Analisis Literatur tentang Pengembangan Modul Ajar Qur’an Hadis Kelas X dalam Konteks MAN 1 Padang Pariaman

Rony Zulfirman, Martin Kustati, Nana Sepriyanti

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji dan merumuskan strategi pengembangan modul ajar Qur’an Hadis kelas X yang sesuai dengan kebutuhan peserta didik di MAN 1 Padang Pariaman. Dengan menggunakan pendekatan kualitatif melalui metode studi kepustakaan, kajian ini menghimpun dan menganalisis literatur terkait pengembangan bahan ajar, desain pembelajaran, serta hasil belajar dalam konteks pendidikan agama Islam. Temuan menunjukkan bahwa modul ajar yang dirancang secara kontekstual, interaktif, dan memanfaatkan teknologi digital memiliki pengaruh signifikan terhadap peningkatan hasil belajar siswa, baik dalam aspek kognitif, afektif, maupun psikomotorik. Selain itu, integrasi nilai-nilai keislaman dan kearifan lokal dalam isi modul mampu memperkuat karakter religius peserta didik. Penelitian ini merekomendasikan pentingnya pelatihan guru dalam menyusun modul yang adaptif terhadap konteks sosial budaya dan dinamika perkembangan peserta didik. Hasil kajian ini memberikan kontribusi teoritis dan praktis terhadap upaya peningkatan kualitas pembelajaran Qur’an Hadis di Madrasah Aliyah melalui inovasi bahan ajar yang aplikatif dan berdayaguna.


Full Text:

PDF

References


Aditya, M., Wibawanto, S., & Gunawan, G. (2020). Implementasi Model MPI Untuk Pengembangan Modul Mata Kuliah Analisis Dan Desain Sistem Informasi Di S1 Pendidikan Teknik Informatika UM. Belantika Pendidikan, 3(2), 59–65. https://doi.org/10.47213/bp.v3i2.93

Almahera, A. F., Jauhari, N., & Nafi’ah, U. (2023). E-Modul Sejarah Sebagai Inovasi Bahan Ajar Digital Berbasis Aplikasi Canva Untuk Meningkatkan Minat Belajar Siswa. Jurnal Integrasi Dan Harmoni Inovatif Ilmu-Ilmu Sosial, 3(2), 94–103. https://doi.org/10.17977/um063v3i2p94-103

Arif, A. H., & Eddy, A. (2019). Desain Modul Model Problem Based Learning (PBL) Berbasis Mind Mapping. Jurnal Pendidikan Mipa, 9(1), 45–51. https://doi.org/10.37630/jpm.v9i1.184

Arsyad, A. (2016). Media Pembelajaran. Rajawali Pers.

Astuti, S. A. (2019). Pengembangan Media Pembelajaran Melalui Program Prezi Pada Mata Pelajaran Al Qur’an Hadis Di Madrasah Aliyah. Al-Tarbawi Al-Haditsah Jurnal Pendidikan Islam, 4(1). https://doi.org/10.24235/tarbawi.v4i1.3637

Aulia, M. G., & Minan, M. A. (2021). Analisis Pembelajaran Al-Qur’an Hadis Di Madrasah Aliyah (Studi Kasus Di MAN 1 Bantul). Edukatif Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(6), 4961–4969. https://doi.org/10.31004/edukatif.v3i6.1597

Azizah, I., Karim, K., & Suryaningsih, Y. (2024). Pengembangan Modul Ajar Berbasis Etnomatematika Pada Materi Bangun Datar Untuk Peserta Didik Kelas v SD/MI. Mandalika Mathematics and Educations Journal, 6(1), 165–181. https://doi.org/10.29303/jm.v6i1.6712

Azra, A. (2012). Pendidikan Islam: Tradisi dan Modernisasi Menuju Milenium Baru. Kencana.

Badriyah, L., Zulkarnain, I., & Noorbaiti, R. (2023). Pengembangan Modul Ajar Kurikulum Merdeka Berbasis Kearifan Lokal Pasar Ahad Kertak Hanyar Pada Materi Statistika Kelas X. Jurmadikta, 3(3), 33–43. https://doi.org/10.20527/jurmadikta.v3i3.1952

Erwin, E., Baddolo, M., Malik, M. A., Anggari, A. S. A., Amir, A. A., Rahdiatullah, A. W., Annur, M. S., Arif, N. M., & Chaerunnisa, R. (2024). Peningkatan Keterampilan Guru Bahasa Inggris SMP/MTS Se-Kota Parepare Dalam Menyusun Modul Ajar Yang Kontekstual Dan Efektif Dalam Implementasi Kurikulum Merdeka. Comserva Jurnal Penelitian Dan Pengabdian Masyarakat, 4(1), 231–237. https://doi.org/10.59141/comserva.v4i1.1340

Fatmawati, I., & Hanik, U. (2024). Penerapan Modul Ajar Matematika Berbasis Etnomatematika Kearifan Lokal Tradisi Nyadran Sidoarjo. Jurnal Basicedu, 8(1), 806–814. https://doi.org/10.31004/basicedu.v8i1.7189

Firdaus, W., Asikin, I., & Rachmah, H. (2024). Pengaruh Metode Kooperatif Tipe Jigsaw Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Akidah Akhlak. Bandung Conference Series Islamic Education, 4(1), 354–361. https://doi.org/10.29313/bcsied.v4i1.12338

Fitriwanti, Y., Suratman, D., Kusumastuti, N., & Fitriawan, D. (2023). Pengembangan E-Modul Untuk Meningkatkan Pemahaman Konseptual Dan Kemandirian Belajar Pada Materi Persamaan Trigonometri. Aksioma Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 12(3), 3183. https://doi.org/10.24127/ajpm.v12i3.6298

Hamdi, S., Triatna, C., & Nurdin, N. (2022). Kurikulum Merdeka Dalam Perspektif Pedagogik. Sap (Susunan Artikel Pendidikan), 7(1). https://doi.org/10.30998/sap.v7i1.13015

Handayani, S. D., Nisa, H. U., & Kurniawan, P. Y. (2023). Pengembangan Modul Interaktif Materi Satu Titik Berbasis Kearifan Lokal Brebes. Cerdika Jurnal Ilmiah Indonesia, 3(7), 663–670. https://doi.org/10.59141/cerdika.v3i7.645

Hanifah, M., & Purbosari, P. P. (2022). Studi Literatur: Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Guided Inquiry (GI) Terhadap Hasil Belajar Kognitif, Afektif, Dan Psikomotor Siswa Sekolah Menengah Pada Materi Biologi. Biodik, 8(2), 38–46. https://doi.org/10.22437/bio.v8i2.14791

Indrasari, T., Astuti, E. P., & Kurniawan, H. (2023). Pengembangan Modul Ajar Berbasis Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa. Journal of Law, Education and Business, 1(2), 802–812. https://doi.org/10.57235/jleb.v1i2.1156

Jumriani, J., Syaharuddin, S., Noorya Tasya Febrylia Witari Hadi, Mutiani, M., & Abbas, E. W. (2021). Telaah Literatur ; Komponen Kurikulum IPS Di Sekolah Dasar Pada Kurikulum 2013. Jurnal Basicedu, 5(4), 2027–2035. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i4.1111

Khaerati, P. B., Nurhayati, R., & Sudirman, P. (2025). Pengaruh Kegiatan Literasi Al-Qur’an Terhadap Pembentukan Karakter Religius Siswa: Studi Kuantitatif Di SMK Negeri 1 Sinjai. Pedagogy, 2(1), 73–80. https://doi.org/10.61220/pedagogy.v2i1.261

Kharisma, G. I., & Arvianto, F. (2019). Pengembangan Aplikasi Android Berbentuk Education Games Berbasis Budaya Lokal Untuk Keterampilan Membaca Permulaan Bagi Siswa Kelas 1 SD/MI. Premiere Educandum Jurnal Pendidikan Dasar Dan Pembelajaran, 9(2), 203–213. https://doi.org/10.25273/pe.v9i2.5234

Latief, M. A. (2013). Research Methods on Language Learning: An Introduction. UM Press.

Majid, A. (2014). Perencanaan Pembelajaran: Mengembangkan Standar Kompetensi Guru. Remaja Rosdakarya.

Mangngi, S. E., Lalupanda, E. M., & Enda, R. R. H. (2022). Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik Pada Materi Sistem Pencernaan Manusia Kelas VIII a SMP N 6 Wewewa Timur. Diklabio Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Biologi, 154–159. https://doi.org/10.33369/diklabio.6.2.154-159

Mawardi, P., Nurhakim, I., & Veriansyah, I. (2023). Pengembangan Modul Literasi Lingkungan Melalui Program Sekolah Di Sekolah Dasar. Jurnal Obsesi Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 7(6), 6609–6619. https://doi.org/10.31004/obsesi.v7i6.5351

Miranda, Y., & Waindriyani, E. (2023). Pengembangan Bahan Ajar Modul Biologi Pada Materi Metode Ilmiah Di Kelas X SMA Negeri 2 Pangkalan Bun. Jurnal Ilmiah Kanderang Tingang, 14(2), 273–279. https://doi.org/10.37304/jikt.v14i2.218

Mukhibat. (2015). Peran Guru dalam Meningkatkan Kualitas Pembelajaran Pendidikan Agama Islam. Tadrib: Jurnal Pendidikan Islam, 4(2), 143–157.

Mulkan, L. M., & Zunnun, L. M. A. (2024). Analisis Implementasi Kurikulum: Faktor Tantangan Dan Solusi Strategis Di Lingkungan Pendidikan. Primer Jurnal Ilmiah Multidisiplin, 2(2), 112–120. https://doi.org/10.55681/primer.v2i2.324

Nadhila, S.-., & Azizah, M. (2023). Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Dalam Materi Penjumlahan Dan Pengurangan Melalui Soal Cerita Siswa Kelas Ii Sd Negeri Kembang Arum 02 Mranggen Demak. Ijes, 3(2), 99–112. https://doi.org/10.26877/ijes.v3i2.17501

Nesri, F. D. P., & Kristanto, Y. D. (2020). Pengembangan Modul Ajar Berbantuan Teknologi Untuk Mengembangkan Kecakapan Abad 21 Siswa. Aksioma Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 9(3), 480. https://doi.org/10.24127/ajpm.v9i3.2925

Nurrita, T. (2018). Pengembangan Media Pembelajaran Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. Misykat Jurnal Ilmu-Ilmu Al-Quran Hadist Syari Ah Dan Tarbiyah, 3(1), 171. https://doi.org/10.33511/misykat.v3n1.171

Purnama, I., Murtianto, Y. H., & Muhtarom, M. (2022). Desain Modul Berorientasi Literasi Matematika Dengan Bantuan Aplikasi Wolfram Mathematica Untuk Materi Artimatika Sosial. Jurnal Cendekia Jurnal Pendidikan Matematika, 6(3), 2609–2621. https://doi.org/10.31004/cendekia.v6i3.1652

Rahayu, A. N., & Mujdalipah, S. (2021). Pengukuran Tingkat Kemandirian Belajar Siswa Pada Pembelajaran Jarak Jauh Mata Pelajaran Dasar Penanganan Bahan Hasil Pertanian Di SMK PPN Lembang Berdasarkan Sikap Siswa Ketika Belajar. Edufortech, 6(2). https://doi.org/10.17509/edufortech.v6i2.39296

Rahmawati, F., Pamungkas, M. D., & Ardiyanto, B. (2021). Pengembangan E-Modul Logika Matematika Berbasis HOTS Untuk Meningkatkan Divergent Thinking Skill. Didactical Mathematics, 3(2), 68–74. https://doi.org/10.31949/dm.v3i2.1629

Rosyidah, A., & Wantini, W. (2021). Tipologi Manusia Dalam Evaluasi Pendidikan: Perspektif Al-Qur’an Surat Fatir Ayat 32. Jurnal Pendidikan Agama Islam Al-Thariqah, 6(1), 1–17. https://doi.org/10.25299/al-thariqah.2021.vol6(1).6222

Saragih, L. M., Tanjung, D. S., & Anzelina, D. (2021). Pengaruh Model Pembelajaran Open Ended Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Pembelajaran Tematik. Jurnal Basicedu, 5(4), 2644–2652. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i4.1250

Satriani, S. (2022). Rancangan Pembelajaran Al-Qur’an Hadis Berbasis Project Based Learning Pada Madrasah Ibtidaiyah. Edukatif Jurnal Ilmu Pendidikan, 4(3), 3515–3524. https://doi.org/10.31004/edukatif.v4i3.2503

Siminto, S., Mayasari, N., & Ulya, M. (2024). Hubungan Antara Kebijakan Evaluasi Kinerja Guru Dan Pemenuhan Kebutuhan Siswa Dengan Kualitas Layanan Pendidikan Dan Kepuasan Stakeholder Di Indonesia. Jurnal Multidisiplin West Science, 3(04), 513–526. https://doi.org/10.58812/jmws.v3i04.1135

SUMIYARSIH, N. (2022). PENGGUNAAN MEDIA KARTU PEREDARAN DARAH KREATIF &Amp; UNIK UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS v SDN MOJOTRISNO. Strategy Jurnal Inovasi Strategi Dan Model Pembelajaran, 2(3), 384–391. https://doi.org/10.51878/strategi.v2i3.1500

Syah, M. (2017). Psikologi Pendidikan dengan Pendekatan Baru. Remaja Rosdakarya.

Tojiri, Y., & Rusdian, S. (2024). Sharing Masyaratakat Desa Wisata: Peningkatan Personaliti Berbasis Kearifan Lokal. Mardika, 2(1), 65–71. https://doi.org/10.55377/mardika.v2i1.9945

Yolanda, N., & Rizal, F. (2021). Website Based E-Module Development on Computer System Vocational High School 1 Painan. Jurnal Teknologi Informasi Dan Pendidikan, 14(1), 40–46. https://doi.org/10.24036/tip.v14i1.417

Zamroni. (2020). Pembelajaran Qur’an Hadis Berbasis Kontekstual. Jurnal Ilmiah Pendidikan Agama Islam, 3(1), 22–32.

Zarkasi, Z., Mundzir, M., Rokhim, A., Parsidi, P., & Julhadi, J. (2023). Analisis Peningkatan Kompetensi Guru Di MGMP Al-Qur’an Hadis Madrasah Aliyah Kabupaten Demak. Ideguru Jurnal Karya Ilmiah Guru, 9(1), 95–102. https://doi.org/10.51169/ideguru.v9i1.744.




DOI: http://dx.doi.org/10.30821/lokakarya.v4i1.4653

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

INDEXING

  

 

Creative Commons License


Lokakarya by UIN Sumatera Utara Medan is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at http://jurnaltarbiyah.uinsu.ac.id/index.php/lokakarya/.