IMPLEMENTASI METODE PEMBELAJARAN SKI BERDASARKAN KISAH RASUL (Studi Kasus Siswa Kelas VIII di MTsN 02 Kepahiang)

Suseil Mestaria, Alimni Alimni, Meilani Mar’atussholeha, Herlinda Balkis

Abstract


Implementasi pembelajaran adalah pelaksanaan dan penerapan pada kegiatan pembelajaran, dalam pembelajaran SKI perlu adanya Implementasi agar terwujudnya sebuah rencana yang sudah disusun. Guru yang baik  adalah guru yang mengimplementasikan metode pembelajaran sesuai dengan rencana,sebagai pendorong dan motivasi bagi peserta didik. Rasulullah SAW sebagai pembawa risalah kenabian yang sejak awal sudah mencontohkan dalam mengimplementasikan pembelajaran yang tepat terhadap para sahabat-Nya. Untuk itu, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui implementasi pembelajaran SKI (Sejarah kebudayaan Islam) berdasarkan kisah rasul pada siswa kelas VII di MTsN 02 Kepahiang. Metode penelitian ini mengunakan metode riset pustaka (library research). Hasil penelitian menjelaskan bahwa pembelajaran SKI berdasarkan kisah Rasul perlu diterapkan dikarenakan

Metode pembelajaran rasullulah yang menarik seperti pembelajaran aktif, inovatif, kreatif, efektif dan menyenangkan, hal ini dapat mengubah sistem pembelajaran didalam kelas yang pasif menjadi lebih hidup. Dan dapat membuat peseta didik lebih tertarik dan hilangnya rasa bosan dalam melakukan pembelajaran di kelas.

Kata Kunci: Implementasi, Metode, Pembelajaran SKI, Kisah Rasul


Full Text:

PDF


DOI: http://dx.doi.org/10.30829/taz.v11i2.2015

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Suseil Mestaria

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Creative Commons License

Tazkiya: Jurnal Pendidikan Islam

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Program Studi Pendidikan Agama Islam, Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara Medan, Jl. Williem Iskandar Pasar V, Medan Estate.