Analisis Peran Media Sosial Tiktok Memengaruhi Abe Cekut Dalam Pemerolehan Bahasa Menggunakan Teori Hipotesis Kognitif

Mohamad Alif Garnaya, Dhanti Trioktaviani, Wulan Safirah Permata, Zahra Jelita, Iis Lisnawati

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis peran media sosial TikTok dalam memengaruhi pemerolehan bahasa pada anak, khususnya pada Dmitriev Abraham Hariyanto (Abe Cekut), dengan menggunakan pendekatan Teori Hipotesis Kesemestaan Kognitif. Metode yang digunakan adalah deskriptif kualitatif melalui studi pustaka, analisis video, dan angket. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Abe telah mencapai tahap linguistik sesuai usia, ditandai dengan kemampuannya melafalkan dan memahami kata dalam konteks pengalaman nyata. TikTok berperan sebagai stimulus linguistik yang bersifat multimodal dan kontekstual, yang mempercepat perkembangan aspek fonologi, semantik, dan pragmatik anak. Selain itu, hasil survei mendukung bahwa konten TikTok dapat menjadi media pemerolehan bahasa yang efektif, selama mendapat pendampingan dari orang tua. Penelitian ini memperkuat relevansi teori Piaget dan hipotesis kognitif dalam memahami pemerolehan bahasa anak di era digital.


Full Text:

PDF (Indonesian)

References


Arsanti, M. (2014). Pemerolehan bahasa pada anak (Kajian Psikolinguistik). Jurnal PBSI Universitas Islam Sultan Agung., 3(2), 24–30. Retrieved from https://scholar.google.co.id/scholar?oi=bibs&cluster=970834841307842534&btnI=1&hl=en

Chaer, A. (2015). Psikolinguistik: Kajian Teoretik. Jakarta: Rineka Cipta.

Dardjowidjojo, S. (2003). Psikolinguistik: Pengantar Pemahaman Bahasa Manusia. Jakarta: Yayasan Obor Indonesia.

Heryadi, D. (2014). Metode Penelitian Pendidikan Bahasa. Tasikmalaya: PUSBILL.

Ichsanuddin, & Hendra, S. (2021). Pemerolehan bahasa pada anak usia 33 bulan berdasarkan Mean Length Utterance (MLU). BIP: Jurnal Bahasa Indonesia Prima Universitas Singaperbangsa Karawang, 3 (2), 46–50. https://doi.org/10.34012/bip.v3i2.1893

Muallifah, A., & Umami, M. (2025). Peran Media Sosial Terhadap Pemerolehan Bahasa Anak Usia SD / MI. 2(1), 801–807. https://doi.org/10.57235/jcrd.v2i1.5080

Peri Syaprizal, M. (2019). Proses pemerolehan bahasa pada anak. Jurnal AL-HIKMAH, 1(2), 775–779. https://doi.org/10.36378/al-hikmah.v1i2.213

Sentosa, A. R., & Apriliani, N. (2020). Pemerolehan Bahasa Pada Anak Usia Dini (Kajian Psikolinguistik). Seminar Nasional Pendidikan, 1–7. Retrieved from https://prosiding.unma.ac.id/index.php/semnasfkip/article/view/293

Sobirin, M., Dalman, Idawati, & Kamal, F. (2024). APLIKASI TIK-TOK DALAM PEMEROLEHAN BAHASA ANAK DAN IMPLIKASINYA TERHADAP PENDIDIK, ORANG TUA, DAN SEKOLAH. TAJDID: Jurnal Pemikiran Keislaman Dan Kemanusiaan, 8(2), 1–13. https://doi.org/10.52266/tadjid.v8i2.2794

Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Kuantitatif, kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Suryani, A., & Karunia Putra, D. A. (2024). Analisis Perkembangan Pelafalan Fonem pada Gala Sky melalui Rekaman Video Vlog. GHANCARAN: Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 6(1), 96–109. https://doi.org/10.19105/ghancaran.v6i1.7695

Yusuf, E. B. (2016). Perkembangan dan pemerolehan bahasa anak. Yin Yang: Jurnal Studi Islam Dan Gender Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Purwokerto., 11(1), 40–46. Retrieved from https://ejournal.uinsaizu.ac.id/index.php/yinyang/article/view/826




DOI: http://dx.doi.org/10.30821/eunoia.v5i1.4464

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

INDEXING