PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NUMBER HEAD TOGETHER (NHT) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA PADA MATERI PENGOLAHAN DATA KELAS VI SD MUHAMMADIYAH 01 BINJAI

Wardati Khumairah Rusdi

Abstract


Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui (1) Hasil belajar sebelum menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe NHT, (2) Hasil belajar sesudah menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe NHT, (3) penerapan pembelajaran kooperatif tipe NHT pada mata pelajaran Matematika. Permasalahan dalam  penelitian  ini adalah hasil belajar  siswa yang kurang memuaskan pada  mata  pelajaran  matematika kelas VI SD Muhammadiyah 01 Binjai. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas VI pada mata pelajaran matematika melalui  model pembelajaran  kooperatif tipe Numbered  Head Together  (NHT).  Subjek   penelitian   ini   adalah  siswa  kelas  VI SD Muhammadiyah 01 Binjai yang berjumlah 18 siswa, tahun ajaran 2017. Desain penelitian ini menggunakan model siklus Kemmis dan Mc.  Taggart. Penelitian ini merupakan Penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilaksanakan sebanyak dua siklus. Setiap siklus dilaksanakan melalui proses perencanaan, tindakan, pengamatan atau observasi, dan refleksi. Data yang diambil dari penelitian ini adalah data kualitatif dan data  kuantitatif.  Teknik pengumpulan  data  menggunakan  tes  tertulis,  lembar observasi dan wawancara. Analisis data dalam penelitian ini dilakukan dengan cara  reduksi  data,  penyajian   data,  dan  penarikan kesimpulan.  Berdasarkan  hasil  tes penelitian tindakan kelas Pre Test diperoleh ketuntasan klasikal 5,56%, siklus I diperoleh ketuntasan klasikal 50 % . Pada siklus II ketuntasan klasikal 100%, maka dapat disimpulkan bahwa dengan penerapan model pembelajaran kooperatif  tipe Numbered Head Together (NHT) dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas VI SD Muhammadiyah 01 Binjai.


Full Text:

PDF


DOI: http://dx.doi.org/10.30821/niz.v7i1.153

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


INDEXING