PERBANDINGAN HASIL BELAJAR MELALUI MODEL PEMBELAJARAN MAKE A MATCH DAN DEMONSTRASI PADA MATA PELAJARAN IPA SISWA KELAS IV MIS MIFTAHUL FALLAH KABUPATEN DELI SERDANG

Istiqamah Istiqamah, Abdul Gani Jamora Nasution

Abstract


Abstrak: Artikel ini membahas tentang perbandingan hasil belajar siswa Kelas IV pada mata pelajaran IPA dengan materi energi panas dan energi bunyi dengan memakai model pembelajaran Make A Match dan Demonstrasi di MIS Miftahul Fallah Deli Serdang.  Jenis penelitian quasi experimental dan Pretest Posttest Control Group Desaign. Teknik penentuan sampel pada penelitian ini menggunakan Teknik Probability Sampling. Instrument untuk mengukur hasil belajar menggunakan pre test dan post test. Validitas diuji dengan product moment dan untuk mengetahui realiabilitasnya diuji dengan rumus KR 20. Teknik analisis yang digunakan dalam penelitian ini meliputi uji normalitas, uji homogenitas dan uji t. pengolahan data dilakukan dengan program SPSS versi 20. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil belajar siswa yang menggunakan model pembelajaran Make A Match lebih tinggi dibanding dengan siswa yang menggunakan metode Demonstrasi. Hal ini ditunjukkan dengan uji hipotesis Post Test. Hasil uji hipotesis Post Test menggunakan uji t menunjukkan bahwa nilai signifikasinya adalah (0,000 < 0,05), sehingga Ho di tolak dan Ha diterima. Dimana Ha: ada perbedaan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA, antara penerapan model pembelajaran Make A Match dan metode pembelajaran Demonstrasi. Dengan demikian, siswa yang menggunakan penerapan model pembelajaran Make A Match memiliki rata-rata  nilai  yang tinggi yaitu 33,20 dibanding siswa yang menggunakan penerapan metode pembelajaran Demonstrasi yang mempunyai jumlah rata-rata nilai 26,00.

 

Kata kunci: Model Pembelajaran Make A Match, Demonstrasi, Hasil Belajar, Pelajaran IPA


Full Text:

PDF

References


Arianti, Rita Herwandi, Penerapan Mdoel; Quantum Teaching Dalam Pembelajaran menyimak Cerita Pendek ddalam jurnal Dialektika: Jurnal Bahasa, sastra, Dan Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, Vol. 5 No. 1 tahun 2018, http://journal.uinjkt.ac.id/index.php/dialektika/article/view/7613

Aris Soimin, 68 Model Pembelajaran Inovatif Dalam Kurikulum 2013, Yogyakarta: Ar-Ruzz Media, 2016.

Asih Widi Wisudawati & Eka Sulistyowati, Metodologi Pembelajaran IPA, Jakarta: Bumi Aksara, 2014.

de Potter, Boby, Mark Readon, & Sarah Singer-Nourie, Quantum Teaching: Mempraktikkan Quantum Learning di Ruang-ruang Kelas, terj. Ary Nilandari, Bandung: Kaifa, 2008.

Iis Daniati Fatimah, Penerapan Model Pembelajaran Make a Match dengan Media Kartu Bergambar untuk Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar Siswa” dalam Jurnal Ilmu Pendidijkan: Jurnal Kajian dan Praktik Kependidikan, Vol. 2, No. 1 tahun 2017, http://journal2.um.ac.id/index.php/jktpk/article/view/2201/1295

Indrawan WS, Kamus Lengkap Bahasa Indonesia, (Jombang: Lintas Media), hlm. 94.

Juhji, “Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Make A Match Dalam Pembelajaran IPA”, dalam Jurnal Primary: Jurnal Keilmuan dan Kependidikan Dasar, Vol. 9, No. 01, tahun 2017. Dalam http://jurnal.uinbanten.ac.id/index.php/primary/article/view/313

Masrita, “Meningkatkan Hasil Belajar PKN Siswa Kelas IV Melalui Pembelajaran Kooperatif Make A Match di SDN 15 Batipuh, Kabupaten Tanah Datar” Dalam Jurnal Pendidikan Guru MI Vol.4, Cirebon: IAIN Syeikh Nurjati, 2017.

Nasution, Abdul Gani Jamora, “Pembelajaran Edutainment, Tinjuan Filosofis Pendidikan Islam”, dalam Junral Ihya Al Arabiyah, Vol. 3 No. 2 Tahun 2017. http://jurnal.uinsu.ac.id/index.php/ihya/article/view/1324/1079

Sugiyono, Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, Dan R & D), Bandung: Alfabeta, 2017.

Syaifurahman & Tri Ujiati, Manajemen Dalam Pembelajaran, Jakarta Barat: Indeks, 2013.

UU Nomor 20 tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional.




DOI: http://dx.doi.org/10.30821/niz.v11i1.928

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


INDEXING