ADAB INTERAKSI PENDIDIK DAN PESERTA DIDIK DALAM PERSPEKTIF ALQURAN SURAH AL-KAHFI AYAT 60-82

kifrawi kifrawi

Abstract


Penelitian dalam skripsi ini membahas tentang masalah adab interaksi pendidik dan peserta didik dalam perspektif Alquran surah al-Kahfi ayat 60-82 dan bertujuan untuk mengetahui adab interaksi pendidik dan peserta didik dalam kisah tersebut, beserta relevansinya dengan pendidikan sekarang.Jenis penelitian dalam skripsi ini adalah penelitian pustaka (library research), dan penelitian ini bersifat deskriptif. Teknik pengumpulan datanya adalah teknik kepustakaan, serta teknik analisis datanya menggunakan metode contentanalysi suntuk menggali kandungan surah al-Kahfi ayat 60-82 secara deskriptif.

Setelah dilakukan kajian yang mendalam, diketahui terdapat adab interaksi peserta didik terhadap pendidik dalam surah al-Kahfiayat 60-82 yaitu belajar dengan niat ibadah karena Allah  Swt.,  kesungguhan  dan semangat  yang  kuat  dalam  menuntut  ilmu,  jujur  dan bertanggung  jawab,  memperlihatkan  keseriusan dengan ungkapan  sopan  dan  tawadhu’, memposisikandiri  sebagai  seseorangyang membutuhkan  ilmu,  menghormati  pendidik, menepati kontrak belajar yang sudah disepakati.

Kemudian terdapat adab interaksi pendidik dengan peserta didik, yaitu seorangpendidikmemiliki asisten, melakukantes minat dan bakat, melakukan kontrak belajar dengan peserta didik, memberikan hukuman kepada peserta didik sesuai dengan pelanggaran yang telah dilakukan, menjelaskan suatu pelajaran secara bertahap, dan menjelaskan hikmah (pengetahuan irfani) dibalik  fakta atau fenomena (pengetahuan empiri). Selanjutnya terdapat relevansi hasil penelitiandengan pendidikan sekarang yaitu adanya komponen interaksi pendidikdanpeserta didik berupa tujuan pendidikan dan metode, ciri-ciri interaksi pendidik  dan peserta didik, dan adanya pola interaksi antara pendidik dan peserta didik.

Kata Kunci: Interaksi, pendidik, peserta didik, al-kahfi: 60-82


Full Text:

PDF


DOI: http://dx.doi.org/10.30829/taz.v7i2.386

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 TAZKIYA

Creative Commons License

Tazkiya: Jurnal Pendidikan Islam

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Program Studi Pendidikan Agama Islam, Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara Medan, Jl. Williem Iskandar Pasar V, Medan Estate.