PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN THE POWER OF TWO DALAM PEMBELAJARAN TEMATIK

M. Satria Budi

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa melalui model pembelajaran The Power Of Two pada pembelajaran tematik di kelas V Madrasah Ibtidaiyah An Nizham Kota Jambi. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) yang bersifat deskriptif kualitatif, dengan mengambil latar Madrasah Ibtidaiyah An Nizham Kota jambi, sedangkan objek penelitian adalah meningkatkan hasil belajar pada pembelajaran tematik dengan menggunakan model The Power Of Two. Penelitian ini dilakukan dalam dua siklus dan melalui empat tahapan yang mencakup: (1) Perencanaan, (2) Pelaksanaan, (3) Observasi dan (4) Refleksi. Data diperoleh melalui observasi, wawancara, tes mengerjakan soal dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan menggunakan hasil tes belajar siklus I dan Siklus II, hasil pelaksanaan  pada tindakan siklus I menunjukkan bahwa seluruh kegiatan pembelajaran belum mencapai target yang diharapkan meskipun mengalami peningkatan pada siklus I dibandingkan pra siklus, karena rata-rata persentase hasil belajar siswa pada prasiklus 40% dan siklus I yaitu 60% yang menunjukan hasil belajar siswa masih dibawah 75%. Siklus II telah menunjukkan hasil yang memuaskan baik dari aktivitas belajar siswa maupun dari hasil belajar siswa telah mencapai ketuntasan sebesar 93%, artinya tindakan perbaikan untuk proses pembelajaran telah mencukupi dan mencapai Kriteria Ketuntasan Minimal yang diharapkan yaitu 75%.


Full Text:

PDF

References


Majid, Abdul. (2014). ‘Pembelajaran Tematik Terpadu”. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Majid, Abdul (2016) “Strategi Pembelajaran”. Bandung :Remaja Rosdakarya.

Sugiyono. (2013). “Metode penelitian kuantitatif, kualitatif dan R & D”. Bandung : Alfabeta

Tampubolon, S. (2014). “Penelitian Tindakan Kelas Sebagai Pengembangan Pendidik Dan Keilmuan”. Jakarta: Erlangga.

Wena, Made. (2014). “Strategi Pembelajaran Inovatif Kontemporer: Suatu Tujuan Konseptual Operasional”. Jakarta : Bumi Aksara.

Zaini, Hisyam. et all (2008) “Strategi Pembelajaran Aktif.’ Yogyakarta: Insan Madani.

Ihwanah, Al. (2016). “Strategi The Power Of Two dan Implikasinya Terhadap Efektivitas Pembelajaran Madrasah Ibtidaiyah”. Jurnal Tarbiyatuna. 7(1):103-118.

Nurbaini. (2020). “Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe The Power Of Two Untuk meningkatkan hasi belajar Siswa”. Jurnal PAJAR (Pendidikan dan Pengajaran). 4(1):1-9.

Khairanisa, Nur, dkk. (2019). “Pengaruh Pembelajaran Kooperatif Tipe The Power Of Two Terhadap Hasil Belajar IPS Siswa Kelas V SD Negeri 125 Pekanbaru”. Jurnal PAJAR (Pendidikan dan Pengajaran).3(1):41-45.




DOI: http://dx.doi.org/10.30821/niz.v13i1.2353

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


INDEXING