Pengembangan Model Pembelajaran Terpadu Pada Topik Literasi Bahasa Siswa

Geby Chrilda Putri Abdi, Mutiara Desma Natalia, Ardya Syaqibilla Nadine, Hanif Kurniawan, Eko Kuntarto, Muhammad Sholeh

Abstract


Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menciptakan pendekatan pembelajaran terpadu yang efektif meningkatkan literasi bahasa siswa. Untuk meletakkan dasar bagi pembelajaran di masa depan, literasi bahasa adalah bagian penting dari pendidikan dasar. Ini membantu anak-anak mengembangkan kemampuan membaca, menulis, berbicara, dan mendengarkan yang kuat. Namun, metode pengajaran yang kurang terintegrasi sering kali menghambat pertumbuhan literasi bahasa siswa secara keseluruhan. Untuk menggabungkan berbagai teknik pengajaran bahasa ke dalam satu kerangka pembelajaran, penelitian ini menciptakan model pembelajaran terpadu. Teknik Penelitian dan Pengembangan (R&D) digunakan dalam penelitian ini, yang meliputi tahapan analisis kebutuhan, desain model, pengembangan, dan pengujian produk. Untuk menilai kemanjuran model dalam meningkatkan literasi bahasa siswa, informasi dikumpulkan menggunakan kuesioner, wawancara, dan observasi. Temuan menunjukkan bahwa kemampuan literasi bahasa siswa, termasuk berbicara, mendengarkan, menulis, dan pemahaman teks, dapat ditingkatkan secara signifikan dengan pendekatan pembelajaran terpadu ini. Hasil ini diharapkan dapat memajukan pengajaran bahasa dan berfungsi sebagai panduan bagi para pendidik yang ingin meningkatkan literasi bahasa siswa mereka secara keseluruhan.


Full Text:

PDF (Indonesian)

References


Arifin, Z. (2021). Efektivitas Model Pembelajaran Terpadu untuk Meningkatkan Literasi Siswa di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Bahasa Indonesia, 19(2), 101–112.

Alirmansyah, A., Zulkhi, M. D., Pandya, P. A., Haya, A. F., & Wulandari, V. (2024). Integrating The Traditional Game Gasing: Comparison and Correlation of Responses, Peace-Loving Character, Social Care, and Student Responsibility. Journal of Innovation in Educational and Cultural Research, 5(4), 634-646. https://doi.org/10.46843/jiecr.v5i4.2018

Borg, W. R., & Gall, M. D. (2003). Educational Research: An Introduction. New York: Longman. https://doi.org/10.2307/3121583

Hafidhoh, N., & Pd, M. (2021). Penerapan Model Pembelajaran Tematik Terpadu Di Sekolah Dasar. At-Tahdzib: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Dasar, 6(01), 50-58.

Hakim, A. (2018). Pengaruh Model Pembelajaran Terpadu terhadap Keterampilan Literasi Bahasa Siswa. Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 14(2), 120–130.

Hamdani, H. (2019). Model Pembelajaran Terpadu di Sekolah Dasar. Bandung: Alfabeta.

Hidayat, R. (2020). Analisis Pembelajaran Literasi di Sekolah Dasar: Studi Kasus Pembelajaran Terpisah. Jurnal Pendidikan Dasar Indonesia, 15(1), 45–53.

Intan, D. N., Kuntarto, E., & Muhammad, S. (2022). STRATEGI GURU UNTUK MENCAPAI TUJUAN PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA DI SEKOLAH DASAR (Doctoral dissertation, Universitas Jambi). https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i3.2287

Kemendikbud. (2020). Data Peningkatan Literasi Siswa di Indonesia. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Kuntarto, E. (2022). Pengembangan Model Pembelajaran Literasi Digital Berbasis Merdeka Belajar untuk Masyarakat Pedesaan. SAP (Susunan Artikel Pendidikan), 7(1), 34–42.

Kuntarto, E., Maryono, M., & Sholeh, M. (2023). Kompetensi pedagogik guru sekolah dasar sebagai pendukung program merdeka belajar. Jurnal Inspirasi Pendidikan, 13(1), 12–18. doi: 10.21067/jip.v13i1.7642.

Nurhayati, D. (2018). Tantangan dan Solusi dalam Implementasi Pembelajaran Terpadu di Sekolah Dasar. Yogyakarta: Pustaka Belajar.

Pratama, Y. (2020). Peran Teknologi dalam Implementasi Pembelajaran Terpadu pada Pendidikan Dasar. Jurnal Teknologi Pendidikan Indonesia, 14(1), 80–90.

Sholeh, M. (2019). Pengembangan media pop-up book berbasis budaya lokal keberagaman budaya bangsaku siswa kelas IV sekolah dasar. Jurnal Gentala Pendidikan Dasar, 4(1), 138–150. https://doi.org/10.22437/gentala.v4i1.6970

Suherman, A. (2019). Model Pembelajaran Terpadu: Pendekatan dan Praktik di Sekolah Dasar. Bandung: Alfabeta.

Supriyanto, A., & Wahyuni, D. (2021). Analisis Keterampilan Literasi Bahasa Siswa di Sekolah Dasar: Tantangan dan Solusi. Jurnal Ilmu Pendidikan Indonesia, 10(1), 34–45.

Suyanto, E. (2017). Literasi Bahasa dan Pendidikan Karakter. Yogyakarta: Pustaka Belajar.

Zulkhi, M. D., Irfansyah, I., Setyonegoro, A., & Suryani, I. (2023). Moralitas dalam Novel Ranah 3 Warna Karya Ahmad Fuadi. SASTRANESIA: Jurnal Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, 10(4), 106-117. https://doi.org/10.32682/sastranesia.v10i4.2736




DOI: http://dx.doi.org/10.30821/eunoia.v5i1.4229

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

INDEXING