PENERAPAN METODE TUTOR SEBAYA UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA KOMPETENSI MEMBACA ALQURAN

Ridawati Ridawati

Abstract


Proses pembelajaran memberikan hasil yang lebih optimal, diperlukan metode pembelajaran yang tepat; efektif, efisien, dan menyenangkan. Metode pembelajaran tutor sebaya diharapkan dapat menjadi salah satu alternatifnya. Untuk mengetahui efektivitas metode pembelajaran tutor sebaya dalam meningkatkan minat, motivasi, dan hasil belajar peserta didik, khususnya pada kompetensi baca Alquran. Peneliti melakukan penelitian terhadap peserta didik kelas XI IPA SMA Negeri 21 Medan dalam bentuk penelitian tindakan kelas dan dilakukan dalam tiga siklus. Hasil penelitian membuktikan bahwa metode tutor sebaya dapat meningkatkan mutu pembelajaran Pendidikan Agama Islam karena diperlukan inovasi dan strategi pembelajaran yang tepat, efektif, efisien, dan fun. Pembelajaran dengan metode tutor sebaya adalah salah satu alternatif dalam upaya memperbaiki model atau metode pembelajaran Pendidikan Agama Islam, khususnya dalam kompetensi membaca Alquran peserta didik. Pembelajaran dan treatment dianggap berhasil jika proses dan hasil pembelajaran mengalami peningkatan 50% atau lebih dari kondisi awal dan ketuntasan belajar mencapai 100%.

Full Text:

PDF (Indonesian)

References


Arikunto, S. (2002). Pengelolaan Kelas dan Siswa. Jakarta: Rajawali Press.

Djamarah, S. B. (2002). Psikologi Belajar. Jakarta: Rineka Cipta.

Hamalik, O. (2003). Kurikulum dan Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara.

Harsanto, R. (2007). Pengelolaan Kelas yang Dinamis. Yogyakarta: Kanisius.

Hidayati, A. L. (2004). Cooperative Learning. Jakarta: Grasindo.

Ismail. (2008). Strategi Pembelajaran Agama Islam Berbasis PAIKEM. Semarang: RaSail Media Group.

Sabri, A. (2007). Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Quantum Teaching.

Setiawan, C. R. (2000). Pendekatan Keterampilan Proses. Jakarta: PT. Gramedia.

Silberman, M. (2001). 101 Strategi Pembelajaran Aktif (Active Learning). (S. d. Ammar, Trans.) Jakarta: Yakpendis.

Suyitno, A. (2002). Prosedur Penelitian Tindakan Kelas. Bogor: Ghalia Indonesia.

Uno, H. B. (2008). Teori Motivasi dan Pengukurannya. Jakarta: Bumi Aksara.

Zain, S. B. (2013). Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta.




DOI: http://dx.doi.org/10.30829/taz.v11i1.1389

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) Juni 2022 Rida Wati

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

Creative Commons License

Tazkiya: Jurnal Pendidikan Islam

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Program Studi Pendidikan Agama Islam, Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara Medan, Jl. Williem Iskandar Pasar V, Medan Estate.