PROSES PEMBELAJARAN MELALUI INTERAKSI EDUKATIF DALAM PENDIDIKAN ISLAM

Dedi Sahputra Napitupulu

Abstract


Pendidikan sangat erat kaitannya dengan interaksi edukatif. Hal ini disebabkan, dalam pelaksanaan pendidikan terdapat komunikasi yang terjalin, komunikasi dalam pendidikan ini kemudian disebut sebagai interaksi. Interaksi yang terjadi antara peserta didik dan pendidik dapat terjadi secara langsung maupun tidak langsung. Interaksi ini lah yang kemudian akan menentukan keberhasilan dan ketercapaian pembelajaran. Dalam konteks pendidikan, banyak interaksi yang terjadi dalam proses pembelajaran. Interaksi ini termasuk di dalamnya perilaku mengajar pendidik, perilaku belajar peserta didik, interaksi antara pendidik dan peserta didik serta interaksi sesama peserta didik. Seorang pengajar memiliki tugas utama menyelenggarakan pembelajaran, agar pembelajaran menjadi hal yang menarik dan efektif, maka pendidik harus memiliki strategi dan metode pembelajaran yang baik dan tepat dalam menyampaikan materi-materi pembelajarannya dan harus dirangkaikan dalam interaksi edukatif yang baik.


Full Text:

PDF

References


Anhar, Harizal. “Interaksi Edukatif Menurut Pemikiran Al-Ghazali”, Jurnal Ilmiah Islam Futura, Vol. 13, No. 1, Tahun 2013.

Asy-Syalhub, Fu’ad bin Abdul Aziz. Begini Seharusnya Menjadi Guru: Panduan Lengkap Metodologi Pengajaran Cara Rasulullah. Jakarta: Darul Haq, 2011.

Hasbullah, Dasar-Dasar Ilmu Pendidikan. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada, 2011.

Halen Dwistia, Syaifuddin Latif, Ratna Widiastuti, “Hubungan Interaksi Sosial Peserta Didik dengan Prestasi Belajar”, dalam Jurnal Pendidikan FKIP Lampung, 2015, Vol. 4, No. 1, Tahun 2015.

Inah, Ety Nur. “Peran Komunikasi dalam Interaksi Guru dan Siswa”, dalam Jurnal Al-Ta’dib, Vol. 8, No. 2, Tahun 2015.

Khanifatul. Pembelajaran Inovatif. Yogjakarta: Ar-Ruzz Media, 2013. Islam Futura, Vol. 13, No. 1, Tahun 2013.

Khodijah, Nyayu. Psikologi Pendidikan. Jakarta: RajaGrafindo Persada, 2014.

Sardiman. Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: Rajawali Pers, 2011.

Suprahatiningrum, Jamil. Strategi Pembelajaran. Jogjakarta: Ar-Ruzz Media, 2016.

Isnaini, Muhammad dan Sasminta Christina Yuli Hartati, “Survei Interaksi Edukatif Guru dengan Siswa pada Pendidikan Jasmani, Olah Raga dan Kesehatan”, Jurnal Pendidikan Olah Raga dan Kesehatan, Vol. 2, No. 3, Tahun, 2014.

Mollah, Moh. Kalam. “Konsep Interaksi Edukatif dalam Pendidikan Islam dalam Perspektif Alquran”, dalam Jurnal Pendidikan Agama Islam, Vol. 3, No. 2, Tahun 2015.

Nata, Abuddin. Paradigma Pendidikan Islam: Kapita Selekta Pendidikan Islam. Jakarta: Grasindo, 2001.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


--

Silakan pilih menu ARCHIVES untuk melihat jurnal edisi lainnya