Hubungan Bimbingan Konseling pada Tingkat Kecerdasan Spritual dan Hasil Prestasi Belajar Siswa di MTs. Negeri 1 Deli Serdang

Zainuddin Zainuddin, Khairuddin Khairuddin, Suhairi Suhairi

Abstract


Penelitian ini menjelaskan bagaimana kecerdasan spiritual mempengaruhi pembelajaran di kelas oleh siswa MTsN 1 Deli Serdang. Populasi penelitian kuantitatif ini adalah seluruh siswa yang terdaftar di MTsN 1 Deli Serdang tahun ajaran 2022–2023. 28 siswa dari setiap penelitian menjadi seluruh sampel untuk penyelidikan ini. Reduksi data (pengumpulan data), penyajian data, dan penarikan kesimpulan merupakan metode yang digunakan dalam analisis data, yang dilakukan dengan menggunakan teknik pengumpulan data seperti pengisian angket, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kecerdasan spiritual siswa berpengaruh terhadap prestasi belajarnya di MTsN 1 Deli Serdang. Pengujian hipotesis penelitian menunjukkan nilai t sebesar 1,411 lebih kecil dari t tabel sebesar 1,701. Artinya, prestasi belajar siswa MTsN 1 Deli Serdang tidak bertambah dari sikap tawazzun (fleksibilitas), kaffah (mengenali hubungan antar benda), kesadaran dan istiqomah yang tinggi, kecerdasan hati (tawadhu), keikhlasan dan tawakkal dalam menghadapi tantangan, tanggung jawab dalam menjalankan visi dan misi, serta nilai integritas dalam kehidupan sehari-hari.


Full Text:

PDF

References


Afrianti, A., & Imamuddin, M. (2022). Pengaruh Kecerdasan Spritual terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa. Lattice Journal: Journal of Mathematics Education and Applied, 2(2), 131-142.

Aini, N., Bisri, H., Salim, A., & Fadil, M. (2022). KEGIATAN YASINAN DAN WAQIAHAN DALAM PEMBENTUKAN KECERDASAN SPIRITUAL SISWA DI MTS. MAMBAUL ‘ULUM GEDANGAN. JIPI (Jurnal Ilmiah Pendidikan Islam), 1(1), 51-60.

Handayani, A., Makarim, C., & Hamdani, I. (2022). Hubungan Shalat Dhuha dengan Kecerdasan Spiritual Siswa Kelas XII di SMA Negeri 2 Kota Bogor. As-Syar'i: Jurnal Bimbingan & Konseling Keluarga, 4(1), 111-117.

Maisaroh, S. (2022). PEMBIASAAN HABITUASI KEGIATAN RELIGIUS DALAM PEMBENTUKAN KECERDASAN SPIRITUAL SISWA DI MI MIFTAHUL ULUM SUMBERREJO. Jurnal Mu'allim, 4(1), 21-33.

Misbah, W. A., & Mariyam, S. (2024). Urgensi Pendidikan Agama Islam Dalam Meningkatkan Kecerdasan Spiritual Siswa Kelas VIII di SMP Alfa Sanah Cisauk. Ikhlas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Islam, 1(4), 38-47.

Nashihin, M. I. (2023). Peran Kebudayaan Religius di Sekolah Terhadap Perkembangan Kecerdasan Spiritual Siswa (Studi Kasus Madrasah Pembangunan UIN Jakarta). Jurnal Al-Azhar Indonesia Seri Humaniora, 8, 144-53.

Nurhasanah, D., Indriana, H., Hayadi, B. H., & Yusuf, F. A. (2024). Optimalisasi Kecerdasan Spiritual dan Emosional Siswa Melalui Inisiatif Bimbingan dan Konseling. Technical and Vocational Education International Journal (TAVEIJ), 4(1), 289-299.

Riyadi, D. E. (2023). Studi The Hidden Curriculum Dalam Membangun Karakter Siswa Dan Meningkatkan Kecerdasan Spiritual Di MI Tarbiyatus Shibyan. Adaara: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 13(1), 30-42.

YZ, F. A., Sarah, M., Nisa, N. R., Putri, Z. A., & Imamuddin, M. (2023). Hubungan Kecerdasan Spiritual Islam Dan Kesiapan Mental Siswa Terhadap Motivasi Belajar Matematika. KOLONI, 2(2), 205-212.

Zega, Y. K. (2022). Peran Guru PAK Memanfaatkan Media Pembelajaran Untuk Meningkatkan Kecerdasan Spiritual Peserta Didik. Jurnal Apokalupsis, 13(1), 70-92.




DOI: http://dx.doi.org/10.30821/lokakarya.v4i1.4565

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

INDEXING

  

 

Creative Commons License


Lokakarya by UIN Sumatera Utara Medan is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at http://jurnaltarbiyah.uinsu.ac.id/index.php/lokakarya/.