KONSEP ISLAMISASI ILMU PENGETAHUAN DAN PENERAPANNYA DALAM PENDIDIKAN ISLAM (Studi Pemikiran Syed Muhammad Naquib al-Attas)

MUSLEM MUSLEM

Abstract


Gagasan islamisasi ilmu pengetahuan pertama sekali disampaikan oleh Syed Muhammad Naquib al-Attas pada konferensi pertama pendidikan Islam Internasional di Makkah tahun 1977. Gagasan tersebut merupakan respon atas pemahaman dan penyebaran ilmu pengetahuan Barat yang telah mengangkat keraguan sebagai sarana epistemologi yang cukup baik untuk mendapatkan ilmu pengetahuan khusunya dalam bidang pendidikan. Tulisan ini bertujuan untuk menemukan konsep islamisasi ilmu pengetahuan dari Syed al-Attas. Jenis penelitiannnya adalah kepustakaan, dengan menggunakan studi dokumentasi atas berbagai tulisan Syed al-Attas. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembentukan worldview menjadi sesuatu yang fundamental untuk menafsirkan kebenaran dan realitas. Pembentukan worldview juga dipengaruhi dari saluran-saluran ilmu sebagai epistemologi, yaitu: (1) al-hawas al-khamsah, (2) al-‘aql al-salim, (3) al-khabar al-shadiq, dan (4) ilham yang dimiliki Islam. Karena perbedaan epistemology inilah kemudian membedakan proses pencapaian ilmu yang disebut dengan arrival of meaning to the soul dan arrival of the soul at meaning. Maka, konsep ta’dib harus diterjemahkan dalam pendidikan, begitu juga pemahaman atas dua sisi manusia baik jasmaniyah dan bathiniyah, proses pencapaian ilmu, dan materi-materinya.
Keyword: Syed Muhammad Naquib al-Attas, Islamisasi Ilmu Pengetahuan, Pendidikan Islam


Full Text:

PDF

References


Adi Setia, Epistemologi Islam Menurut Al-Attas: Satu Uraian Ringkas, Jurnal Islamia Vo.II, No. 6/Juli-September, 2005.

Halimatus Sa’diyah, Spiritualitas Pendidikan Islam Perspektif Syed Muhammad Naquib al-Attas, Jurnal: Tadrîs Volume 8 Nomor 2, Madura: UI Madura, 2013.

Hamid Fahmi Zarkasyi, dkk, Islamic Science, Paradigma, Fakta dan Agenda, Jakarta: INSISTS, 2016.

Jujun S. Suriasumantri, Filsafat Ilmu sebagai Sebuah Pengantar, Cet-6, Jakarta: Sinar Harapan, 1990.

Khudori Soleh, Filsafat Islam: Dari Klasik Hingga Kontemporer, Jogjakarta: Ar-Ruzz Media, 2016.

Syed Muhammad Naquib al-Attas, Islam and Sucularism, Ter. Karsidjo Djojosuwarno, Bandung: Salman ITB, 1981.

________________________________, The Concept of Education in Islam: A Framework for an Islamic Philosophy of Education, Terj. Haidar Bagir, Cet.ke-7, Bandung: Mizan, 1996.

________________________________, Islam and the Philosophy of Science, Terj. Saiful Muzani, Bandung: Mizab, 1995.

Wan Mohd Nor Wan Daud, The Educational Philosophy and Practice of Syed Muhammad Naquib al-Attas, terj. Hamid Fahmi, dkk., Bandung: Mizan, 2003.

Ziauddin Sardar, Jihad Intelektual, Terj. Priyono, Surabaya: Risalah Gusti, 1998.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


--

Silakan pilih menu ARCHIVES untuk melihat jurnal edisi lainnya

 

Indexed by :