AKTIVITAS AKADEMIK MAHASISWA DALAM MEMBENTUK PENDIDIK BERKOMPETENSI PROFESIONAL DI PRODI PAI FITK UIN SUMATERA UTARA

Mahariah Mahariah, Fitri Ramadhani

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1)Bagaimana aktivitas akademik mahasiswa prodi PAI FITK UIN Sumatera Utara Medan dalam membentuk pendidik berkompetensi profesional (2)Faktor pendukung dan penghambat aktivitas akademik mahasiswa prodi PAI FITK UIN Sumatera Utara Medan. Penelitian ini merupakan penelitian Kualitatif dengan pendekatan Fenomonologi. Subyek penelitian ini adalah mahasiswa prodi Pendidikan Agama Islam stambuk 2015/2016, 2016/2017, dan 2017/2018. Pengumpulan data penelitian diperoleh dengan observasi, wawancara, dan studi dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan mengunakan model dari Miles dan Huberman yang terdiri dari (a) reduksi data (b) penyajian data (c) kesimpulan. Hasil penelitian yang dilakukan di prodi Pendidikan Agama Islam FITK UIN Sumatera Utara Medan menunjukkan sebagian mahasiswa aktif dan sebagian mahasiswa lainnya masih kurang aktif. Faktor pendukungnya adalah motivasi internal mahasiswa, dukungan positif dari pihak kampus, terjalankannya sistem penghargaan apresiasi, dan beragamnya lembaga-lembaga pendukung. Faktor penghambatnya adalah munculnya sikap apatis dan minder pada diri mahasiswa, mengedepankan alasan belum memadainya sarana dan prasarana pendukung aktivitas akademik. Kata Kunci: Kompetensi Profesional, Aktivitas Akademik Mahasiswa

Full Text:

PDF

References


Ahmadie Thaha.1986. Biografi singkat dalam kata pengantar Ahmadie Thaha dalam Shahih Bukhari, Jakarta: Pustaka Panjimas.

Al-Ghazali. terj. Ismail Yakub.1983. Ihya Ulumiddin. Jakarta: CV. Faizan. Alqur’an dan Terjemahannya, Departemen Agama RI. 2014. Bandung: Sygma. Bochari, M.2001. Pendidikan Antisipatoris. Yogyakarta: Kanisius. Direktorat Pembinaan Akademik dan Kemahasiswaan. Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi. Depdiknas. 2005. Praktik Baik dalam Penjaminan Mutu Pendidikan Tinggi. Buku I – Proses Pembelajaran. Jakarta.

Daulay, Haidar Putra & Nurgaya Pasa. “Peranan Etika Akademik Di Perguruan Tinggi Dalam Membentuk Sikap Ilmiah”. dalam Jurnal Al-Irsyah. Vol. V No. 1. Januari – Juni 2015.

Dian. Mahsunah.dkk. 2012, Kebijakan Pengembangan Profesi Guru. Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Pendidikan dan Kebudayaan dan Penjaminan Mutu Pendidikan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Djam’an Satori. dkk. 2007. Profesi Keguruan. Jakarta: Universitas Terbuka. Hamalik, Oemar. 2004. Pendidikan Guru Berdasarkan Pendekatan Kompetensi. Jakarta: Bumi Aksara.

Hikmah, Dwi Nur. “Implementasi Budaya Akademik Dan Sikap Ilmiah Mahasiswa” dalam Jurnal Manajemen Pendidikan. Vol. 24 No 6. September 2015.

Hardianto, Deni. Studi Tentang Minat Membaca Mahasiswa FIP UNY. dalam Majalah Ilmiah Pembelajaran No 1 Vol 7 Mei 2011.

Icksan, Achmad. 1985. Mahasiswa dan Kebebasan Akademik. Malang: YP2LPM. Jailani, M. Syahran. “Guru Profesional dan Tantangan Dunia Pendidikan”. dalam Jurnal Al-Ta’lim. Vol. 21 No 1 2014.

Maktabah Syamilah, Tafsir at-Thabari, Juz 17 . Maryamah. “Tradisi Ilmiah Dalam Peradaban Melayu”. dalam Jurnal Tadris. Vol. II No. 2. Desember 2016.

Sagala, Syaiful. 2009. Kemampuan Profesional Guru dan Tenaga Kependidikan. Bandung: Alfabeta.

Salinan Buku III A Borang Akreditasi Program Studi Penjaskesek Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Lampung. 2016.

Salinan Undang-Undang Republik Indonesia No 12 Tahun 2012 Tentang Pendidikan Tinggi.

Suwendi,“Darurat Guru Pendidikan Agama Islam, diakses dari https://m.republika.co.id/berita/jurnalismewarga/wacana/17/03/27/onggae396 -darurat-guru-pendidikan-agama-islam/ , pada tanggal 03/07/2018

Srijanti. 2007. Etika Membangun Sikap Sarjana Profesionalisme Sarjana, Yogyakarta:Graha Ilmu.

Tafsir. 2004. Ilmu Pendidikan dalam Perspektif Islam. Bandung: Rosda. Tim Penyusun Buku Panduan Akademik Fakultas Ilmu Tarbiyah & Keguruan Universitas Islam Negeri Sumatera Utara Tahun Akademik 2016/2017.

Tim Penyusun Kamus Pusat Pembinaan & Pengembangan Bahasa. 1995. Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka

Variyaka, “ Peranan Mahasiswa Dalam Memajukan Perguruan Tinggi”, Variyaka Wordpress, diakses dari https://variyaka.wordpress.com/peranan-mahasiswadalam-memajukan-perguruan-tinggi/, pada tanggal 22/02/2018. Yamin, M. 2006. Sertifikasi Profesi Keguruan di Indonesia. Jakarta: GP


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


--

Silakan pilih menu ARCHIVES untuk melihat jurnal edisi lainnya

 

Indexed by :