PENANAMAN NILAI KARAKTER MENURUT IMAM AL-GHAZALI DALAM KITAB MINHAJUL ABIDIN

Asnil Aidah Ritonga, Latifatul Hasanh RKT

Abstract


Penanaman nilai karakter dizaman sekarang mutlak diperlukan dikarenakan banyaknya peerilaku yang sudah menganggap hal-hal yang tabuh dan tidak patut untuk ditiru untuk mendorong pendidikan menjadi jalan untuk memperbaiki dan menanamkan nilai-nilai karakter terhadap peserta didik. Namun dari hal tersebut perbedaan perilaku orang dizaman sekarang dengan yang terdahulu dapat dinilai sama atau tidak dengan mengkaji lagi kitab-kitab terdahulu sehingga memberikan solusi untuk mengatasi masalah dizaman sekarang. Oleh karena itu, alGhazali sebagai tokoh terkenal dizaman memberikan penjelasan-penjelasan yang mengarahkan pada penanaman nilai karakter. Oleh karena itu, tulisan ini bertujuan untuk mengetahui nilainilai karakter yang terkandung dalam kitab Minhajul Abidin serta untuk mengetahui penanaman nilai yang terdapat dalm kitab Minhajul Abdin karangan Imam al-Ghazali. Tulisan ini menggunakan literatur-literatur yang mendukung pembahasan yakni seputar nilai-nilai karakter dan penanaman nilai karakter dan menggunakan buku atau data primer kitab Minhajul Abidin karangan Imam al-Ghazali serta menggunakan buku dan sumber literaturnya dengan menggunakan kitab lain sebagai bahan kekayaan dalam pengembangan skripsi tentang masalah yang terkait, seperti Tanqihul Qaul (Pribadi Muslim), Kitab Syarah Ta’limu Muta’allim, Hifzul Lisan & Penuntun Akhlak Keluarga (Min Kunuzis Sunnah Fil Akhlaqi Was Suluki Wa Usrati), adab-adab Penuntut Ilmu dan Pengajar (Adab ad-Darsi wal Mudarris) serta buku-buku lainnya. Tulisan ini adalah Library Research atau tempat penelitiannya di perpustakaan UIN-SU Medan dengan kajian content analisis atau kajian isi dengan konsentrasi studi tokoh dan tentu saja penelitian ini adalah metodologi kualitatif. Hasil penelitian ini mangungkapkan bahwa ada 20 nilai karakter dalam kitab Minhajul Abidin karangan Imam al-Ghazali yaitu : bersyukur, religiusitas, sabar, menuntut ilmu, ikhlas, raja’ dan khauf, demokrasi, tawakkal, rajin, teladan, suka menolong, tahan ujian, bergaul/bersahabat dengan yang lain, tanggungjawab, bersungguh-sungguh, taqwa, menjaga lisan, uzlah, menjaga pendengaran, nasihah tawaquf mukaddimah ta’anni tanni. Dalam penanaman nilai karakternya terdapat enam tahapan yaitu : adanya pendidik/pembimbing, menanamkan iman dalam hati, memberikan pengarahan tentang kisah-kisah nabi dan orang-orang terdahulu, introspeksi diri/muhasabah, mampu membedakan mana yang baik dan buruk, memberikan lingkungan yang mendukung mengaplikasikan nilai karakter.

Kata Kunci : Penanaman Nilai Karakter, Imam al-Ghazali, Minhajul Abidin


Full Text:

PDF

References


Al-Ghazali ,(1409 H/1989 M), Minhajul Abidin , Beirut : Maussusatud Dasiyalah, Gunawan , Heri, (2012), Pendidikan Karakter : Konsep Dan Implementasi. Bandung : : Alfabeta. Haidar Dan Nurgaya, (2014), Pendidikan Islam Dalam Lintasan Sejarah Kajian Dari Zaman Pertumbuhan Sampai Kebangkitan. Jakarta : Prenada Media Group. Hendri, (2013), Pendidikan Karakter Berbasis Dongeng. Bandung : Simbiosa Rekatama Media. Hidayat, Otib Satibi, (2014),Metode Pengembangan Moral Dan Nilai-Nilai Agama. Jakarta : Universitas Terbuka. Ja’far M., (1981), Beberapa Aspek Pendidikan Islam. Surabaya : Al Ikhlas. Jamaluddin, Muhaammad, (1995), Mau’izdatul Mu’minin min ihyau Ulumud Din, Beirut : Dar alKutub al-Ilmiyah. Nirva Dan Mesiono, (2016), Dasar-Dasar Pendidikan Anak Usia Dini, Medan : Perdana Publishing.

Pupuh Dkk, (2013), Pengembangan Pendidikan Karakter. Bandung : PT. Refika Aditama. Masnur,Muslich, (2015),Pendidikan Karakter Menjawab Tantangan Krisis Multidimensional. Jakarta : Pt Bumi Aksara. Purba Hadis,(2015), Tauhid Ilmu, Syahadat Dan Amal. Medan : Iain Press. Ridwan Dan Muhammad, (2016),Pendidikan Karakter Mengembangkan Karakter Anak Yang Islami. Jakarta : Pt Bumi Aksara. Wijayanto, Samirin,(2014), Bridging The Gap. Jakarta : PT. Gramedia Pustaka Utama. Yaumi,Muhammad, (2014),Pendidikan Karakter Landasan, Pilar, Dan Implementasi. Jakarta : Prenada Media Group. Zuriah, Nurul, (2008),Pendidikan Moral Dan Budi Pekerti Dalam Perpektif Perubahan Menggagas Platform Pendidikan Budi Pekerti Secara Kontekstual Dan Futuristic. Jakarta : PT. Bumi Aksara.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


--

Silakan pilih menu ARCHIVES untuk melihat jurnal edisi lainnya

 

Indexed by :