PERAN PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MENINGKATKAN KUALITAS PENDIDIKAN, KARAKTER, DAN KEAGAMAAN BAGI SISWA PADA BULAN RAMADHAN DI SMP NEGERI 2 SILAU LAUT

Siti Maryam

Abstract


Kualitas keagamaan seseorang tidak dapat dinilai dari sekadar kuantitas ibadah yang dilakukannya di masjid atau musola. Kualitas keagamaan seseorang dapat dinilai dari bagaimana keikhlasan dalam bersosialisasi dengan masyarakat dan terhadap alam. Tulisan ini berupaya mendeskripsikan peran pembelajaran pendidikan agama Islam dalam meningkatkan kualitas keagamaan siswa (remaja) pada bulan Ramadhan di SMP Negeri 2 Silau Laut. Metode yang digunakan dalam tulisan ini ialah kualitatif dengan metode studi deskriptif. Pengumpulan data berdasarkan laporan yang peneliti kumpulkan dalam kegiatan khusus bulan ramadhan di SMP Negeri 2 Silau Laut, melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pembelajaran pendidikan agama Islam memiliki peran sentral dalam peningkatan kualitas pendidikan, karakter serta keagamaan bagi siswa (remaja) di SMP Negeri 2 Silau Laut. Hal ini disebabkan peran pembelajaran PAI yang menganjurkan siswa untuk memakmurkan masjid, membuat kegiatan positif selama ramadhan dan pasca bulan ramadhan, serta mengisi kegiatan ramadhan dengan ritual ibadah dan ceramah “siraman rohani”.

Kata Kunci: Kegiatan Ramadhan, Kualitas Keagamaan, Pembelajaran PAI.


Full Text:

PDF

References


Ahmad, M.M. (2020). “Keistimewaan Asyhurul Hurum dalam Al-Qur’an: Telaah Komparatif Tafsir Jami’ al-Bayan fi Ta’wil ay al-Qur’an dan Tafsir Jami’li Ahkam al-Qur’an” Skripsi, UIN Sunan Ampel Surabaya. http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/44503.

Al Hakim, R.R. (2021). “Pencegahan Penularan Covid-19 Berbasis Aplikasi Android Sebagai Implementasi Kegiatan KKN Tematik Covid-19 di Sokanegara Purwokerto Banyumas” Community Engagement and Emergence Journal (CEEJ), 2(1), 7-13. https://journal.yrpipku.com/index.php/ceej/article/view/125.

Assingkily, M.S. (2021). Metode Penelitian Pendidikan: Panduan Menulis Artikel Ilmiah dan Tugas Akhir. Yogyakarta: Penerbit K-Media.

Aziz, A. (2020). “Kesalehan Sosial dalam Bermasyarakat Islam Modern” Jurnal Mathlaul Fattah: Jurnal Pendidikan dan Studi Islam, 11(1), 54-70. http://www.stitdaarulfatah.ac.id/journal/index.php/jmf/article/view/24.

Cahyadi, R.A.H. (2015). “Telaah Hakikat Manusia dan Relasinya Terhadap Proses Pendidikan Islam” Adabiyah: Jurnal Pendidikan Islam, 1(1), 29-40. https://core.ac.uk/download/pdf/229662254.pdf.

Darojatun, R., & Alawiyah, A. (2020). “Konstruksi Kesalehan Sosial Generasi Muslim Milenial dalam Filantropi Islam di Kota Serang” Skripsi, UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten. http://repository.uinbanten.ac.id/6518/1/2019-KONSTRUKSI%20KESALEHAN%20SOSIAL%20GENERASI%20MUSLIM.pdf.

Fandatiar, G., Supriyono, S., & Nugraha, F. (2015). “Rancang Bangun Sistem Informasi Kuliah Kerja Nyata (KKN) pada Universitas Muria Kudus” Simetris: Jurnal Teknik Mesin, Elektro, dan Ilmu Komputer, 6(1), 129-136. http://jurnal.umk.ac.id/index.php/simet/article/view/247.

Fuada, S. (2021). “Pelatihan Zotero Guna Menunjang Luaran KKN Tematik Mahasiswa Universitas Pendidikan Indonesia Melalui WhatsApp Group” ABDIMAS: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 4(1), 451-466. https://www.journal.umtas.ac.id/index.php/ABDIMAS/article/view/1064.

Hidayat, N. (2019). “Model Kuliah Kerja Nyata (KKN) Integratif Interkonektif Berbasis pada Pengembangan Masyarakat yang Produktif Inovatif dan Kreatif” Panangkaran: Jurnal Penelitian Agama dan Masyarakat, 2(2), 219-238. http://ejournal.uin-suka.ac.id/pusat/panangkaran/article/view/1869.

Hidayati, E. (2017). “Efektivitas KKN Tematik Posdaya Berbasis Masjid Bagi Pemberdayaan Masyarakat” Jurnal Ilmiah Ar-Risalah: Media Ke-Islam-an, Pendidikan dan Hukum Islam, 11(2), 11-23. http://www.ejournal.iaiibrahimy.ac.id/index.php/arrisalah/article/download/1102/765.

Isti’anah, N.S.Z., & Rosyidah, S.M. (2019). “Membangun Kesalehan Sosial Melalui Gerakan Update Status Positif: Kajian Living Quran Terhadap Gerakan Update Status Positif Majelis Alfatihah Kediri Jawa Timur” Al-‘Ijaz: Jurnal Kewahyuan Islam, 5(2). http://jurnal.uinsu.ac.id/index.php/alijaz/article/view/5559.

Kurnia, M., Jaya, I., Jalil, A.R., Arya, N., & Amin, S. (2020). “KKN Tematik Pemberdayaan Masyarakat Melalui Penerapan Teknologi untuk Peningkatan Taraf Hidup Masyarakat di Kecamatan Pulau Sembilan Kabupaten Sinjai” Jurnal Pengabdian Masyarakat Hasanuddin, 1-9. https://journal.unhas.ac.id/index.php/jpmh/article/view/9579.

Kurnia, N., Muhali, M., Hunaepi, H., & Asy’ari, M. (2021). “Pangan Fungsional untuk Proyek Independen KKN-Tematik di Masa Pandemi Covid-19” Selaparang: Jurnal Pengabdian Masyarakat Berkemajuan, 5(1), 608-615. http://journal.ummat.ac.id/index.php/jpmb/article/view/5749.

Marlina, E., & Andriani, R. (2020). “Pendampingan Penanaman Bibit Pohon Mangga pada Mahasiswa KKN Tematik Universitas Bale Bandung (UNIBBA) di Bantaran Sungai Citarum” Jurnal Pendidikan dan Pengabdian Masyarakat

Mashudi, M., Suparyanto, D., & Arisandi, B. (2020). “Pendayagunaan Potensi Ekonomi Desa Paterongan Kecamatan Galis Melalui KKN Mahasiswa STAIDHI Tahun 2020” Dharma: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 1(1), 1-16. http://ejournal.kopertais4.or.id/madura/index.php/dharma/article/view/4138.

Minu, I.W., Bakry, K., & Hamid, A.N. (2021). “Pengabdian kepada Masyarakat Berbasis Pondok Pesantren oleh Mahasiswa KKN STIBA Makassar di Kabupaten Jeneponto” Wahatul Mujtama’: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 2(1), 49-57. https://103.55.38.155/index.php/wahatul/article/view/344.

Mufid, F. (2013). “Perkembangan Paradigma Epistemologi dalam Filsafat Islam” Ulumuna, 17(1), 19-40. https://ulumuna.or.id/index.php/ujis/article/view/232.

Muwisnawangsa, V.R., & Aristoteles, A. (2017). “Analisis Pengelompokan Mahasiswa KKN Berdasarkan Kriteria Jenis Kelamin, Fakultas, dan Sekolah” Jurnal Komputasi, 5(1). https://jurnal.fmipa.unila.ac.id/komputasi/article/view/1410.

Nasution, A., Maulana, A., & Kurniawan, D. (2019). “Bersama Memajukan Desa” Abdi Dosen: Jurnal Pengabdian pada Masyarakat, 3(2), 99-104. http://pkm.uika-bogor.ac.id/index.php/ABDIDOS/article/download/318/287.

Rangki, L., & Dalla, F. (2020). “Upaya Pencegahan dan Penanggulangan Transmisi Covid 19 Melalui Program KKN Tematik Mahasiswa Universitas Halu Oleo” Journal of Community Engagement in Health, 3(2), 266-274. https://www.jceh.org/index.php/JCEH/article/view/78.

Riadi, H. (2014). “Kesalehan Sosial Sebagai Parameter Kesalehan Keberislaman: Ikhtiar Baru dalam Menggagas Mempraktikkan Tauhid Sosial” An-Nida’, 39(1), 49-58. http://ejournal.uin-suska.ac.id/index.php/Anida/article/view/864.

Riski, P., Nurdin, N.A., Fatimah, S., Syamsuddin, S., Hasmiwarni, H., Aulia, U., ... & Elihami, E. (2021). “Pembuatan JASUKE di Masa Pandemi Covid-19 Melalui E-KKN Tematik Mahasiswa Universitas Muhammadiyah Enrekang” Maspul Journal of Community Empowerment, 3(1), 54-60. https://ummaspul.e-journal.id/pengabdian/article/view/2089.

Rohimat, A.M. (2020). “Socio-Enterpreneurship Dewan Kemakmuran Masjid (DKM) dalam Membentuk Kesalehan Sosial di Tengah Covid-19” Living Islam: Journal of Islamic Discourses, 3(1), 105-124. http://ejournal.uin-suka.ac.id/ushuluddin/li/article/view/2216.

Royanulloh, R., & Komari, K. (2019). “Bulan Ramadhan dan Kebahagiaan Seorang Muslim” Jurnal Psikologi Islam dan Budaya, 2(2), 127-138. http://journal.uinsgd.ac.id/index.php/jpib/article/view/5587.

Sakirman, S. (2019). “Pembinaan Sosial-Keagamaan Lanjut Usia dalam Membangun Konstruk Kesalehan Sosial” Inovasi Pembangunan: Jurnal Kelitbangan, 7(2), 157. https://jurnal.balitbangda.lampungprov.go.id/index.php/jip/article/view/138.

Setyawan, I. (2010). “Peran Kemampuan Empati pada Efikasi Diri Mahasiswa Peserta Kuliah Kerja Nyata PPM Posdaya” Repository Undip. http://eprints.undip.ac.id/18950/.

Suharjana, F. (2013). “Kebugaran Kardiorespirasi dan Indek Masa Tubuh Mahasiswa KKN-PPL PGSD Penjas FIK UNY Kampus Wates Tahun 2012” Jurnal Pendidikan Jasmani Indonesia, 9(2). https://journal.uny.ac.id/index.php/jpji/article/view/3014.

Sumarni, S. (2020). “Pelaksanaan Kegiatan Ektrakurikuler Keagamaan Sebagai Upaya Menumbuhkan Kesalehan Sosial Peserta Didik di SMA Negeri 4 Pinrang” Skripsi, IAIN Parepare. http://repository.iainpare.ac.id/2672/.

Syach, A., Musyadad, V.F., Supriatna, A., & Yusuf, R.N. (2021). “Upaya Menumbuhkan Kesalehan Sosial Melalui Program Peduli Yatim” Jurnal Abdidas, 2(3), 694-699. https://abdidas.org/index.php/abdidas/article/view/353.

Syam, Y.H. (2017). Materi Puasa Ramadhan. Yogyakarta: Elmatera.

Syardiansah, S. (2019). “Peranan Kuliah Kerja Nyata Sebagai Bagian dari Pengembangan Kompetensi Mahasiswa: Studi Kasus Mahasiswa Universitas Samudra KKN Tahun 2017” JIM UPB: Jurnal Ilmiah Manajemen Universitas Putera Batam, 7(1), 57-68. https://mail.puterabatam.com/index.php/jim/article/view/915.

Tempo, R.B.B., & Aqbar, K. (2020). “Ikhtiar Mahasiswa KKN STIBA Makassar dalam Pembentukan Akhlak Qur’ani Masyarakat Desa Balassuka Kabupaten Gowa” Wahatul Mujtama’: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 1(1), 90-115. https://journal.stiba.ac.id/index.php/wahatul/article/view/151.

Umam, K. (2019). “Nilai dan Hikmah Hijriyah” Digilib UIN Khas Jember. http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/532.

Zakaria, Z. (2018). “Modifikasi Konsep Participatory Rural Apraisal untuk Pembekalan Kuliah Kerja Nyata Mahasiswa di Jawa Barat, Indonesia” Dharmakarya, 7(1), 38-45. http://journal.ummat.ac.id/index.php/jpmb/article/view/5749.

Zaprulkhan, Z. (2007). Puasa Ramadhan Sebagai Terapi Pencerahan Spiritual. Jakarta: Hikmah.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

INDEXING

  

 

Creative Commons License


Lokakarya by UIN Sumatera Utara Medan is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at http://jurnaltarbiyah.uinsu.ac.id/index.php/lokakarya/.