ASPEK-ASPEK PEDAGOGIK DAN PROFESIONAL GURU DALAM AMTSAL ALQURAN (TELAAH TERHADAP ALQURAN SURAH IBRAHIM/14 AYAT 24, 25 DAN 26)

Abd Halim Nasution

Abstract


Kompetensi paedagogik dan profesional guru Guruan Agama Islam harus mempunyai nilai lebih dibanding dengan guru mata pelajaran umum. Hal ini disebabkan materi pelajaran yang akan disampaikan sangat sarat dengan materi yang sifatnya abstrak.  Alquran melalui amtsal mengungkapkan dan memperjelas makna yang rumit dan samar, menampilkan hal-hal yang abstrak dalam gambaran yang konkrit, yang meragukan dalam tampilan yang meyakinkan. Penggunaan amtsal membantu seorang guru dalam merencanakan dan menyajikan materi pembelajaran, mendekatkan peserta didik pada pemahaman dan penguasaan materi pelajaran. Materi pelajaran yang abstrak dikemas dan dirancang sedemikian rupa sehingga menjadi konkrit, nyata, dan mudah dipahami peserta didik.  Dengan amtsal menciptakan komunikasi yang menarik antara guru dan peserta didik.


Full Text:

PDF

References


Abi Haiyyan, Muhammad bin Yusuf (1993) Bahrul Muhit, Beirut: ad- Daar al-Maktabah al- Ilmiyah

Al-Alusiy, Syihabuddin Mahmud, (tt) Ruh al-Ma’aniy, Beirut; Al-Muniriyah

Al-Jauziyah, Ibn Al-Qayyim, (1981), Al-Amtsal fi Alquran Al-Kariim, Beirut; Daar Al-Ma’rifah

Al-Jauziyah, Ibn Al-Qayyim, (1423 H), Badaai’u at-Tafsiir, Jeddah; Daar Ibn Jauziyah

Alquran Al-Karim

Al-Razy, Fakhruddin, (1981), Tafsiir Al-Kabiir wa Mafatih al-Gaib, Beirut, Daar Al-Fikri.

Al-Sa’ady, Abdu al-Rahman bin Naashir bin Abdullah, (2002), Tafsiir al-Karim al-Rahman fi Tafsir Kalam al-Manaan, Riyad; Daar As-salaam

Al-Suyuti,1992 al-Itqan fi Ulum a-Quran, Madinah al-Munawarah; Al-Amanat Al- Ammah.

Al-Zamakhsyari, Abi Al-Qasim, (2009) Tafsir Al- kassyaf, Beirut; Daar Al-Ma’rifah

At-Turmuzi, Abi Abdullah Muhammad bin Ali al-Hakim, (1987), Al-Amtsaal min al-Kitaaby wa as - Sunnah, Beirut; Daar Ibn Zaidun

Ibn katsir, Abi Al-Fida Ismai bin Umar, (2000), Tafsir Al-Quran Al-Azim, Beirut; Daar Ibn Hazam

Quraish Shihab, 2007, Tafsir Al-Mishbah, Jakarta; Lentera Hati

Undang – Undang Republik Indonesia Nomor 14 Tahun 2005

Permendiknas Nomor 16/2017 tentang Kualifikasi Akademik dan Kompetensi Guru.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


--

Silakan pilih menu ARCHIVES untuk melihat jurnal edisi lainnya