UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERBICARASISWA MELALUI TEKNIK BERCERITABERPASANGAN DI KELAS IIISD NEGERI 060954 MEDAN

Ulfah Sari Rezeky

Abstract


Penelitian bertujuan untuk peningkatan kemampuan berbicara siswa melalui teknik bercerita berpasangan terhadap kelas III SD Negeri 060954 Medan. Lokasi penelitian di SD Negeri 060954 Medan dan Subjek penelitian ini adalah siswa kelas III SD Negeri 060954 Medan. Siswa yang hadir pada Siklus I dan Siklus II sebanyak 24 siswa.

Teknik yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik bercerita berpasangan yaitu untuk mengetahui kemampuan berbicara siswa. Alat pengumpulan data adalah tes lisan dalam bentuk menceritakan peristiwa yang dialami siswa. Hasil belajar dengan menggunakan teknik pembelajaran bercerita berpasangan berada dalam kategori baik dengan nilai rata-rata meningkat, ketuntasan belajar siswa, tuntas secara individual dan klasikal.

            Nilai individu pada Siklus I masih rendah namun setelah dilakukan perbaikan pada Siklus II setiap nilai individual meningkat, nilai rata-rata pada Siklus I yaitu 70 setelah dilakukan perbaikan pada Siklus II meningkat menjadi 80, dan Ketuntasan klasikal pada Siklus I mencapai 54,16%dalam kategori cukup namun setelah dilakukan perbaikan pada Siklus II mengalami peningkatan 87,5%.

Berdasarkan hasil penelitian ini, dapat disimpulkan bahwa pelaksanaan pembelajaraan dengan menggunakan teknik bercerita berpasangan dengan mata pelajaran Bahasa Indonesia pada materi Peristiwa di Kelas III SD Negeri 060954 Medan sudah berkategori baik dan hasil belajar siswa meningkat.


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


--

Silakan pilih menu ARCHIVES untuk melihat jurnal edisi lainnya