KEPEMIMPINAN INOVATIF KEPALA SEKOLAH DALAM PENDIDIKAN DI MASA PANDEMI COVID-19

Nisrina Khoirunnisa, Vika Sarika, Zulnadi Zulnadi

Abstract


Dalam dunia pendidikan sangat diperlukan pemimpin yang memiliki pemikiran sangat luas mengenai berbagai macam hal yang berhubungan dalam dunia pendidikan. Untuk itu, penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan kepemimpinan inovatif di dalam dunia pendidikan semasa pandemi Covid-19. Penelitian ini menggunakan metode riset pustaka (library research). Hasil penelitian menjelaskan bahwa pemimpin haruslah memiliki jiwa inovatif dalam mengembang­kan ilmu pengetahuan yang sangat erat kaitannya dalam lembaga pendidikan. Seorang pemimpin harus memiliki visi, misi, kemauan, dan komitmen untuk melakukan inovasi yang berkelanjutan, memahami proses melakukan inovasi luas, dan memiliki kemampuan dalam melakukan inovasi terbaru. Dengan demikian, pemimpin memiliki peran penting dalam meningkatkan mutu pendidikan di masa pandemi Covid-19 yang telah menghambat kegiatan pembelajaran. Kepemimpinan kepala sekolah dalam meningkatkan mutu pendidikan di masa pandemi Covid-19 melalui tiga proses manajemen strategi yaitu formulasi atau perencanaan strategis, implementasi strategis, dan evaluasi strategis.


Full Text:

PDF (Indonesian)

References


Bagwell, J. (2020). Leading Through a Pandemic: Adaptive Leadership and Purposeful Action. Journal of School Administration Research and Development, 5 (1), 30–34. https://doi.org/10.32674/jsard.v5iS1.2781

Candra, R., Rahayu, E. S., & Putra, N. M. D. (2020). Development of Science Module SETS Approach to Strengthen Cognitive Learning Outcomes of Elementary School Students. Journal of Primary Education, 9 (3), 248–257. https://doi.org/10.15294/jpe.v9i3.37713

Chandra, Situmorang, M., & Situmeang, M. (2019). The Influence of Principal Managerial Competencies and Interpersonal Communication on Teachers Performance in Samanhudi Tanjung Pura Private Senior High School. Proceedings of the 4th Annual International Seminar on Transformative Education and Educational Leadership (AISTEEL 2019). Medan City, Indonesia. https://doi.org/10.2991/aisteel-19.2019.129

Dewi, T. A. P., & Sadjiarto, A. (2021). Pelaksanaan Pembelajaran Daring Pada Masa Pandemi Covid-19. JURNAL BASICEDU, 5 (4), 1909–1917.

Djafri, N., Arwildayanto, A., & Suking, A. (2020). Manajemen Kepemimpinan Inovatif pada Pendidikan Anak Usia Dini dalam Perspektif Merdeka Belajar Era New Normal. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5 (2), 1441–1453. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i2.901

Fernandez, A. A., & Shaw, G. P. (2020). Academic Leadership in a Time of Crisis: The Coronavirus and Covid-19. Journal of Leadership Studies, 14 (1), 39–45. https://doi.org/10.1002/jls.21684

Gualano, M. R., Lo Moro, G., Voglino, G., Bert, F., & Siliquini, R. (2020). Effects of Covid-19 Lockdown on Mental Health and Sleep Disturbances in Italy. International Journal of Environmental Research and Public Health, 17 (13), 4779. https://doi.org/10.3390/ijerph17134779

Kepemimpinan Inovatif dalam Penyelenggaraan Pendidikan di Masa Pandemi Covid-19 Suyitno. https://doi.org/10.31004/edukatif.v3i6.1432

Rosadi, A., Marwiji, M. H., & Mariah, E. Y. (2021). Strategi Kapala Sekolah dalam Pelaksanaan Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ). Jurnal Jendela Pendidikan, 01(02), 112-118.

Sarah Amalyah, Erika Febriyanti, Hari Wandika Dan Najmudin (2021). Peran Kepala Sekolah Dasar Negeri Dalam Penyelenggaraan Pendidikan Pada Masa Pandemi Covid-19. Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. Hamka, Jakarta.

Siti Khodijah & Muhammad, S, H. (2021). Strategi Kepemimpinan Kepala Sekolah Dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan Di Masa Pandemi Covid-19. Manajemen Pendidikan, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Surabaya.

Syam, A. (2012). Kepemimpinan Pendidikan Yang Inovatif. Al-Ta Lim Journal, 19(2), 151–157. https://doi.org/10.15548/jt.v19i2.16




DOI: http://dx.doi.org/10.30829/taz.v11i1.1268

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) Juni 2022 Nisrina Khoirunnisa, Vika Sarika, Zulnadi

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Creative Commons License

Tazkiya: Jurnal Pendidikan Islam

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Program Studi Pendidikan Agama Islam, Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara Medan, Jl. Williem Iskandar Pasar V, Medan Estate.