PENGARUH EFEKTIVITAS PENGGUNAAN MODUL DAN MOTIVASI BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR MAHASISWA AKUNTANSI SYARIAH DI UIN K.H. ABDURRAHMAN WAHID PEKALONGAN

Novi Safitri, Hendri Hermawan Adinugraha

Abstract


Penciptaan bahan ajar yang efektif dapat meningkatkan hasil belajar siswa, mendorong kemandirian belajar, dan mengurangi kebosanan. Modul merupakan salah satu item instruksional yang dapat dibuat. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis pengaruh antara efektivitas penggunaan modul (X1) dan motivasi belajar (X2) terhadap hasil belajar (Y) mahasiswa akuntansi syariah di UIN K.H. Abdurrahman Wahid Pekalongan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Alat ujinya yaitu Uji Validitas, Uji Reliabilitas dan Uji Hipotesis yang meliputi Uji T dan Uji F. Strategi pengumpulan data berupa survei dengan skala likert. Aplikasi SPSS adalah alat yang digunakan untuk analisis data. Studi ini menemukan bahwa pemanfaatan modul dan motivasi belajar memiliki dampak yang baik terhadap hasil belajar berdasarkan temuan penelitian sebelumnya.Modul akuntansi layak diterapkan dalam pembelajaran akuntansi dan mendapat tanggapan baik dari mahasiswa. Berdasarkan hasil survei yang telah diberikan, mahasiswa lebih menyukai belajar dengan modul akuntansi karena dianggap lebih efisien, mudah dipahami, dan mampu meningkatkan motivasi belajar untuk memberikan hasil yang terbaik.

Kata Kunci: Efektivitas, Modul, Motivasi, Hasil Belajar


Full Text:

PDF (Indonesian)

References


Aghni, Rizqi Ilyasa. 2018. “Jurnal Pendidikan Akuntansi Indonesia, Vol. XVI, No. 1, Tahun 2018” XVI, no. 1.

Alwi, Said. 2017. “Problematika Guru Dalam Pengembangan Media Pembelajaran.” ITQAN: Jurnal Ilmu-Ilmu Kependidikan 8, no. 2: 145–67. http://ejurnal.iainlhokseumawe.ac.id/index.php/itqan/article/download/107/65/.

Apriyani, Nadia, Tri Ariani, and Wahyu Arini. 2020. “Pengembangan Modul Fisika Berbasis Discovery Learning Pada Materi Fluida Statis Siswa Kelas XI SMA Negeri 1 Lubuklinggau Tahun Pelajaran 2019/2020.” Silampari Jurnal Pendidikan Ilmu Fisika 2, no. 1: 41–54. https://doi.org/10.31540/sjpif.v2i1.930.

Rosdiana. 2017. “DIADIK : Jurnal Ilmiah Teknologi Pendidikan, 7(2), 2017 ISSN 2089-483X” 7, no. 2: 98–110.

Edriani, Devi, Harmelia Harmelia, and Dessyta Gumanti. 2021. “Pengaruh Minat Dan Kemandirian Belajar Terhadap Hasil Belajar Siswa Jurusan Akuntansi Di SMK Negeri 1 Painan.” Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan 3, no. 6: 4506–17. https://doi.org/10.31004/edukatif.v3i6.1479.

Firdaus, Robby Anzil. Akuba, Stefi Falentino. Purnamasari, Dian. 2019. “Jurnal Ilmu Pendidikan Dan Teknologi.” Ilmu Pendidikan Dan Teknologi 5, no. (2) Agustus: 130–39.

Suci Rohayati. 2018. “Pengaruh Penggunaan Modul Pembelajaran Akuntansi, Intensitas Praktikum Akuntansi Dan Motivasi Terhadap Hasil Belajar Pada Mata Pelajaran Akuntansi Perusahaan Dagang".

Gustarie, Chika, Asep Hidayat, and Fugiyar Suherman. 2019. “Pengaruh Penggunaan Bahan Ajar Modul Terhadap Ketuntasan Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Ekonomi.” JP2EA: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Ekonomi Akuntansi 5, no. 1: 21–29. https://jurnal.fkip.unla.ac.id/index.php/jp2ea/article/view/320?articlesBySameAuthorPage=2.

Hardani, Auliya Nur Hikmatul, Helmina Ardiani, Roushandy Asri Fardani, Jumari Ustiawaty, Evi Fatmi Utami, Dhika Juliana Sukmana, and Ria Rahmatul Istiqomah. 2020. Metode Penelitian Kualitatif & Kuantitatif.

Janah, nilda miftahul. n.d. “Konsep Uji Validitas Dan Reliabilitas Dengan Menggunakan Spss,” no. 18210047.

Magdalena, Ina, Riana Okta Prabandani, Emilia Septia Rini, Maulidia Ayu Fitriani, and Amelia Agdira Putri. 2020. “Analisis Pengembangan Bahan Ajar.” Jurnal Pendidikan Dan Ilmu Sosial 2, no. 2: 170–87. https://ejournal.stitpn.ac.id/index.php/nusantara.

Muhimatunnafingah, S, H Herimanto, and A A Musadad. 2018. “Efektivitas Model Pembelajaran Mandiri Menggunakan Modul Digital Dan Modul Cetak Terhadap Hasil Belajar Sejarah Ditinjau Dari Minat Baca Siswa.” Candi 18, no. 2.

Mujiani. “Pengaruh Penggunaan Modul Pembelajaran Akuntansi, Intensitas Praktikum Akuntansi Dan Motivasi Terhadap Hasil Belajar Pada Mata Pelajaran Akuntansi Perusahaan Dagang Kelas Xi Di Smk Negeri 10 Surabaya.” Pendidikan Akuntansi 6, no. 20.

Novalinda, Eri, Sri Kantun, and Joko Widodo. 2018. “Pengaruh Motivasi Belajar Terhadap Hasil Belajar Mata Pelajaran Akuntansi Siswa Kelas X Jurusan Akuntansi Semester Ganjil Smk Pgri 5 Jember Tahun Pelajaran 2016/2017.” JURNAL PENDIDIKAN EKONOMI: Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, Ilmu Ekonomi Dan Ilmu Sosial 11, no. 2: 115. https://doi.org/10.19184/jpe.v11i2.6456.

Nurmala, Desy Ayu, Lulup Endah Tripalupi, and Naswan Suharsono. 2014. “Pengaruh Motivasi Belajar Dan Aktivitas Belajar Terhadap Hasil Belajar Akuntansi.” Jurnal Pendidikan Ekonomi 4, no. 1: 86–95.

Rif'ah, Ziyadatur. 2015. “Jurnal Pendidikan Akuntansi Indonesia , Vol . XI , No . 2 , Tahun 2015” XI, no. 2: 54–67.

Risman, Abdur. 2017. ".Efektivitas Pembelajaran Akuntansi Dengan Menggunakan Modul".

Rahmadi. 2019. Pengantar Metodologi Penelitian. Antasari Press.

Sobandi, Rizki. 2017. “Pengaruh Motivasi Belajar Terhadap Hasil Belajar Bahasa Indonesia Pada Siswa Kelas VIII MTS Negeri 1 Pangandaran.” Jurnal DIKSATRASIA 1, no. 2: 306–10. https://jurnal.unigal.ac.id/index.php/diksatrasia/article/view/634.

Yanti, Yuri. 2019. "Jenis-Jenis Bahan Ajar".n.d.




DOI: http://dx.doi.org/10.30829/taz.v11i2.1458

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Novi Safitri

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Creative Commons License

Tazkiya: Jurnal Pendidikan Islam

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Program Studi Pendidikan Agama Islam, Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara Medan, Jl. Williem Iskandar Pasar V, Medan Estate.