PERAN DIGITAL MARKETING DALAM USAHA MENINGKATKAN PENJUALAN HOME INDUSTRY UMKM DI DESA PANTAI GADING KECAMATAN SECANGGANG

Rizkiya Putri Ramadhani, Alfi Khairi Siregar, Nurul Erika Putri Siregar, Siti Syachrani

Abstract


Pengabdian masyarakat yang kami lakukan ini bekerja sama dengan para UMKM di Desa Pantai Gading Kecamatan Secanggang. Tujuannya untuk mengetahui bagaimana peran digital marketing dalam usaha meningkatkan penjualan home industry yang dilakukan para UMKM. Metode penelitian yang dilakukan dalam pengabdian ini ialah ceramah dan observasi terhadap sebagian warga desa Secanggang. Kesimpulan dari pengabdian masyarakat di Desa Pantai Gading Kecamatan Secanggang ini adalah UMKM membutuhkan akses jaringan internet yang memungkinkan dan kemampuan dalam menggunakan gadget agar dapat meningkatkan pemasaran pada produk mereka.

Keywords


UMKM, Digital Marketing, Online Shop

Full Text:

PDF

References


Kotler, P. (1997). Manajemen Pemasaran Analisis Perencanaan, Implementasi, dan Pengendalian (terjemahan Jaka Wasana). Jakarta: Salemba Empat.

Risa, ratna. (2019). Implementasi digital marketing terhadap peningkatan penjualan hasil home industri. Jurnal ilmiah manajemen. 10(1).

Rauf, A, dkk. (2021). Digital Marketing: Konsep dan Strategi. Cirebon: Insania.

Sunardi, N., Lesmana, R., Kartono, Rudy, Hasbiyah, W. (2020). Peran Manajemen Keuangan dan Digital Marketing dalam upaya peningkatan omset penjualan bagi UMKM Pasar Modern intermoda BSD City Kota Tangerang Selatan di tengah pandemi covid- 19. Jurnal Abdi Masyarakat Humanis, 2(1).

Wijoyo, hadion. (2020). Digital Marketing. Jawa Tengah: CV. Pena Persada Redaksi.




DOI: http://dx.doi.org/10.30829/pema.v1i2.1944

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


INDEXING

 

 

Creative Commons License


Jurnal Tarbiyah by UIN Sumatera Utara Medan is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at http://jurnaltarbiyah.uinsu.ac.id/index.php/pematarbiyah.
Permissions beyond the scope of this license may be available at http://jurnaltarbiyah.uinsu.ac.id/index.php/pematarbiyah/about/submissions#copyrightNotice.