Upaya Peningkatan Kreativitas dan Hasil Belajar IPS Siswa Kelas IV Melalui Strategi Self Questioning and Answering Test di SD Negeri 5 Berastagi Kabupaten Karo

Silvia Tabah Hati

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis penerapan strategi self questioning and answering test. Dengan strategi self questioning and answering test ini diharapkan dapat meningkatkan kreativitas siswa dalam proses belajar mengajar, sehingga dapat meningkatkan hasil belajar IPS siswa di SD N 5Berastagi Kabupaten Karo. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (Classroom Action Research) yang dilaksanakan secara kolaboratif dengan guru bidang studi yang bertindak sebagai observer, di mana peneliti melakukan tindakan sebagai guru mata pelajaran IPS. Objek penelitian ini adalah siswa kelas IV SD N Berastagi Kabupaten Karo Penelitian ini terdiri dari dua siklus. Data yang dikumpulkan berhubungan dengan kreativitas belajar siswa berupa lembaran observasi dan untuk melihat peningkatan hasil belajar siswa melalui pemberian test. Data yang diperoleh diolah dengan menggunakan analisis persentase dan mean score. Hasil penelitian pada siklus I, kreativitas dan hasil belajar IPS siswa dalam pembelajaran dengan strategi berada pada kriteria baik, kreativitas yang masih rendah berada pada indikator kreativitas memberikan masukan pada teman pada saat diskusi mengalami peningkatan yang cukup baik. Hasil belajar yang diperoleh siswa rata-rata 69,85, dengan 20 orang siswa yang tuntas dari 33 orang siswa. Pada siklus II sudah terjadi peningkatan baik kreativitas maupun hasil belajar IPS siswa. Untuk kreativitas belajar siswa dapat dikategorikan pada kriteria baik dan amat baik, dan untuk hasil belajar pada siklus II telah diperoleh rata-rata 81,06 dengan 28 orang siswa yang tuntas dari 33 orang tuntas. Berdasarkan hasil penelitian, penulis menyarankan pada guru dan kepala sekolah untuk dapat meningkatkan kreativitas dan hasil belajar siswa di SD N 5 Berastagi dengan menjadikan straegi self questioning and answering test  yang dipadu dengan pemberian reinfercement dan pemberian reward sebagai alternatif dalam strategi pembelajaran.

Full Text:

PDF

References


Alpandie, Imansyah. Didaktik Metodik Pendidikan Umum, Surabaya: Usaha Nasional, 1984.

Arikunto, Suharsimi. Dasar Evaluasi Pendidikan, Jakarta: Bumi Aksara. 2008.

Dimayanti & Mudjiono . Belajar Pembelajaran, Jakarta: Rineka Cipta. 1999.

Hartati, Novia. Perbedaan Hasil Belajar IPS Siswa Yang Diberi Tugas Membuat Pertanyaan Disertai Jawaban Dengan Model Konvensional (LKS) Pada Kelas IX SLTP N 2 Painan. (Skripsi), Padang: FE UNP, 2008.

Maryuni, Aleks. Action Research Dalam Bidang Pendidikan, Skolar. IV (02), 2003.

Munandar, Utami. Kretivita Dan Keterbakatan: Strategi Mewujudkan Potensi Kreatif dan Bakat. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama. 1999.

Natawijaya, Rahman. Konsep Dasar Penelitian Tindakan. Bandung: IKIP Bandung.

Nasution, S. Berbagai Pendekatan Dalam Proses Belajar Mengajar. Bandung: Bumi Aksara. 2008.

_________,. Didaktik Azas-Azas Mengajar. Jakarta: Bumi aksara1995.

Novrianti, Peningkatan Kreativitas dan Hasil Belajar Mahasiswa Pada Mata Kuliah Pengembangan Kurikulum Melalui Peta Konsep: Tesis Program Pasca Sarjana UNP. 2006.

Sagala, Syaiful. Konsep Dan Makna Pembelajaran, Bandung: Afabeta. 2003.

Sanjaya, Wina. Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Rawamangun, Jakarta: Kencana Prenada Media, 2006.

Semiawan, Cony As Munandar dan SCN Munandar, Memupuk Bakat Dan Kreativitas Siswa Sekolah Menengah, Jakarta: PT. Gramedia. 1984.

Slameto, Belajar Dan Faktor-Faktor Yang Mempengaruhinya, Jakarta: Rineka Cipta. 2003.

Sudjana, Nana. Penilaian Hasil Belajar Mengajar, Bandung: PT. Rosdakarya,1991.

Suracman, Winarno. Pengantar Interaksi Mengajar-Belajar, Bandung: Tarsito, 1990.

Thabrany Hasbullah. Rahasia Sukses Belajar. Jakarta: PT. Raya Grafindo. 1999.

UU Sistem Pendidikan Nasional. Jakarta: Sinar Grafika, 2003

Zainul, Dwi dan Nasution, Noehl. Program Pengembangan Keterampilan Teknik Instruksional (Pekerti) Untuk Dosen Muda. Penilaian Hasil Belajar. Jakarta: Dirjen Pendidikan Tinggi Departemen Pendidikan dan Kebudayaan. 1997.




DOI: http://dx.doi.org/10.30821/niz.v10i1.732

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


--

Silakan pilih menu ARCHIVES untuk melihat jurnal edisi lainnya