PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK TALK WRITE TERHADAP KETERAMPILAN MENULIS TEKS NARASI PADA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA DI KELAS V MIN 4 KOTA MEDAN

Nurul Aini, Salminawati Salminawati, Riris Nurkholidah Rambe

Abstract


Tujuan dari penelitian ini adalah untuk 1) Mengetahui keterampilan menulis teks narasi pada mata pelajaran bahasa Indonesia dengan menggunakan model pembelajaran langsung di kelas V MIN 4 Kota Medan; 2) Mengetahui keterampilan menulis teks narasi pada mata pelajaran bahasa Indonesia dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Think Talk Write di kelas V MIN 4 Kota Medan; 3) Mengetahui pengaruh yang signifikan dengan penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe Think Talk Write terhadap keterampilan menulis teks narasi pada mata pelajaran bahasa Indonesia di kelas V MIN 4 Kota Medan. Metode penelitian ini menggunakan penelitian kuantitatif eksperimen dengan desain penelitian quasi eksperimental desain (non equivalent control group design). Sampel dalam penelitian terdiri dari 2 kelas, yaitu kelas eksperimen dan kelas kontrol yang berjumlah 52 siswa. Instrumen pengumpulan data menggunakan tes pretest dan posttest. Teknik analisis data menggunakan uji normalitas, uji homogenitas, dan uji hipotesis (uji t). Hasil penelitian diperoleh bahwa, keterampilan menulis teks narasi pada mata pelajaran bahasa Indonesia dengan menggunakan model pembelajaran langsung adalah dengan nilai rata-rata 76,34. Keterampilan menulis teks narasi pada mata pelajaran bahasa Indonesia dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe think talk write adalah dengan nilai rata-rata 79,76. Hasil uji “t” diperoleh thitung > ttabel yaitu 2,764 > 2,009 dengan taraf signifikan 0,05 atau 5% yang menyatakan Ha diterima dan H0 ditolak. Hal ini membuktikan model pembelajaran kooperatif tipe think talk write memiliki pengaruh yang signifikan terhadap keterampilan menulis teks narasi pada mata pelajaran bahasa Indonesia di kelas V MIN Kota Medan.

Full Text:

PDF

References


A. Mulyasa, (2016), Menjadi Guru Profesional: Menciptakan Pembelajaran Kreatif dan Menyenangkan, Bandung: Remaja Rosdakarya.

BSNP, (2006). Standar Isi untuk Sekolah Dasar dan Menengah Standar Kompetensi dan Kompetensi Dasar SD/MI, Jakarta: Depdiknas.

Depdiknas, (2008), Kamus Besar Bahasa Indonesia Edisi Keempat, Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.

Khail, Ummul, (2018), Pembelajaran Bahasa Indonesia dan Sastra (BASASTRA) di SD dan MI Volume 2, Nomor 1.

Junaidi, dkk, (2018), Pembelajaran Bahasa Indonesia Di Madrasah Ibtidaiyah/Sekolah Dasar, Medan: Perdana Publishing.

Nurgiyantoro, Burhan, (2001), Penilaian Dalam Pembelajaran Bahasa dan Sastra. Yogyakarta: BMFE.

Tarigan, Henry Guntur, (2008), Menulis Sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa, Bandung: Angkasa.

Wandini, Rora Rizki, (2019), Pembelajaran Matematika Untuk Calon Guru MI/SD, Medan: CV. Widya Puspita.




DOI: http://dx.doi.org/10.30821/niz.v11i1.922

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


--

Silakan pilih menu ARCHIVES untuk melihat jurnal edisi lainnya