EFEKTIVITAS PROGRAM PELATIHAN PERLINDUNGAN DIRI (P3D) PADA ANAK USIA 7-8 TAHUN DALAM MENINGKATKAN PENGETAHUAN DAN KETERAMPILAN PERLINDUNGAN DIRI SEBAGAI UPAYA PENCEGAHAN KEKERASAN SEKSUAL DI KOTA PADANGSIDIMPUAN
Abstract
Kekerasan seksual terhadap anak berdampak jangka panjang pada perkembangan psikologis dan identitas diri, sehingga pencegahan perlu melampaui edukasi informatif dan melatih respons perilaku anak secara konkret. Penelitian ini bertujuan menguji efektivitas Program Pelatihan Perlindungan Diri (P3D) pada anak usia 7–8 tahun di Kota Padangsidimpuan, konteks sosial-budaya yang kerap memandang pembahasan tubuh dan seksualitas sebagai tabu sehingga berpotensi menghambat edukasi perlindungan diri sejak dini. Studi menggunakan desain eksperimen one-group pre-test–post-test dengan sampel 30 anak (15 laki-laki; 15 perempuan) yang dipilih melalui kombinasi purposive sampling dan quota sampling pada wilayah dengan kasus kekerasan seksual anak relatif tinggi. Pengetahuan diukur menggunakan 15 item bergambar berbasis modul P3D, sedangkan keterampilan dinilai melalui observasi indikator perilaku saat simulasi/role-play. Analisis dilakukan menggunakan JASP melalui statistik deskriptif, uji normalitas Shapiro Wilk, paired sample t-test untuk menguji efektivitas program, serta independent sample t-test berbasis gain score untuk menguji perbedaan peningkatan berdasarkan jenis kelamin (p < .05). Hasil menunjukkan peningkatan signifikan pengetahuan (Mpre=7.067; Mpost=9.833; t(29)=7.950; p<.001; ΔM=2.767) dan keterampilan (Mpre=7.200; Mpost=10.90; t(29)=9.280; p<.001; ΔM=3.700). Tidak ditemukan perbedaan peningkatan berdasarkan jenis kelamin baik pada pengetahuan (t(28)= -1.465; p=.154) maupun keterampilan (t(28)=-1.634; p=.114), sehingga H1–H2 didukung dan H3–H4 tidak didukung. Temuan ini menegaskan P3D efektif dan inklusif gender dalam meningkatkan kapasitas perlindungan diri anak, serta mendukung penguatan intervensi preventif yang aplikatif dan sensitif konteks bagi sekolah dan keluarga.
Kata Kunci: Pelatihan Perlindungan Diri, P3D, Kekerasan Seksual Anak, Anak Usia 7-8 Tahun.
Full Text:
PDFReferences
Allen, Kathleen P., Jennifer A. Livingston, and Amanda B. Nickerson. “Child Sexual Abuse Prevention Education: A Qualitative Study of Teachers’ Experiences Implementing the Second Step Child Protection Unit.” American Journal of Sexuality Education 15, no. 2 (April 2, 2020): 218–45. https://doi.org/10.1080/15546128.2019.1687382.
Anak, Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan. “Menteri PPPA: Banyak Perempuan Dan Anak Korban Kekerasan Tidak Berani Melapor,” 2025. https://kemenpppa.go.id/siaran-pers/menteri-pppa-banyak-perempuan-dan-anak-korban-kekerasan-tidak-berani-melapor.
Asrifan, Andi, Sitti Nurhidayah Ilyas, Hajerah Hajerah, Syamsuardi Saodi, Nur Alim Amri, and Fitriani Dzulfadhilah. “Theoretical Insights Into Childhood Education.” In Shaping Childhood Through Educational Experiences, 29–54. IGI Global, 2025. https://doi.org/10.4018/979-8-3693-9969-9.ch002.
Association, American Psychiatric. Diagnostic and Statistical Manual of Mental Disorders. 5th ed. Washington: American Psychiatric Publishing, 2013.
Bagley, C, and K King. Child Sexual Abuse: The Search for Healing. New York: Routledge, 2004.
Bakkara, A. “Seorang Pria Ditangkap Di Kota Padangsidimpuan.” Tribun Medan, 2024. Lecehkan 2 Anak di bawah Umur, Seorang Pria Ditangkap di Kota Padangsidimpuan - Tribun-medan.com.
Blakemore, S, S Burnett, and R Dahl. “The Role of Puberty in The Developing Adolescent Brain.” Journal of Child Psychology and Psychiatry 58, no. 3 (2017): 242–57.
Citak-Tunck, Gülseren, Dilek Eser, and Fatma Kilinc. “Increasing Self-Protection Skills of Children Staying in Women’s Shelters with Body Safety Training: A Child Sexual Abuse Prevention Study.” The European Research Journal 9, no. 6 (November 4, 2023): 1411–19. https://doi.org/10.18621/eurj.1245681.
Citak Tunc, Gulseren, Gulay Gorak, Nurcan Ozyazicioglu, Bedriye Ak, Ozlem Isil, and Pinar Vural. “Preventing Child Sexual Abuse: Body Safety Training for Young Children in Turkey.” Journal of Child Sexual Abuse 27, no. 4 (May 19, 2018): 347–64. https://doi.org/10.1080/10538712.2018.1477001.
Creswell, John W. Research Design: Qualitative, Quantitative, and Mixed Methods Approaches. SAGE, 2014.
Field, A. Discovering Statistics Using IBM SPSS Statistics. 4th ed. SAGE Publications, 2013.
Fina Fadila, and Riska Ayu Saputri. “Teacher Training and Professional Development in Early Childhood Education: Global Trends and Challenges.” International Journal of Educational Development 1, no. 1 (January 30, 2024): 21–25. https://doi.org/10.61132/ijed.v1i1.124.
Hall, L, and A Hall. “The Impact of Childhood Sexual Abuse on Mental Health: A Review of The Literature.” Journal of Child Sexual Abuse 20, no. 4 (2011): 377–90.
Horm, Diane M., Marilou Hyson, and Pamela J. Winton. “Research on Early Childhood Teacher Education: Evidence From Three Domains and Recommendations for Moving Forward.” Journal of Early Childhood Teacher Education 34, no. 1 (January 4, 2013): 95–112. https://doi.org/10.1080/10901027.2013.758541.
Kelleher, C, D Boduszek, A Bourke, O McBride, and K Morgan. “Parental Involvement in Sexuality Education: Advancing Understanding Through an Analysis of Findings from the 2010 Irish Contraception and Crisis Pregnancy Study.” Sex Education 13, no. 4 (2013): 459–69. https://doi.org/10.1080/14681811.2012.760448.
Kendall, L M. “Personal Safety Skills in Children: A Critical Review of Educational Programs.” Child Development Journal 34, no. 2 (2012): 129–41.
Keulen-de Vos, Marije, Marcia Hagendoorn, Martine Herzog-Evans, and Massil Benbouriche. “Fluctuating Emotional States before and during Child Sexual Abuse and Rape: A File Review Analysis of Males in Mandated Care in The Netherlands.” Journal of Criminal Psychology 15, no. 3 (May 2, 2025): 286–99. https://doi.org/10.1108/JCP-08-2024-0072.
Laird, Jessica J., Bianca Klettke, Kate Hall, and David Hallford. “Toward a Global Definition and Understanding of Child Sexual Exploitation: The Development of a Conceptual Model.” Trauma, Violence, & Abuse 24, no. 4 (October 22, 2023): 2243–64. https://doi.org/10.1177/15248380221090980.
Lestari, M. “Hubungan Pola Asuh Orang Tua Dengan Kemandirian Anak.” Jurnal Pendidikan Anak 8, no. 1 (2019): 84–90. https://doi.org/10.21831/jpa.v8i1.26777.
Nurfitriyanie, and R M A Salim. “Upaya Pencegahan Kekerasan Seksual Pada Anak 7-8 Tahun Melalui Program Pelatihan Perlindungan Diri (P3D).” Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 2023. https://www.researchgate.net/publication/371417344.
Pionernews. “Tegas! Kejari Padangsidimpuan Tuntut 17 Tahun Penjara Ke Pelaku Kekerasan Seksual Ke Anak Kandung,” 2025. https://pionernews.com/2025/05/berita/tegas-kejari-padangsidimpuan-tuntut-17-tahun-penjara-ke-pelaku-kekerasan-seksual-ke-anak-kandung/.
Pradnya, Matilda Stella, Mayang Setyaningsih, and Hartutik. “Edukasi Pertolongan Pertama Pada Cedera Sejak Usia Dini.” Journal of Community Research and Service 9, no. 1 (August 11, 2025). https://doi.org/10.24114/jcrs.v9i1.68376.
Pratiwi, F S. “Sebanyak 21.241 Anak Indonesia Jadi Korban Kekerasan Pada 2022.” DataIndonesia.Id, 2023. https://dataindonesia.id/ragam/detail/sebanyak-21241-anak-indonesia-jadi-korban-kekerasan-pada-2022.
Sanjeevi, J, D Houlihan, K A Bergstrom, M M Langley, and J Judkins. “A Review of Child Sexual Abuse: Impact, Risk, and Resilience in the Context of Culture.” Journal of Child Sexual Abuse 27, no. 6 (2018): 622–41. https://doi.org/10.1080/10538712.2018.1486934.
Santrock, J W. Child Development. 14th ed. McGraw-Hill Education, 2014.
Sari, Rini Eka, Roy Gustaf Tupen Ama, Haniek Farida, Aziz Akbar Mukasyaf, Ika Trisnawati, Eliva Sukma Cipta, Layla Fickri Amalia, Askar Patahuddin, Flora Grace Putrianti, and Putu Gita Suari Miranti. Dasar-Dasar Statistika. PT. Sonpedia Publishing Indonesia, 2025.
Seniati, L, A Yulianto, and B N Setiadi. Psikologi Eksperimen. Klaten: PT Intan Sejati, 2005.
Sidaknews. “Terbongkar Kasus Pencabulan Anak Di Padangsidimpuan, Keluarga Lapor Polisi,” 2025. Terbongkar Kasus Pencabulan Anak di Padangsidimpuan, Keluarga Lapor Polisi.
Sindonews. “Jadi Korban Kekerasan Seksual, Bocah 7 Tahun Takut Ke Sekolah,” 2017. Jadi Korban Kekerasan Seksual, Bocah 7 Tahun Takut ke Sekolah.
Supena, Asep, Iis Nurasiah, Nurlinda Safitri, and Adistyana Pitaloka Kusmawati. Pendidikan Inklusi Untuk ABK. Deepublish, 2022.
Sushmi, S, and A Ismet. “Pengetahuan Perlindungan Diri Anak Terhadap Kekerasan Seksual.” Jurnal Psikologi Anak 18, no. 2 (2021): 56–70.
UNICEF. “Global Girlhood Report: Asia Regional Data,” 2020. https://resourcecentre.savethechildren.net/pdf/global_girlhood_report_2020_asia_version_2.pdf.
DOI: http://dx.doi.org/10.30821/niz.v15i2.5125
Refbacks
- There are currently no refbacks.






