8 juli 1945. Perbedaan antara STAIN, IAIN dan UIN adalah STAIN hanya menjalankan program pendidikan akademik dalam lingkup satu disiplin ilmu saja, sedangkan IAIN menjalankan program pendidikan akademik dalam sekelompok disiplin ilmu, dan UIN Menjalankan program pendidikan akademik dalam sejumlah disiplin ilmu. Perkembangan pendidikan Islam secara epistemologi sangat dipengaruhi oleh letak strategisnya, seperti Jogjakarta dan Jakarta. Kemerosotan pendidikan Islam sangat dipengaruhi oleh Sumber daya manusia sebagai tenaga pendidik dan kependidikan.

Kata Kunci : Pendidikan Islam, IAIN, STAIN, UIN dan  Perkembangan Epistemologi.


Full Text:

PDF

References


Asari, Hasan (ed.). Universitas Islam Negeri Sumatera Utara: Memperkokoh Eksistensi, Memperluas Kontribusi. Medan: IAIN Press, 2015.

Daulay, Haidar Putra dan Pasa, Nurgaya. Pendidikan Islam Dalam Mencerdaskan bangsa. Jakarta: Rineka Cipta, 2012.

Daulay, Haidar Putra. Dinamika Pendidikan Islam di Asia Tenggara. Jakarta: Rineka Cipta, 2009.

Daulay, Haidar Putra. Pendidikan Islam Dalam Sistem Pendidikan Nasional Di Indonesia. Jakarta: Kencana Prenada Media Group, 2004.

Daulay, Haidar Putra. Sejarah Pertumbuhan dan Pembaruan Pendidikan Islam di Indonesia. Jakarta: Kencana Prenada Media Group, 2007.

https://forlap.ristekdikti.go.id/perguruantinggi/detail

http://simpuh.kemenag.go.id/regulasi/pp_60_99.pdf

Lubis, Nur Ahmad Fadhil. Rekonstruksi Pendidikan Tinggi Islam:Memberi makna Kelahiran UINSU. Bandung: Citapustaka Media, 2014.

Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 60 Tahun 1999 Tentang Pendidikan Tinggi.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


--

Silakan pilih menu ARCHIVES untuk melihat jurnal edisi lainnya

 

Indexed by :