UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPS MELALUI MODEL PEMBELAJARAN MAKE A MATCH

Riris Nurkholidah Rambe, Amelia Putri

Abstract


Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK). Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IV MIS Al-Jam’iyatul Washliyah Desa Nagur yang berjumlah 28 orang. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) Hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS sebelum diterapkan model pembelajaran make a match. (2) Penerapan model pembelajaran make a match yang dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS. (3) Hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS setelah diterapkan model pembelajaran make a match.Temuan penelitian ini adalah sebagai berikut: (1) Hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS sebelum diterapkan model pembelajaran make a match masih tergolong sangat rendah. (2) Penerapan model pembelajaran make a match dilaksanakan dua siklus, setiap siklus berisi tindakan-tindakan untuk mengembangkan skenario pembelajaran yang telah ditetapkan. Selama diterapkan model pembelajaran make a match siswa terlihat aktif dan lebih mudah menerima pembelajaran yang telah diajarkan. (3) Hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS setelah diterapkan model pembelajaran make a match meningkat dan tergolong tinggi. Hasil penelitian ini adalah pada tes awal frekuensi ketuntasan sebesar  7,14% meningkat ke test siklus I menjadi 60,71%. Sedangkan dari siklus I sebesar 60,71%  meningkat ke test siklus II menjadi 96,42%. Dengan demikian, model pembelajaran make a match pada mata pelajaran IPS dapat meningkatkan hasil belajar siswa.

Full Text:

XML

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


--

Silakan pilih menu ARCHIVES untuk melihat jurnal edisi lainnya