PENGARUH PENGGUNAAN E – LEARNING DAN WAG TERHADAP HASIL BELAJAR IPS DI SEMESTER II PGMI FITK UIN SUMATERA UTARA MEDAN

Eka Yusnaldi

Abstract


Permasalahan dalam Penelitian ini  adalah untuk melihat Pengaruh Hasil Belajar IPS yang di peroleh Mahasiswa PGMI dengan Menggunakan  E-Learning dan WAG dalam Mata kuliah Konsep dasar IPS. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh E -Learning dan WAG Terhadap Hasil Belajar IPS  mahasiswa semester II PGMI  FITK UIN Sumatera Utara. Penelitian ini merupakan penelitian Quasi Experiment yang dilakukan di semester II PGMI  FITK UIN Sumatera Utara Peneliti menggunakan dua kelas yaitu kelas eksperimen dan kelas kontrol. semester II-1 sebagai kelas eksperimen dengan jumlah mahasiswa sebanyak 30 orang, dan semester II-2 sebagai kelas kontrol dengan jumlah mahasiswa sebanyak 30 orang. Penelitian bertujuan untuk mengetahui pengaruh Penggunaan E-Learning terhadap hasil belajar mahasiswa yang diajar dengan menggunakan Elearning dan mahasiswa yang diajar dengan menggunakan WAG. Berdasarkan penelitian yang dilakukan pada semester II PGMI  FITK UIN Sumatera Utara, menunjukkan adanya pengaruh yang signifikan dari penerapan E-learning dan WAG terhadap peningkatan hasil belajar IPS  mahasiswa. Hal ini dapat dilihat berdasarkan rata-rata dari hasil belajar mahasiswa dengan menggunakan E-Learning adalah 85,15. Sedangkan rata-rata hasil belajar mahasiswa dengan menggunakan WAG adalah 74,29. Berdasarkan hasil uji t dimana diperoleh 4,880 > 1,996.

Full Text:

PDF

References


Ananda Rusdi, Amiruddin, Inovasi Pendidikan, Medan: CV Widya Pustaka, 2017

Asep, Herry Hernawan, dkk, Pengembangan Kurikulum dan Pembelajaran di SD, Tangerang Selatan: Universitas Terbuka, 2014.

Departemen Pendidikan & Kebudayaan, Kamus Besar Bahasa Indonesia, Jakarta: Balai Pustaka, 2017.

Depdiknas, Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan Sekolah Dasar, Jakarta: BSNP, 2006.

Dimyati dan Mujiono, Belajar dan Pembelajaran, Jakarta: Rineka Cipta, 2006.

Djamarah, dkk, Strategi Belajar Mengajar, Jakarta: Rineka Cipta, 2010.

Hasyim, Hasanah. Teknik-Teknik Observasi, Fakultas Dakwah dan Komunikasi Universitas Islam Negeri Semarang: Jurnal at-Taqaddum, Volume 8, Nomor 1, Juli, 2016.

Huda, Miftahul. Model-Model Pengajaran dan Pembelajaran Metodis dan Paradigmatian, Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2017.

Idi Abdullah, Pengembangan Kurikulum Teori Dan Praktik, Jakarta: Rajawali Press, 2014.

Jaya Indra, Penerapan Statistik Untuk Pendidikan, Medan: Perdana Publishing, 2018.

Jumanta, Hamdayana. Model dan Metode Pembelajaran Kreatif dan Berkarakter, Bogor: Ghalia Indonesia, 2014.

Kunandar, Peniliaian Autentik (Penilaiaan Hasil Belajar Peserta Didik Berdasarkan Kurikulum 2013) Suatu Pendekatan Praktis Disertai dengan Contoh, Depok: Raja Grafindo Persada, 2014.

La Iru dan La Ode Safiun Arihi, Analisis Penerapan Pendekatan, Metode, Strategi, dan Model-Model Pembelajaran, Yogyakarta: Multi Presindo, 2012.

Muhammad, Afandi, dkk, Model dan Metode Pembelajaran di Sekolah, Semarang: Unissula pers, 2013.

Rianto, Yatim. Paradigma Baru Pembelajaran Sebagai Referensi bagi Pendidikan dalam Implementasi Pembelajaran yang Efektif dan Berkualitas, Jakarta: Prenada Media, 2014.

Rifa’i, Achmad & Catharina Tri Anni, Psikologi Pendidikan, Semarang: UPT MKK UNNES, 2015.

Salim, Metodologi Penelitian Kuantitatif, Bandung: Citapustaka Media, 2018.

Setiawan, Deny. Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial, Medan: Larispa Indonesia, 2016.

Shoimin, Aris. 68 Model Pembelajaran Inovatif dalam Kurikulum 2013, Yogyakarta: Ar-Ruzz Media, 2014.

Sitompul, Harun & Tien Rafida, Statistika Pendidikan Teori dan Cara Perhitungan, Medan: Perdana Publishing, 2017.

Sitorus Masganti, Metodologi Penelitian Pendidikan Islam, Medan: Perdana Mulya Sarana, 2014.

Sukmadinata, Syaodih Nana, Landasan Psikologi Proses Pendidikan, Bandung: PT Remaja Rosdakarya, 2014.

________________________, Metode Penelitian Pendidikan, Bandung: Remaja Rosda Karya, 2014.

Suprijono Agus, Cooperative Learning Teori & Aplikasi Paikem, Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2016.

Suryanto, Adi. Evaluasi Pembelajaran di SD, Tangerang Selatan: Universitas Terbuka, 2016.

Syafruddin, Nurdin. Guru Profesional dan Implementasi Kurikulum, Jakarta: Quantum Teaching, 2015.

Taniredja, Tukiran. Penelitian Kuantitatif, Bandung: Al Fabeta, 2014.

Trianto, Mendesain Metode Pembelajaran Inovatif, Progresif Dan Kontekstual, Jakarta: Kencana Prenada Grup, 2013.

Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sisdiknas dan Peraturan Pemerintahan R.I Tahun 2010 tentang Penyelenggaraan Pendidikan serta Wajib Belajar, Bandung: Citra Umbara, 2010.

Yusnaldi, Eka, Pembelajaran IPS MI/SD, Medan: CV Widya Puspita, 2018.




DOI: http://dx.doi.org/10.30821/niz.v10i1.729

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


--

Silakan pilih menu ARCHIVES untuk melihat jurnal edisi lainnya