UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA DALAM KETERAMPILAN MEMBACA NYARING DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA CERITA BERGAMBAR PADA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA DI KELAS III MIS AL QUBA

Gemala Widiyarti Widiyarti

Abstract


Meningkatkan kemampuan membaca nyaring menggunakan media cerita bergambar pada mata pelajaran bahasa Indonesia untuk siswa Kelas III MIS Al Quba Medan Denai. Peningkatan ini dilatarbelakangi oleh adanya temuan yaitu pada siswa Kelas III ketika pelajaran Bahasa Indonesia masih banyak yang belum lancar dlaam membaca. Siswa belum dapat mencapai ketuntasan secara klasikal untuk memenuhi KKM 70 pada mata Pelajaran Bahasa Indonesia. Disamping rendahnya minat belajar dlaam membaca, kurangnya media pembelajaran yang digunakan oleh guru juga mempengaruhi hasil belajar siswa. Maka dari itu, perbaikan proses pembelajaranpun harus dilakukan agar kompetensi siswa dalam membaca dapat ditingkatkan.  Oleh karena itu, tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan kemampuan membaca siswa pada pelajaran Bahasa Indonesia dengan menggunakan media cerita bergambar. Kerangka berpikir yang diajukan adalah bahwa jika siswa Kelas III MIS Al Quba Medan Denai memanfaatkan media cerita bergambar yang dilakukan oleh guru saat mengajar maka kemampuan membaca siswa akan meningkat. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan kemampuan membaca siswa setiap siklus yang berdampak pada ketuntasan belajar dari rata-rata nilai pada awal siswa yaitu 57,7 dan memiliki kemampuan membaca sebesar 27% dan pada akhir siklus pertama nilai rata-rata siswa menjadi 70 kemudian meningkat pada siklus kedua menjadi 87, dengan ketuntasan belajar siswa mencapai 93%. Maka dengan demikian, maka penelitain ini dihentikan pada siklus ke dua karena sudah tuntas secara klasikal dan individual.


Full Text:

PDF

References


Arikunto, S. Metodologi Penelitian Suatu Pendekatan Proposal, Jakarta: PT. Rineka Cipta, 2002.

Basuki, Sulistyo. Metode Penelitian, Jakarta: Wedatama Widya Sastra. 2006.

Hamalik, Oemar. Proses Belajar Mengajar, Jakarta: PT Bumi Aksara, 2014.

Santi, Damayanti. Media Pembelajaran,Yogyakarta: Nuha Medika, 2015.

Tarigan, Henry Guntur. Membaca Sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa, Bandung. Penerbit Angkasa, 1994.

Zuchdi, Darmiyati & Budiasih, Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia di Kelas Rendah. Yogyakarta: PAS. 2001.




DOI: http://dx.doi.org/10.30821/niz.v10i1.734

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


INDEXING