PENGARUH METODE PEMBELAJARAN DISKUSI DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN SISWA PADA PEMBELAJARAN AL-QUR’AN-HADIS KELAS X MA LABORATORIUM UMN AL-WASHLIYAH MEDAN
Abstract
Metode pembelajaran Al-Qur’an-Hadis yang dilakukan pada penelitian ini adalah dengan menggunakan metode pembelajaran diskusi, yaitu dilakukan pada kelas X MA Laboratorium UMN Al-Washliyah Medan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pengaruh pelaksanaan metode pembelajaran diskusi dalam meningkatkan kemampuan belajar siswa MA Laboratorium UMN Al-Washliyah Medan pada penguasaan materi pembelajaran Al-Qur’an-Hadis. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan pada siswa kelas X MA Laboratorium UMN Al-Washliyah Medan yang mengikuti pembelajaran menggunakan metode diskusi lebih baik dengan nilai rata-rata =75,7 dibandingkan dengan hasil tes awal dengan nilai rata-rata = 60,2. Dengan demikian hal ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh pembelajaran menggunakan metode diskusi terhadap prestasi belajar siswa, dimana hasil yang diperoleh thitung = 4,8 > ttabel = 1,67 hal tersebut menandakan bahwa hipotesis penelitian ini yang menyatakan bahwa metode diskusi mempengaruhi prestasi belajar siswa adalah diterima pada taraf = 0,05.
Full Text:
PDFDOI: http://dx.doi.org/10.30829/taz.v5i1.46
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2016 TAZKIYA
Tazkiya: Jurnal Pendidikan Islam
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Program Studi Pendidikan Agama Islam, Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara Medan, Jl. Williem Iskandar Pasar V, Medan Estate.