PELAKSANAAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM PADA KELUARGA REMAJA PUTUS SEKOLAH (Studi terhadap Keluarga Etnis Banten di Kelurahan Indra Kasih Kecamatan Medan Tembung Kota Medan)

Ernita Ernita, Afrahul Fadhila Daulai

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pelaksanaan Pendidikan Agama Islam dalam keluarga remaja putus sekolah etnis Banten di Kelurahan Indra Kasih Kecamatan Medan Tembung Kota Medan. Jenis penelitian adalah deskriptif dengan menggunakan pendekatan kualitatif.  Hasil penelitian menunjukkan bahwa ditemukan tiga bentuk pelaksa­naan Pendidikan Agama Islam dalam keluarga remaja putus sekolah, yaitu Pendidikan Agama Islam dalam lingkup keluarga, Pendidikan Agama Islam di masyarakat, dan pendidikan pengendalian sosial oleh pe­mim­pin. Pendidikan Agama Islam dalam lingkup keluarga, yaitu pen­didikan akhlak, pendidikan taharah, pendidikan salat dan puasa, magrib mengaji, dan pendidikan karakter. Pendidikan Agama Islam di masya­rakat, yaitu ceramah agama, wirid Yasin dari rumah ke rumah remaja, dan pendidikan konseling remaja. Pendidikan pengendalian sosial oleh pemimpin, yaitu penyuluhan dampak penggunaan narkoba dan dampak pergaulan bebas terhadap remaja. Kesimpulan penelitian terkait ketiga bentuk Pendidikan Agama Islam dalam keluarga remaja putus sekolah telah terlaksana dengan baik, diprakarsai oleh keluarga, masyarakat, dan pemimpin.


Full Text:

PDF (Indonesian)

References


Achmadi. (2005). Ideologi Pendidikan Islam Paradigma Humanisme Teosentris. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Al-Maraghi, M. (1993). Tafsir Al-Maraghi, Terjemah, Bahrun Abubakar dkk, Semarang: Toha Putra.

Amir,Y. F. (1995). Reorientasi Pendidikan Islam. Jakarta: Bumi Aksara.

Daradjat, Z, dkk. (1992). Ilmu Pendidikan Islam. Jakarta: Bumi Aksara.

Daradjat, Z. (2005). Ilmu Jiwa Agama. Jakarta: Bulan Bintang.

Elihami., & Syahid, A. (2018). “Penerapan Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Dalam Membentuk Karakter Pribadi Yang Islami”. Edumaspul: Jurnal Pendidikan, 2(1), 79-96.

Huberman, A. M., & Miles, M. B. (2014). Analisis Data Kualitatif (Tjejep Rohidi, alih bahasa). Jakarta: UI Press.

Marimba, D. A. (1986). Pengantar Filsafat Pendidikan Islam. Bandung: Al-Ma’arif.

Putri, M., Jasmienti., Iswantir. & Fauzan. (2022). “Faktor Yang Mempengaruhi Akhlak Anak Putus Sekolah Di Jorong Balai Cubadak Nagari Taram Kecamatan Harau Kabupaten Lima Puluh Kota”. Jurnal Pendidikan Tambusai, 6(1), 3774-3787.

Shihab, M. Q. (2011). Tafsir Al-Misbah Jilid 14. Jakarta: Lentera.

Yunus, M. (1992). Metodik Khusus Pendidikan Agama. Jakarta: Hidakarya Agung.

Zuhairini, dkk. (1983). Metodik Khusus Pendidikan Agama. Surabaya: Usaha Nasional.




DOI: http://dx.doi.org/10.30829/taz.v11i1.1409

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) Juni 2022 Ernita, Afrahul Fadhila Daulai

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

Creative Commons License

Tazkiya: Jurnal Pendidikan Islam

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Program Studi Pendidikan Agama Islam, Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara Medan, Jl. Williem Iskandar Pasar V, Medan Estate.