PENINGKATAN HASIL BELAJAR MAHASISWA PADA MATA KULIAH IPS MATERI PERKEMBANGAN TEKNOLOGI TRANSPORTASI MELALUI STRATEGI INDEX CARD MATCHSEMESTER III PGMI FITK UIN- SU TAHUN AKADEMIK 2017/2018

EKA YUSNALDI

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengungkapkan Peningkatan Hasil Belajar Mahasiswa pada mata kuliah IPS Materi Perkembangan Teknologi Transportasi Melalui Strategi Index Card Matchsemester III PGMI. Penelitian ini dilaksanakan di Semester III PGMI yang Mahasiswanya berjumlah 33 orang.

Temuan penelitian ini sebagai berikut: (1) Hasil belajar Mahasiswa dalam pembelajaran IPS Semester III melalui strategi Index Card Match tergolong tinggi, (2) Ada peningkatan hasil belajar IPS setelah menggunakan strategi Index Card Matchyang ditunjukkan dengan perbandingan rata-rata hasil belajar Mahasiswa dengan nilai ketuntasan klasikalnya yang dicapai antara pre test (39,40%), siklus I (57,58%) dan siklus II (87,88), (3) Respon Mahasiswa dengan menggunakan strategi Index Card Match dalam pembelajaran IPS adalah positif.

Karena itu, strategi Index Card Matchpada materi perkembangan teknologi transportasi dapat meningkatkan hasil belajar Mahasiswa di Semester III PGMI.


Full Text:

PDF


DOI: http://dx.doi.org/10.30821/niz.v8i1.250

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


INDEXING