PENGARUH PENGGUNAAN METODE DRILL TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA

Riris Nur Kholidah Rambe

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) Bagaimana hasil belajar siswa yang diajarkan tanpa menggunakan Metode Drill pada mata pelajaran Bahasa Indonesia di kelas IX MTs Daarul Muhsinin Rantau Prapat, (2) Bagaimana hasil belajar siswa yang diajarkan dengan menggunakan Metode Drill pada mata pelajaran Bahasa Indonesia di kelas IX MTs Daarul Muhsinin Rnatau Prapat, (3) Apakah terdapat pengaruh penggunaan Metode Drill dan tanpa penggunaan Metode Drill terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran Bahasa Indonesia di kelas IX MTs Daarul Muhsinin Rantau Prapat. Jenis penelitian ini adalah penelitian Quasi Experiment. Penelitian ini melibatkan dua kelas yaitu kelas IX A yang dijadikan kelas eksperimen dan IX B yang menjadi kelas kontrol yang tidak diberi perlakuan seperti kelas eksperimen. Pada kedua kelas diberi materi yang sama. Dimana untuk kelas eksperimen (IX A) diberi perlakuan Metode Drill dan untuk kelas kontrol (IX B) diberi perlakuan model pembelajaran konvensional. Untuk mengetahui hasil belajar kognitif Bahasa Indonesia siswa yang diperoleh dari test setelah penerapan dua perlakuan tersebut. Temuan penelitian ini sebagai berikut : (1) Hasil belajar siswa yang diajarkan tanpa menggunakan Metode Drill pada mata pelajaran Bahasa Indonesia di kelas IX MTs Daarul Muhsinin Rantau Prapat, yaitu dengan nilai tes awal diperoleh dari nilai pre test yaitu dengan nilai rata-rata = 58,7 dengan standar deviasi = 15,734 dan varians= 247,56. Sedangkan untuk nilai post tes diperoleh dengan nilai rata-rata = 62,286 dengan standar deviasi = 19,072 dan varians = 363,74, (2) Hasil belajar siswa yang diajarkan dengan menggunakan Metode Drill pada mata pelajaran Bahasa Indonesia di kelas IX MTs Daarul Muhsinin Rnatau Prapat, yaitu dengan nilai tes awal diperoleh dari nilai pre test yaitu dengan nilai rata -rata = 59 dengan standar deviasi = 16,170 dan varians = 261,471. Sedangkan untuk nilai post tes diperoleh dengan nilai rata-rata = 66,285 dengan standar deviasi = 20,195 dan varians = 407,86, (3) Terdapat pengaruh yang signifikan antara penggunaan Metode Drill terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran Bahasa Indonesia di kelas IX MTs Daarul Muhsinin Rantau Prapat. Hal ini dibuktikan dengan uji “t” pada dua kelas di mana t hitung > t tabel yaitu 3,572>1,668 dengan taraf signifikansi 0,05.

Full Text:

PDF


DOI: http://dx.doi.org/10.30821/niz.v8i2.394

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


INDEXING