UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM (PAI) MELALUI MODEL PEMBELAJARAN SNOWBALL THROWING DI KELAS VIII MTs

Dahman Hasibuan

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) Hasil belajar siswa sebelum diterapkannya model pembelajran Snowball Throwing di Sekolah Madrasah Tsanawiyah Swasta, (2) Penerapan Model pembelajaran Snowball Throwing pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam, dan (3) Hasil belajar siswa setelah diterapkannya model pembelajaran Snowball Throwing di Sekolah Madrasah Tsanawiyah Swasta. Jenis Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas yang sering dikenal dengan nama Classroom Action Research, dimana peneliti melakukan tindakan langsung dalam kegiatan pembelajaran. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII Sekolah Madrasah Tsanawiyah Swasta yaitu berjumlah 30 siswa. Intrument yang digunakan yaitu tes, observasi, dan wawancara. Hasil penelitian menunjukkan bahwa : (1) Sebelum mengunakan model pembelajaran Snowball Throwing hasil belajar siswa masih sangat rendah hal ini dilihat dari rendahnya presentase ketuntasan klasikal 55,17% (16 siswa) dengan nilai rata – rata kelas mencapai 64,48% dari (30 siswa), (2) Selama proses pembelajaran berlangsung dengan mengunakan model pembelajaran  Snowball Throwing respon siswa sangat baik , siswa menjadi lebih aktif dan rasa ingin tahu menjadi lebih besar, dan (3) Setelah mengunakan model pembelajaran snowball Throwing hasil belajar siswa mengalami peningkatan pada siklus 1 diperoleh nilai rata –rata 70% dengan tingkat ketuntasan secara klasiakal 65,52% (19 siswa) setelah dilakukan  perbaikan  pada siklus II diperoleh nilai rata- rata sebesar 83,79% dengan  tingakat  ketuntasan klasikal mencapai 82,75% (24 siswa). Berdasarkan hasil penelitian tersebut, peneliti menyimpulkan bahwa adanya peningkatan hasil belajar siswa dengan menggunakan model pembelajaran snowball throwing pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di Sekolah Madrasah Tsanawiyah Swasta.

 

Kata Kunci: Model pembelajaran Snowball Throwing, hasil belajar PAI  


Full Text:

PDF

References


Aqib Zainal. Penelitian Tindakan kelas Untuk Guru SD, SLB, dan TK, Bandung: Yrama Widya, 2009

Bakar Rosdiana. Pendidikan Suatu Pengantar. Bandung: Citapustaka Media Perintis, 2009

Diah Utami. 2014. IPS Terpadu. Jakarta: PT Gelora Aksara Pratama, 2014

Djamarah Bahri Syaiful. Strategi belajar mengajar. Jakarta: Rineka cipta, 2013

Hasan Basri. Landasan Pendidikan. Bandung: Pustaka Setia, 2013

Hidayatulloh Agus. Al Jamil Al-Qur’an dan Terjemah. Bekasi: Cipta Bagus Sagara, 2012

Huda Miftahul. Model-model Pengajaran dan Pembelajaran. Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2014

Mudjiono. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: PT Rineka Cipta, 2013

Muhibbinsyah. Psikologi Pendidikan. Bandung: PT Remaja Rosdakarya, 2009.

Nasution, Abdul Gani Jamora. “Diskursus Merdeka Belajar Perspektif Pendidikan Humanisme”, Jurnal Ihya Al-Arabiyah, Vol/. 6 No. 1 tahun 2020 lihat http://jurnal.uinsu.ac.id/index.php/ihya/article/view/7921

Nasution, Abdul Gani Jamora. “Pembelajaran Edutainment: Tinjauan Filosofis Pendidikan Islam”, Ihya Al-‘Arabiyah: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Arab Vol. 3 No. 2 tahun 2017. http://jurnal.uinsu.ac.id/index.php/ihya/article/view/1324

Ngalimun. Strategi dan Model Pembelajaran. Yogyakarta: Aswaja Pressindo Cet 3, 2014

Nurmawati. Evaluasi pendidikan islam. Bandung:Cita pustaka media, 2014

Purwanto. Evaluasi Hasil Belajar. Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2009

Rusydi Ananda. Penelitian Tindakan Kelas. Bandung: Citapustaka Media, 2015

Shihab Quraish. Tafsir AL-Mishbah Jilid Dua. Jakarta:Lentera hati, 2002

____________. Tafsir AL-Mishbah Jilid Lima Belas. Jakarta: Lentera Hati, 2002

Shoimin Aris. 68 Model Pembelajaran Inovatif dalam Kurikulum 2013, Yogyakarta: Ar-Ruz Media. 2014

Slameto. Belajar dan Faktor-faktor yang mempengaruhinya. Jakarta:PT.Rineka Cipta, 2010

Sudjana Nana. Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: PT Remaja Rosdakarya, 2009

Susanto Ahmad. Teori Belajar dan Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jakarta: Kencana, 2013

Trianto. Model Pembelajaran Terpadu. Jakarta: PT Bumi Aksara, 2010.




DOI: http://dx.doi.org/10.30821/niz.v11i1.949

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


--

Silakan pilih menu ARCHIVES untuk melihat jurnal edisi lainnya