PELATIHAN KETERAMPILAN AGAMA BAGI PEMUDA DAN REMAJA MASJID DI DESA HUTAPADANG KABUPATEN ASAHAN

Salman Ahyani

Abstract


Pentingnya keterampilan agama bagi pemuda dan remaja masjid di HutaPadang Kabupaten Asahan mengingat bahwa makna keagamaan yang berarti ajaran, sistem yang mengatur tata keimanan (kepercayaan) dan peribadatan kepada Allah Swt. Tujuan dari Pengabdian ini untuk memberikan pengetahuan tentang keterampilan agama melalui pelatihan. Metode: Pengabdian masyarakat ini diperuntukkan pemuda dan remaja masjid dan metode yang digunakan adalah metode partisipatif sebuah pendekatan yang berfokus pada upaya meningkatkan keilmuan keterampilan agama bagi pemuda dan remaja masjid yang berperan serta sebagai pengurus dan anggota secara aktif, pelatihan ini dilaksanakan dengan melakukan penyuluhan, pendampingan dan penguatan. Hasil: Hasil dari pelatihan ini menunjukkan adanya peningkatan wawasan keilmuan bagi peserta pelatihan, kegiatan terlaksana dengan baik dan peserta yang cukup antusias dibuktikan dengan pemahaman pada materi utama dan tambahan baik pada praktikum maupun pada reward via quiz. Kesimpulan: Besar harapan peserta dapat mengaplikasikan dalam kehidupan beragama di tengah-tengah masyarakat yang majemuk.


Full Text:

PDF

References


Arfan, A. (2017). Fiqh Ibadah Praktis Cet 2. https://malikipress.uin-malang.ac.id/product/fiqh-ibadah-praktis-cet-2-2/

Asmaroini, A. P. (2016). Implementasi Nilai-Nilai Pancasila Bagi Siswa di Era Globalisasi. Citizenship Jurnal Pancasila dan Kewarganegaraan, 4(2), Article 2. https://doi.org/10.25273/citizenship.v4i2.1077

Halim; M. N. A. (2005). Esensi Ta’ziah & Upacara Pelepasan Jenazah (Jakarta). Bintang Terang.

Kadir, H. M. A. (2003). Ilmu Islam terapan: Menggagas paradigma amali dalam agama Islam / H. Muslim A. Kadir. Pustaka Pelajar.

Lirboyo, P. 2015 M. (2015). Pengantar Memahami LUBBUL USHUL. Aghitsna Publiser.

Mubasiroh, S. L. (2018). Menjadi Makhluk yang Disukai Allah untuk Meraih Sukses Dunia Akhirat. https://islamic- economics.uii.ac.id/menjadi-makhluk-yang-disukai-allah-untuk-meraih-sukses-dunia-akhirat/

Muhaimin, M. (2008). Paradigma Pendidikan Islam: Upaya mengefektifkan pendidikan Agama Islam di Sekolah. Remaja Rosdakarya.

Muhyani, M. (2013). Pengaruh Pengasuhan Orang Tua dan Peran Guru di Sekolah Menurut Persepsi Murid Terhadap Kesadaran Religius dan Kesehatan Mental. PROSIDING LPPM UIKA BOGOR, 247–271. https://pkm.uika- bogor.ac.id/index.php/prosiding/article/view/49

Mulyaden, A. (2021). Kajian Semiotika Roland Barthes terhadap Simbol Perempuan dalam Al-Qur’an. Hanifiya: Jurnal Studi Agama-Agama, 4(2), 139–154. https://doi.org/10.15575/hanifiya.v4i2.13540

Winarno, W. (2020). Penerapan Konsep Al-‘Urf dalam Pelaksanaan Ta’ziyah. ASY SYAR’IYYAH: JURNAL ILMU SYARI’AH DAN PERBANKAN ISLAM, 5(2), 180–201. https://doi.org/10.32923/asy.v5i2.1517

Zubaedi, Z. (2016). Pengembangan Masyarakat: Wacana dan Praktik. Kencana.




DOI: http://dx.doi.org/10.30829/pema.v4i1.3936

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


INDEXING

 

 

Creative Commons License


Jurnal Tarbiyah by UIN Sumatera Utara Medan is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at http://jurnaltarbiyah.uinsu.ac.id/index.php/pematarbiyah.
Permissions beyond the scope of this license may be available at http://jurnaltarbiyah.uinsu.ac.id/index.php/pematarbiyah/about/submissions#copyrightNotice.