ARAH BARU PARADIGMA BELAJAR DAN PEMBELAJARAN DI SEKOLAH DASAR

Andina Halimsyah Rambe

Abstract


Kegiatan belajar dan pembelajaran merupakan kegiatan yang paling pokok dan penting serta menunjukkan bahwa antara belajar dan pembelajaransangat erat kaitannya.Belajar adalah suatu yang mengarah pada perubahan (perbaikan) dalam diri individu baik dalam hal ilmu pengetahuan, sikap, maupun keterampilan. Pembelajaran tidak hanya terbatas pada peristiwa yang dilakukan guru melainkan mencakup semua peristiwa yang berpengaruh langsung. Proses pembelajaran tersebut diharapkan mampu mendorong siswa untuk terlibat secara aktif dalam membangun kognitif, afektif dan psikomotorik. Sehingga makna adanya kegiatan belajar mengajar didalamnya melibatkan guru dan siswa.

Full Text:

PDF

References


Bahruddin dan Esa Nur Wahyuni, Teori Belajar & Pembelajaran, Jogjakarta: Ar-Ruzz Media Group,2007.

Baudin, Ve´ronique and Thierry Villemur. “Student Centered Distance Learning Experiments Over A Communication and Collaboration Platform,” Interactive Technology and Smart Education. 1. 2009.

Chaer, Abdul. Perkenalan Awal dengan Al-Qur’an, Jakarta: PT Rineka Cipta, 2014.

Departemen Agama RI al-Qur’an dan Terjemahnya: Juz 1 – Juz 30, Jakarta: Lautan Lestari, 2010.

Hamalik, Oemar. Kurikulum dan Pembelajaran, Jakarta: Bumi Aksara, 2007.

Haryadi, Toto dan Aripin. “Melatih Kecerdasan Kognitif, Afektif, dan Psikomotorik Anak Sekolah Dasar Melalui Perancangan Game Simulasi ‘Warungku’,” Jurnal Desain Komunikasi Visual & Multimedia. 2. 2015.

Marx, Melvin H. & Marion E. Bunch. Fundamentals & Applications of Learning, New York: Macmillan Publishing, 1967.

Mulyono. Strategi Pembelajaran, Malang: UIN-Maliki Press, 2011.

Nawawi, Imam. Terjemah Riyadus Shalihin. Jakarta: Pustaka Amani, 1999.




DOI: http://dx.doi.org/10.30821/niz.v10i1.728

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


--

Silakan pilih menu ARCHIVES untuk melihat jurnal edisi lainnya