PENGARUH MODEL COOPERATIVE LEARNING TIPE COURSE REVIEW HORAY TERHADAP HASIL BELAJAR IPA SISWA KELAS V MIN MEDAN TEMBUNG

Yullya Ardiny Hasibuan

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) hasil belajar siswa yang diajar dengan Model Cooperative Learning Tipe Course Review Horay pada mata pelajaran IPA, 2) hasil belajar siswa yang diajar dengan model pembelajaran konvensional pada mata pelajaran IPA, 3) pengaruh yang signifikan antara pengaruh Model Cooperative Learning Tipe Course Review Horay terhadap hasil belajar siswa IPA materi Peristiwa Alam di kelas V MIN Medan Tembung.  Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan jenis quasi eksprimen dengan populasi seluruh siswa kelas V MIN Medan Tembung yang berjumlah 3 kelas, sedangkan sampel berjumlah 2 kelas yang diambil dengan Teknik Cluster random sampling, Instrumen tes yang digunakan untuk mengetahui hasil belajar siswa adalah tes pilihan berganda berupa pos-tes. Hasil penelitian membuktikan bahwa siswa yang diajar dengan Model Cooperative Learning Tipe Course Review Horay memperoleh rata-rata 80 sedangkan hasil belajar siswa yang diajar dengan pembelajaran konvensional memperoleh nilai rata-rata 68. Hasil belajar IPA yang diajar dengan Model Cooperative Learning Tipe Course Review Horay lebih baik dari pada hasil belajar IPA yang diajar dengan model pembelajaran konvensional karena diperoleh hasil output SPSS 23 version windows < 0,05 maka Ha diterima dan Ho ditolak. Dengan demikian bahwa penggunaan model Cooperative Learning Tipe Course Review Horay memberikan pengaruh yang signifikan terhadap hasil belajar IPA pada materi Peristiwa Alam di MIN Medan Tembung.

 

Kata kunci: Cooperative Learning, Tipe Course Review Horay, Hasil Belajar, IPA


Full Text:

PDF

References


Bakar, Rosidana, A. Pendidikan Suatu Pengantar, Medan: Citapustaka Media Perintis. 2012.

Anita, Lie. Cooperative Learning: Mempraktikan Cooperative Learning di Ruang-Ruang Kelas, Jakarta: Gramedia, 2010.

Anitah, Sri dkk. Strategi Pembelajaran di SD, Jakarta: Universitas Terbuka, 2008.

Aqib, Z. Model-model Media dan Strategi Pembelajaran Kontekstual (Inovatif), Bandung: Yrama Widya, 2013.

Dimayati & Mudjiono, Belajar dan Pembelajaran, Jakarta: Rineka Cipta, 2009.

Haidir dan Salim. Strategi Pembelajaran ( Suatu Pendekatan Bagaimana Meningkatkan Kegiatan Belajar Siswa Secara Transformatif), Medan: Perdana Publishing. 2012

Hamid, M Sholeh. Metode Edutainment, Yogyakarta: DIVA Press, 2014.

Istarani, 58 Model Pembelajaran Inovatif, Medan: Media Persada, 2014.

Majid, A. Belajar dan Pembelajar Pendidikan Belajar dan Pembelajaran, Bandung: PT Remaja Rosdakarya, 2012.

Mardianto, Psikologi Pendidikan, Medan: Perdana Publishing, 2014.

Nasution, Wahyudin N. Strategi Pembelajaran, Medan: Perdana Publishing. 2017.

Nata, Abudin. Tafsir Ayat-ayat Pendidikan (Tafsir Al-Ayat Al- Tarbawiy), Jakarta: PT. Raja Grafindo, 2010.

Ruhimat, Toto. Perencanaan Pembelajaran, Jakarta Pusat: Direktorat Jenderal Pendidikan Islam Departemen Agama Republik Indonesia, 2009.

Rusman. Model-Model Pembelajaran: Mengembangkan Profesionalisem Guru, Jakarta: Rajawali Pers, 2012.

Salim & Syarum. Metodologi Penelitian Kuantitatif, Bandung: Citapustaka Media. 2016.

Sapriati, A dkk. Pembelajaran IPA di SD, Jakarta: Universitas Islam Negeri, 2008.

Shoimin, A. 68 Model Pembelajaran Inovatif dalam Kurikulum 2013, Yogyakarta: Ar-Ruzz Media, 2014.

Slavin, Robert E. Cooperativ Learning: Teori, Riset dan Praktik, Bandung: Nusa Media, 2005.

Sugiyono. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta, 2017.

Supranto & Nandan. Petunjuk Praktis Penelitian Ilmiah Untuk Menyusun Skripsi, Tesis dan Disertasi, Jakarta: Mitra Wacana Media, 2016.

Surya, H.M dkk. Kapita Selekta Kependidikan SD, Jakarta: Universitas Terbuka, 2007.

Susanto, A. Teori Belajar dan Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jakarta: Kencana Prenada Media Group, 2013.

Syah, Muhibbin. Psikologi Belajar, Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada, 2009.

Tim Dosen. Strategi Belajar Mengajar, Medan: Unimed, 2009.

Tim Dosen. Wawasan Pendidikan Dasar. Medan: Unimed, 2009.

Tim Editor Penerbit Erlangga. Erlangga RPAL: Rangkuman Pengetahuan Alam Terlengkap, Jakarta: Penerbit Erlangga, 2013

Trianto. Mendesain Model Pembelajaran Inovatif-Progresif: Konsep, Landasan dan Implementasinya pada Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP). Jakarta: Kencana Prenada Media Group. 2011

Widi, A dkk. Metodologi Pembelajaran IPA, Jakarta: Bumi Aksara, 2014.

Yosaphat Sumardi dkk. Konsep Dasar IPA, Jakarta: Universitas Terbuka, 2007.

Yusuf, R. Landasan Pendidikan, Banda Aceh: Syiah Kuala University Press, 2014.




DOI: http://dx.doi.org/10.30821/niz.v10i2.768

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


--

Silakan pilih menu ARCHIVES untuk melihat jurnal edisi lainnya