PENERAPAN METODE PROBLEM SOLVING PADA PEMBELAJARAN IPA SEKOLAH DASAR

NIRWANA ANAS

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan metode Problem Solving pada pembelajaran IPA di Sekolah Dasar. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan subjek penelitian di kelas IV yang terdiri dari 24 siswa.penelitian ini dilakukan dengan 3 (tiga) siklus. Penelitian ini menghasilkan: (1) ketuntasan klasika hasil belajar siswa sebelum menggunakan metode Problem Solving yaitu 12,5%. (2) ketuntasan klasikal hasil belajar siswa setelah menggunakan metode Problem Solving pada siklus I sebesar 58,3% selanjutnya pada siklus II siswa yang tuntas sebesar 91,7% pada siklus III siswa yang sebesar 95,83%. Hasil belajar siswa pada siklus III telah mencapai tingkat ketuntasan belajar secara klasikal yaitu sebesar 85%. (3) peningkatan hasil belajar siswa dari sebelum adanya tindakan sampai pada siklus III yaitu 83,3%.berdasarkan hasil penelitian disimpulkan bahwa penggunaan metode Problem Solving dapat meningkatkan hasil belajar Ilmu Pengetahuan Alam materi Energi Panas dan Energi Bunyi di kelas IV.

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


--

Silakan pilih menuĀ ARCHIVES untuk melihat jurnal edisi lainnya