PEMBUATAN MEDIA PEMBELAJARAN VIDEO ANIMASI PADA MATA KULIAH KONSEP DASAR BAHASA DAN SASTRA INDONESIA MAHASISWA UNIVERSITAS QUALITY TEMA MENJAGA KEBERSIHAN DIRI SENDIRI GUNA MENCEGAH PENYEBARAN COVID-19

Gemala Widiyarti, Hasni Suciawati, Siti Rakiyah

Abstract


Tujuan utama dari pembelajaran suatu bahasa salah satunya mempelajari mata kuliah konsep dasar pendidikan bahasa Indonesia yakni berperan penting dalam perkembangan intelektual dan emosional mahasiswa serta sebagai penunjang keberhasilan dalam mempelajari pelajaran yang lainnya. Pada mata pelajaran ini mahasiswa akan dibimbing oleh dosen bagaimana cara membuat power point dan diubah menjadi video animasi sebagaimana diketahui bahwa power point termasuk juga dalam media pembelajaran dan dalam video animasi ini akan bertemakan tentang cara menjaga kebersihan diri sendiri guna mencegah penyebaran virus corona atau covid-19.Video animasi yang dirancang bertujuan sebagai alat bantu belajar mahasiswa kelas 2A11 prodi PGSD Universitas Quality yang berkaitan dengan pentingnya menjaga kebersihan diri sendiri guna mencegah penyebaran covid-19. Dalam proses belajar mengajar, agar diperoleh hasil yang efektif diperlukan alat bantu atau media pendidikan. Fungsi media dalam pendidikan adalah sebagai alat peraga untuk menyampaikan informasi atau pesan-pesan khususnya dimasa pandemi ini untuk menyampaikan pesan menjaga kebersihan diri sendiri guna mencegah penyebaran covid-19.

 

Kata Kunci : Konsep Dasar Bahasa Indonesia, Video Animasi


Full Text:

PDF

References


Anang Nugroho. 2015. Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran Berbasis Power Point Dengan Video Dan Animasi Terhadap Motivasi Belajar Dan Prestasi Belajar Pada Materi Perawatan Unit Kopling Siswa Kelas 2 Jurusan Teknik Kendaraan Ringan Smk Piri 1 Yogyakarta. Yogyakarta : Skripsi UNY

Anitah, Sri dkk. 2011. Strategi pembelajaran di SD. Jakarta: Universitas Terbuka

Sadiman, Arief S dkk. 2006. Media Pendidikan Pengertian, Pengembangan, dan Pemanfaatannya. Raja Grafindo. Jakarta

Sugandi, Achmad. 2006. Teori Pembelajaran. Semarang: Universitas Negeri Semarang Press.

Trianto. 2009. Mengembangkan Model Pembelajaran Tematik. PT Prestasi Puastaka. Jakarta.




DOI: http://dx.doi.org/10.30821/niz.v10i2.769

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


--

Silakan pilih menu ARCHIVES untuk melihat jurnal edisi lainnya