PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA AUDIO VISUAL TERHADAP HASIL BELAJAR AQIDAH AKHLAQ SISWA KELAS XI MAS. MU’ALLIMIN UNIVA MEDAN

Dahman Hasibuan

Abstract


Masalah dalam penelitian ini adalah kurang maksimalnya hasil belajar Akidah Akhlaq siswa kelas XI materi Meneladani sifat-sifat terpuji. Dimana guru jarang memanfaatkan media pada saat menyampaikan materi sehingga motivasi siswa untuk belajar berkurang dan siswa merasa bosan saat proses pembelajaran Akidah Akhlaq. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui hasil belajar siswa dan pengaruh penggunaan media audio visual terhadap hasil belajar Akidah Akhlaq siswa materi meneladani sifat-sifat terpuji. Penelitian dilaksanakan di MAS. Mu’allimin UNIVA Medan. Sebagai populasi adalah seluruh siswa kelas XI MIA MAS. Mu’allimin UNIVA Medan yang terdiri dari 2 kelas yaitu kelas XI MIA 1  dan XI MIA 2 berjumlah 71 orang siswa yang sekaligus menjadi sampel. Jenis penelitian ini adalah quasi eksperiment (eksperimen semu). Alat pengumpulan data yang digunakan adalah tes berbentuk essay yang terdiri dari 5 soal. Analisis data yang digunakan adalah uji independen antara dua faktor. Berdasarkan hasil analisis data diperoleh; (1) Hasil belajar Aqidah Akhlaq siswa dalam materi perpindahan panas atau kalor menggunakan media audio visual diperoleh nilai rata-rata 79,13, (2) Hasil belajar Aqidah Akhlaq materi Meneladani sifat-sifat terpuji. diajarkan dengan pembelajaran konvensional diperoleh nilai rata-rata 72,41, (3) Ada pengaruh yang signifikan penggunaan media audio visual terhadap hasil belajar Aqidah Akhlaqmateri meneladani sifat-sifat terpujisiswa kelas XI Mas. Mu’allimin UNIVA MedanTahun Ajaran  2019/2020.

Full Text:

PDF

References


Ahmadi, Abu & Nur Uhbiyati, Ilmu pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta, 2001.

Arif S. Sadiman, dkk. Media Pendidikan: Pengertian, Pengembangan Dan Pemanfaatannya, Depok: PT. Raja Grafindo Persada, 2014.

Arsyad, Azhar. Media Pembelajaran, Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada, 2014.

El Khuluqo, Ihsana. Belajar Dan Pembelajaran Konsep Dasar Metode dan Aplikasi Nilai-Nilai Spiritualitas Dalam Proses Pembelajaran, Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2017.

Rima Wati, Ega. Ragam Media Pembelajaran. Yogyakarta: Kata Pena, 2016.

Sukiman, Pengembangan Media Pembelajaran, Yogyakarta: Pedagogia, 2012.

Susanto, Ahmad. Teori Belajar & Pembelajaran di Sekolah Dasar, Jakarta: Prenadamedia Group, 2016.

Susilana Rudi, Riyana Cepi. Media Pembelajaran, Bandung: CV Wacana Prima, 2008.

Wahab, Jufri. Belajar dan Pembelajaran SAINS Bandung: Pustaka Reka Cipta, 2013.




DOI: http://dx.doi.org/10.30821/niz.v10i1.735

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


--

Silakan pilih menu ARCHIVES untuk melihat jurnal edisi lainnya