Metode STAD Sebagai Inovasi Dalam Pembelajaran Mahasiswa UNIRA

Alif Achadah

Abstract


Pendidikan merupakan hal yang sangat penting dalam aktualisasi diri dalam lingkungan masyarakat yang semakin hari semakin berkembang. Pendidikan menjadi salah satu kebutuhan primer yang wajib untuk dipenuhi. Ukuran suatu pendidikan dapat tercapai dan terlaksana dengan baik adalah dengan terwujudnya lulusan atau output yang mampu bersaing dengan dunia kerja sesuai dengan perkembangan zaman. Adanya lulusan yang mampu adalah dengan metode pembelajaran yang relevan dan sesuai dengan situasi psikologi peserta didik. Oleh sebab itu perlu adanya inovasi pendidikan berupa metode yang baik juga dalam proses pembelajaran. STAD adalah salah satu metode pembelajaran yang bersifat kooperatif yang bisa dijadikan acuan dan referensi untuk proses belajar mengajar. Dalam penerapan model pembelajarn STAD ini cenderung berhasil dilaksanakan karena dengan metode STAD ini mahasiswa cenderung dituntut dan lebih aktif dalam proses penyampaian materi dikelas. Keaktifan mahasiswa dipandang mutlak pada metode ini sehingga mahasiswa mempunyai tugas membaca dan mencari literatur sebanyak-banyaknya untuk mendukung pemahaman materi. Adapun kendalanya adalah bahwa mahasiswa cenderung masih belum terbiasa dengan penerapan metode ini tapi dalam segi keingintahuan dan keaktifan dikelas sudah sangat bagus.


Full Text:

XML


DOI: http://dx.doi.org/10.30821/niz.v9i2.551

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


--

Silakan pilih menu ARCHIVES untuk melihat jurnal edisi lainnya