Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Mata Pelajaran IPA Materi Pelapukan Batuan Menjadi Tanah Melalui Model Pembelajaran Scramble Kelas V MIS Miftahul Fallah Diski Desa Sumber Melati Kec. Sunggal Kab. Deli Serdang T.A 2017/2018

Rika Furun Zannah

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) dengan menggunakan model pembelajaran scramble untuk siswa kelas V  MIS Miftahul Falah Diski Desa Sumber Melati Kec Sunggal Kab Deli Serdang. Jenis penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas. Subjek penelitian adalah siswa kelas V  yang berjumlah 30 siswa. Metode pengumpulan data pada penelitian berupa tes, observasi, dan dokumentasi. Instrumen penelitian berupa tes dan  lembar keterlaksanaan pembelajaran. Teknik analisis data yang digunakan adalah deskriptif kuantitatif dan kualitatif. Adapun indikator keberhasilan tindakan ditandai dengan ≥85% dari jumlah siswa yang mengikuti proses pembelajaran telah memperoleh nilai ≥85. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan hasil belajar IPA siswa kelas V  MIS Miftahul Falah Diski Desa Sumber Melati Kec. Sunggal Kab. Deli Serdang setelah menggunakan model pembelajaran scramble pada siklus I maupun siklus II. Berdasarkan hasil tes dalam pelaksanaan pembelajaran dengan model pembelajaran scramble, siswa yang mencapai nilai ≥85 sebesar 80,33% pada siklus I dan meningkat menjadi 90,36% pada siklus II. Peningkatan hasil belajar tersebut terjadi setelah adanya  perbaikan tindakan pada siklus II yaitu guru membagi kelompok menjadi lebih jelas, anggota kelompok diperkecil jumlahnya, dan pemberian reward kepada siswa yang menjawab benar dan rapi. Tindakan diberhentikan pada siklus II karena telah mencapai kriteria keberhasilan.

 

Kata Kunci: Hasil Belajar, IPA, Model Pembelajaran Scramble.


Full Text:

PDF

References


Asrul & Amiruddin (ed), Panduan Penulisan Skripsi,Medan: Fakultas Tarbiyah IAIN SU, 2013.

Dewi, Rosmala. Profesionalisme Guru Melulai Tindakan Kelas, Medan: Pasca Sarjana, Unimed, 2010.

Hamid, Ahmad. Evaluasi Pembelajaran, Banda Aceh: Perdana Mulya Sarana,2009.

Istarani, Model Pembelajaran Inovatif, Medan: Media Persada, 2012.

Purwanto, Ngalim. Prinsip-Prinsip dan Teknik Evaluasi Pengajaran, Bandung: Remaja Rosdakarya, 2010.

______________. Psikologi pendidikan, Bandung: PT. Remaja Rosdakarya, 1996.

Raka, Joni. Pokok-Pokok Pikiran Mengenai Pendidikan Guru,Jakarta: UPI, 1992.

Salim, dkk, Penelitian Tindakan Kelas, Medan: Perdana Publishing, 2015.

Sanjaya, Wina. Penelitian Tindakan Kelas, Jakarta: Kencana Prenada Media Group, 2013.

Shoimin, Aris. 68 Model Pembelajaran Inovatif Dalam Kurikulum 2013, Yogyakarta Ar-Ruzz Media, 2016.

Suyitno, IPA Ilmu Pengetahhuan Alam, Jakarta: Yudistira, 2010.

Trianto, Model Pembelajaran Terpadu, Konsep, Strategi, dan Implementasinya dalam Kurikulum Tingkat satuan Pendidikan (KTSP), Jakarta: Bumi Aksara, 2010.




DOI: http://dx.doi.org/10.30821/niz.v10i2.777

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


--

Silakan pilih menu ARCHIVES untuk melihat jurnal edisi lainnya