Pendidikan Lingkungan Keluarga

Sangkot Nasution

Abstract


Keluarga merupakan lingkungan yang pertama dan utama bagi anak. Dalam kehidupan anak tentunya, keluarga merupakan tempat yang sangat vital. Anak-anak memperoleh pengalaman pertamanya dari keluarga. Dalam keluarga, peranan orang tua sangat penting sebab mereka adalah model bagi anak. Ketika orang tua melakukan sesuatu, anak-anak akan mengikuti orang tua mereka. Hal ini disebabkan anak dalam masa meniru. Orang tua yang satu dengan orang tua yang lainnya mendidik anak-anak mereka tentunya juga berbeda. Mereka mempunyai suatu gaya tersendiri dan tentunya gaya-gaya tersebut akan berpengaruh terhadap lingkungan anak. Oleh karena itu, lingkungan keluarga sangatlah penting untuk pertumbuhan dan perkembangan anak terutama perkembangan sosio-emosinya. Pendidikan keluarga adalah salah satu bentuk pendidikan di luar sekolah yang besar pengaruhnya terhadap keberhasilan anak dalam belajar. Pendidikan keluarga yang maksimal memiliki kecenderungan untuk meningkatkan minat anak dalam belajar, yang pada akhirnya akan mempengaruhi pula terhadap hasil belajar anak. Sedangkan lemahnya pendidikan keluarga memiliki kecenderungan untuk melemahkan minat anak dalam belajar dan akan melemahkan pula terhadap prestasi belajar anak tersebut

Full Text:

PDF

References


Derajat, Zakiyah. 1995. Pendidikan Islam dalam Keluarga dan Sekolah, Jakarta : CV. Ruhama.

Tirtarahardja. 2005. Pengantar Pendidikan, Jakarta : Rineka Cipta.

Ar-Rifa’i, Muhammad Nasib. 2000. Ringkasan Tafsir Ibnu Katsir : Jilid IV, Jakarta : Gema Insani Press.

Nurdin, Muslim, dkk. 1993. Moral dan Kognisi Islam, Bandung : Alfabeta.

Al-Falasani, Judi. 1993. Konsep Pendidikan Qur’ani, Solo : Ramadhani.

Bari, Muhammad Fuad Abdul. 1965. Turos, Beirut : Al-Arabi.

Al-Bukhari. 1975. Masykul Al-Bukhari, Mesir : Darul Kutubul Arabiyah.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


--

Silakan pilih menu ARCHIVES untuk melihat jurnal edisi lainnya