Penggunanaan Model Pembelajaran Active Tipe Talking Pada Mata Pelajaran PKN Materi Kebebasan Berorganisasi Di SD Negeri V Berastagi

Silvia Tabah Hati

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis penerapan strategi active tipe talking. Dengan strategiini diharapkan dapat meningkatkan kreativitas siswa dalam proses belajar mengajar, sehingga dapat meningkatkan hasil belajar PKn siswa di SD N 5 Berastagi Kabupaten Karo. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (classroom action research) yang dilaksanakan secara kolaboratif dengan guru bidang studi yang bertindak sebagai observer, di mana peneliti melakukan tindakan sebagai guru mata pelajaran PKn. Objek penelitian ini adalah siswa kelas V S N Berastagi Kabupaten Karo Penelitian ini terdiri dari dua siklus. Data yang dikumpulkan berhubungan dengan kreativitas belajar siswa berupa lembaran observasi dan untuk melihat peningkatan hasil belajar siswa melalui pemberian test. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas sebanyak dua siklus melalui Model pembelajaran Activ Tipe Talking Stick.sasaran penelitian ini adalah siswa  SD Negri V Berastagi. Berdasarkan hasil penelitian dapat diambil kesimpulan bahwa : (1) hasil belajar % siswa sebelum dilakukan tindakan mendapat nilai rata rata 67,siswa yang tuntas sebanyak 28,57atau 10 siswa.(2) hasil belajar siswa setelah diterapkan model pembelajaran Activ Tipe Talking Stick pada siklus l nilai rata rata 73,2 siswa yang tuntas sebanyak 45,71% atau 16 siswa. (3) hasil belajar siklus ll nilai rata rata meningkat menjadi 87, siswa yang tuntas sebanyak 82,86% atau 29 siswa. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran Activ Tipe TakingStick dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran PKn materi kebebasan berorganisasi di kelas V SD Negeri V Berastagi tahun pelajaran 2019/2020.

 

Kata Kunci: Active Tipe Talking, Pkn


Full Text:

PDF

References


Ahmad, Rohani. Pengelolaan Pengajaran, Jakarta: Rineka Cipta, 2004.

Amri Sofan. Pengembangan & Model Pembelajaran dalam Kurikulum 2013, Jakarta: PT. Prestasi Pustakaraya, 2016.

Dahar Willis Ratna. Teori-Teori Belajar dan Pembelajaran, Jakarta: Erlangga, 2013.

Daryanto, Belajar dan Mengajar, Bandung: Yrama Widya, 2010.

Huda, Miftahul. Model-Model Pengajaran dan Pembelajaran, Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2017.

Istarani, 58 Model Pembelajaran Inovatif, Medan : Media Persada, 2014.

Jihad Asep dkk. Evaluasi Pembelajaran, Yogyakarta: Multi Pressindo, 2012.

Khanifatul Pembelajaran Inovatif (Strategi Mengelola Kelas secara Efektif dan Menyenangkan), Yogyakarta: Ar-Ruzz Media, 2013.

Kunandar, Langkah Mudah Penelitian Tindakan Kelas Sebagai Pengembangan Profesi Guru, Jakarta: Raja Grafindo Persada, 2012.

Mardianto, Teknik Pengelompokan Siswa, Medan: IAIN Press, 2014.

Moleong, J. Lexy. Metodologi Penelitian Kualitatif, Bandung: Remaja Rosdakarya, 2008.

Muffarokah, Annisatul. Strategi Belajar Mengajar, Yogyakarta: Teras, 2009.

Nasution, Abdul Gani Jamora. Pendidikan Islam dalam Catatan Sejarah, Yogyakarta: Magnum Pustaka Utama, 2017.

Purwanto, Evaluasi Hasil Belajar, Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2011.

Rosdiana, A. Bakar. Pendidikan Suatu Pengantar, Bandung: Citapustaka Media Perintis, 2012.

Rusman, Model-Model Pembelajaran, Jakarta: Raja Grafindo Persada, 2012.

Salim dkk. Penelitian Tindakan Kelas (Teori dan Alikasi Bagi Mahasiswa, Guru Matapelajaran umum dan Pendidikan Agama Islam di Sekolah), Medan: Perdana Publishing, 2017.

Sani, Abdullah Ridwan Sudiran. Penelitian Tindakan Kelas: Pengembangan profesi Guru, Tangerang: Tira Smart, 2017.

Sanjaya, Wina. Penelitian Tindakan Kelas, Jakarta: Prenada Media Group, 2009.

Siregar, Eveline dkk. Teori Belajar dan Pembelajaran, Bogor: Ghalia Indonesia, 2010.

Suprijono, Agus. Cooperative Learning: Teori dan Aplikasi PAIKEM, Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2009.

Uno, B. Hamzah. Perencanaan Pembelajaran, Jakarta: PT Bumi Aksara, 2011.

Winarno, Pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan, Jakarta: PT Bumi Aksara, 2014.

Wiriaatmadja, Rochiati. Metode Penelitian Tindakan Kelas, Bandung: Remaja Rosdakarya, 2014.

Zainal, Aqib dkk. Penelitian Tindakan Kelas untuk Guru , SD, SLB, TK, Bandung: Yrama Widya, 2010.

Zubaidi, Achmad. Pendidikan Kewarganegaraan, Yogyakarta: Paradigma, 2010.




DOI: http://dx.doi.org/10.30821/niz.v10i2.778

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


--

Silakan pilih menu ARCHIVES untuk melihat jurnal edisi lainnya