SCRAPBOOK SEBAGAI MEDIA EFEKTIF/KREATIF DALAM MANAJEMEN WAKTU ANAK

Yulia Sari, Nurul Azmi Saragih, Atika Rahmadani, Apriani Harahap, Amrina Fatanah, Adelia Mauritia Shalsa, Amalia Rahma Putri, Ardiana Ardiana, Aliyah Febrianti

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi efektivitas penggunaan scrapbook sebagai media kreatif dalam membantu manajemen waktu anak-anak panti asuhan. Kegiatan dilaksanakan selama satu minggu, waktu pembuatan mulai dari tanggal 28 April hingga 4 Mei 2025, dengan melibatkan 15 anak berusia 12-15 tahun. Anak-anak diminta membuat scrapbook bertema bebas melalui tahapan menentukan tema, mengumpulkan bahan, merancang tata letak, menempelkan foto serta dekorasi, hingga memberikan sentuhan akhir. Selain meningkatkan kreativitas, proyek scrapbook ini juga membantu anak-anak belajar menyusun prioritas dan menyelesaikan pekerjaan sesuai target waktu yang ditetapkan. Dengan demikian, scrapbook terbukti dapat menjadi media edukatif yang efektif untuk melatih manajemen waktu sekaligus mengembangkan kreativitas pada anak-anak panti asuhan. Penelitian ini menggunakan pendekatan Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif, yaitu suatu pendekatan yang bertujuan untuk memahami dan mendeskripsikan fenomena sosial secara mendalam dan holistik melalui proses interaksi antara peneliti dan subjek penelitian dan Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan efektivitas penggunaan scrapbook sebagai media kreatif dalam mengembangkan keterampilan manajemen waktu pada anak-anak panti asuhan. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan signifikan dalam manajemen anak di lihat dari hasil scrapbook mereka dan scrapbook merupakan cara efektifitas anak dalam memanajemen waktu dan mangasah kreatifitas mereka.


Keywords


Manajemen, Scrapbook dan Efektif/Kreatif

Full Text:

PDF

References


Arsyad, Azhar. (2021). Media Pembelajaran. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Jalaluddin, Rakhmat. (2022). Psikologi Komunikasi. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Munandar, U. (2020). Pengembangan Kreativitas Anak Berbakat. Jakarta: Rineka Cipta.

Nugroho, R. (2021). Manajemen Waktu dan Produktivitas. Yogyakarta: Pustaka Pelajar

Subhaktiyasa, P. G. (2024). Menentukan Populasi dan Sampel: Pendekatan Metodologi Penelitian Kuantitatif dan Kualitatif. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 9(4), 2721-2731.

Usman, Husaini. (2020). Manajemen: Teori, Praktik, dan Riset Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.

Wahyuningsih, S. (2019). “Manajemen Waktu Anak Usia Sekolah Dasar: Sebuah Tinjauan Psikologis.” Jurnal Psikologi Pendidikan, 7(1), 45–56.

Waruwu, M. (2024). Pendekatan penelitian kualitatif: Konsep, prosedur, kelebihan dan peran di bidang pendidikan. Afeksi: Jurnal Penelitian Dan Evaluasi Pendidikan, 5(2), 198-211.

Yusuf, S. (2021). Psikologi Perkembangan Anak dan Remaja. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Zakaria, R. (2021). Desain Media Kreatif dalam Pembelajaran. Jakarta: Prenadamedia

Group.




DOI: http://dx.doi.org/10.30829/pema.v4i1.4642

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


INDEXING

 

 

Creative Commons License


Jurnal Tarbiyah by UIN Sumatera Utara Medan is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at http://jurnaltarbiyah.uinsu.ac.id/index.php/pematarbiyah.
Permissions beyond the scope of this license may be available at http://jurnaltarbiyah.uinsu.ac.id/index.php/pematarbiyah/about/submissions#copyrightNotice.