IMPLEMENTASI PENDIDIKAN KARAKTER BERBASIS PESANTREN DI MA’HAD AL-JAMI’AH UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SUMATERA UTARA

Abbas Pulungan

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengungkapkan bagaimana Implementasi Pendidikan Karakter Berbasis Pesantren di Ma’had Al-jami’ah Universitas Islam Negeri SumateraUtara.

Metodologi yang digunakan padaskripsiini adalah menguunakan penelitian kualitatif dengan jenis penelitian fenomenologi. Subjek penelitian adalah Mudir (pimpinan ma’had), Riayah, Murobbi (pengurus) dan Mahasantri yang bertujuan untuk menemukan implementasi pendidikan karakter berbasispesantren dari kegiatan yang ada di ma’had al-jami’ah. Proses pengumpulan data yang dilakukan pada skripsi ini yaitu dengan cara 1) Observasi 2) Wawancara 3) Dokumentasi.

Berdasarkan hasil wawancara, observasi dan dokumentasi hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Kegiatan yang dilakukan di ma’had al-jami’ah adalah kegiatan keagamaan dan menerapkan karakter Religius Mahasantri yang meliputi: Sholat berjama’ah di mesjid. Halaqoh, hafal quan, Khatam Al-quran, membaca Al-Ma’surat. Dan kegiatan kebersamaan dan menerapkan karakter bersahabat/komunikatif yang meliputi: pelaksanaan muhadhoroh, pembelajaran malam, keberihannya gotong royong, sistem pertukaran kamar, dan kedisiplinan yang ada pada peraturan ma’had al-jami’ah (2) Implementasi pendidikan karakter berbasis pesantren di(Ma’had Al-Jami’ah) adalah pembiasaan dalam kegiatan yang ada di ma’had al-jami’ah, keteladanan yang diberikan seluruh pengurus (3) Faktor pendukung adalah seluruh komponen-komponen di ma’had yaitu Mudir, Riayah, Musrifah, Murobbi, sekretaris dan penghambatnya pada  diri sendiri dan banyaknya perbedaan suku sehingga susah untuk mengaturnya dan kebanyakan kegiatan di luar organisasi dan kurangnya fasilitas yang berada di ma’had al-jami’ah

Kata kunci: Implementasi, Pendidikan karakter, berbasis pesantren


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


--

Silakan pilih menu ARCHIVES untuk melihat jurnal edisi lainnya