PEMBELAJARAN BERBASIS PRAKTIKUM: UPAYA MENGEMBANGKAN SIKAP ILMIAH SISWA PADA PEMBELAJARAN BIOLOGI

SYARIFAH WIDYA ULFA

Abstract


Praktikum adalah pengalaman belajar dimana siswa berinteraksi dengan materi atau dengan sumber data sekunder untuk mengamati dan memahami dunia alam yang disajikan dengan menggunakan percobaan. Dimana siswa diberi kesempatan untuk mengalami dan melakukan sendiri proses belajarnya. Dengan praktikum guru dapat memberikan latihan metode ilmiah kepada siswa dengan mengikuti petunjuk yang ada. Sementara dalam proses belajar mengajar di kelas siswa sering hanya menerima informasi dari guru dan buku (tradisional), siswa tidak terlibat langsung dalam proses mencari dan mengumpulkan informasi. Padahal, pembelajaran harus dapat mengukur tiga aspek, yaitu kognitif (pengetahuan), afektif (sikap) dan psikomotorik (keterampilan). Pengembangan sikap ilmiah yang mendukung proses pengetahuan dalam diri siswa dapat dikembangkan melalui kegiatan praktik. Dengan praktikum siswa dilatih untuk menemukan informasi-informasi belajar secara mandiri dan  semua kegiatan berorientasi pada keaktifan siswa untuk menciptakan struktur-struktur kognitif dalam interaksi dengan lingkungannya, sehingga sikap ilmiah siswa dapat terbentuk

Full Text:

PDF


DOI: http://dx.doi.org/10.30821/niz.v6i1.29

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


INDEXING