PEMBINAAN ANAK-ANAK KAWASAN ZONA MERAH BENCANA LETUSAN GUNUNG SINABUNG

Alfauzan Ramadhanny Simangunsong, Musdalifah Musdalifah, Novi Laila Maghfiroh, Anni Mariani

Abstract


Pendidikan merupakan kunci dari kemajuan peradaban, sehingga pembinaan yang pada dasarnya sebagai bagian dari pendidikan perlu dilaksanakan. Pembinaan ini dilaksanakan di Desa Kuta Rayat, Kecamatan Naman Teran, Kabupaten Karo, Provinsi Sumatera Utara. Pembinaan melalui beberapa kelas yang diadakan di kaki gunung sinambung ini, atau zona merah di kawasan gunung api sinambung yang sedang aktif merupakan bentuk pengabdian masyarakat secara langsung di daerah rawan bencana. Pembinaan ini dilaksanakan di tiga sekolah yakni satu Taman Kanak-kanak (TK), Satu Sekolah Dasar Negeri 040471 Relokasi Akibat Bencana Gunung Meletus, dan Satu Sekolah Dasar Negeri 047174 yang terletak di Desa Kuta Rayat. Pembinaan ini bertujuan untuk memberikan edukasi perlindungan diri dari bencana letusan gunung api, pembinaan mental melalui inspirasi dan motivasi, membina kesehatan, dan pengembangan bakat serta kreativitas. Pembinaan ini bermanfaat untuk anak-anak yang berada di kawasan ini. Pembinaan ini terdiri dari beberapa kelas yakni kelas Inspirasi, kelas Bencana, kelas Role Play, kelas Kreativitas, kelas Seni Budaya, kelas Kesehatan, Rumah Pelangi, dan Kelas Motivasi. Pembinaan ini dilaksanakan selama 14 Hari mulai tanggal 25 Januari 2019 sampai tanggal 7 Februari 2019. Pembinaan yang dilakukan memberikan dampak positif terhadap anak-anak yang berada di kawasan tersebut. Sehingga motivasi mereka kian bertambah karena kelas yang dilaksanakan di rancang sedemikian rupa agar tidak membosankan, dan terkesan menyenangkan. Pembinaan bukan hanya dilaksanakan di jam sekolah saja, sebab ada beberapa kelas yang juga dilaksanakan sepulang sekolah.

Full Text:

PDF

References


Murtiani, dkk. (2019). Analisis Kompetensi Guru dalam Mempersiapkan Media

Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi Era Revolusi Industri 4.0. Jurnal

Eksakta Pendidikan (JEP), 3(2), 133 https://doi.org/10.24036/jep/vol3-iss2/367

Lestari, S. (2018). Peran Teknologi Dalam Pendidikan Di Era Globalisasi.

Edu Religia, 2(2), 96 http://doi.org/10.33650/edureligia.v5i2.3333

Thalib, Syamsul B. (2010). Psikilogi Pendidikan Berbasis Analisis Empiris Aplikatif Edisi

Revisi. Jakarta: Kencana Prenadamedia Group.




DOI: http://dx.doi.org/10.30829/pema.v1i1.1462

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


INDEXING

 

 

Creative Commons License


Jurnal Tarbiyah by UIN Sumatera Utara Medan is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at http://jurnaltarbiyah.uinsu.ac.id/index.php/pematarbiyah.
Permissions beyond the scope of this license may be available at http://jurnaltarbiyah.uinsu.ac.id/index.php/pematarbiyah/about/submissions#copyrightNotice.