Gerakan Literasi Berbasis Local Wisdom Melalui Buku Budaya Mandailing untuk Meningkatkan Minat Baca Siswa

Asrin Nasution

Abstract


Artikel ini bertujuan untuk mendeskripsikan peran literasi dalam meningkatkan minat baca siswa MI Panyabungan, dan implementasi gerakan literasi berbasis local wisdom di MI Panyabungan. Metode penelitian yang digunakan yaitu metode deskriptif kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Penelitian ini dilakukan di Madrasah Ibtidaiyah (MI) Panyabungan. Teknik yang digunakan dalam kepentingan pengambilan data, yaitu: observasi, wawancara, dan studi dokumen. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini terdiri dari empat tahapan, yakni: pengumpulan data, reduksi data, pemaparan data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) kegiatan literasi memberikan peran dalam meningkatkan minat baca siswa MI Panyabungan. Penerapan gerakan literasi yang memperhatikan perhatian, motivasi dan perasaan siswa mendukung peningkatkan minat baca siswa; dan (2) implementasi gerakan literasi berbasis local wisdom di MI Panyabungan dilakukan melalui tiga model pengembangan gerakan literasi (pengajaran, pengembangan, dan pembiasaan), memanfaatkan mata pelajaran kebudayaan daerah untuk memotivasi siswa membaca, menerapkan strategi pembelajaran sosial kultural, dan menyediakan buku budaya Mandailing di pojok literasi maupun perpustakaan sekolah.

Full Text:

PDF

References


Arum Nisma Wulanjani, & Candradewi Wahyu Anggraeni. (2019). Meningkatkan Minat Membaca melalui Gerakan Literasi Membaca bagi Siswa Sekolah Dasar. Proceeding of Biology Education, 3(1), 26–31. https://doi.org/10.21009/pbe.3-1.4

Atharina, F. P., & Mudzanatun, M. (2017). Analisis Faktor-Faktor Penghambat Minat Baca Mahasiswa Calon Guru Sekolah Dasar. Media Penelitian Pendidikan : Jurnal Penelitian dalam Bidang Pendidikan dan Pengajaran, 11(1), 35–45. https://doi.org/10.26877/mpp.v11i1.2605

Darmastuti, R., Purnomo, J. T., Utami, B. S., & Yulia, H. (2019). Literasi Media Berbasis Kearifan Lokal Masyarakat Bali. Jurnal Studi Komunikasi (Indonesian Journal of Communications Studies), 3(3), 402. https://doi.org/10.25139/jsk.v3i3.1538

Delfina. (2018). MENINGKATKAN MINAT BACA SISWA SMP NEGERI 3 LUBUK PAKAM MELALUI PEMBUATAN JURNAL MEMBACA DAN BIMBINGAN MEMBACA. JURNAL BENCHMARKING: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 2(2), 82–87.

Ediyono, S., & Alfiati, A. (2019). Membangun Budaya Literasi Berbasis Kearifan Lokal dalam Mata Kuliah Menulis Puisi Mahasiswa. An-Nuha : Jurnal Kajian Islam, Pendidikan, Budaya dan Sosial, 6(2), 183–194. https://doi.org/10.36835/annuha.v6i2.334

Hapsari, Y. I., Purnamasari, I., & Purnamasari, V. (2019). Minat Baca Siswa Kelas V Sd Negeri Harjowinangun 02 Tersono Batang. Indonesian Journal Of Educational Research and Review, 2(3), 371. https://doi.org/10.23887/ijerr.v2i3.22634

Kemendikbud. (2016). Panduan Gerakan Literasi Sekolah di Sekolah Menengah Atas. Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Lubis, S. S. W. (2020). Membangun Budaya Literasi Membaca dengan Pemanfaatan Media Jurnal Baca Harian. PIONIR: Jurnal Pendidikan, 9(1). https://doi.org/10.22373/pjp.v9i1.7167

Mboka, I. dan S. H. dan Q. A. N. (2021). Pengembangan Bahan Literasi Berbasis Kearifan Lokal Di Madrasah Ibtidayah Negeri 1 Timor Tengah Selatan ( TTS ). JURNAL PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT, 1(01), 30–37.

Meo, A., Wau, M. P., & Lawe, Y. U. (2021). Analisis Kesulitan Belajar Membaca Permulaan Pada Siswa Kelas I SDI Bobawa Kecamatan Golewa Selatan Kabupaten Ngada. Jurnal Citra Pendidikan, 1(2), 277–287. http://jurnalilmiahcitrabakti.ac.id/jil/index.php/jcp/index

Muslimin. (2018). Foster a Culture of Literacy Through Increased Reading Interest in Village Communities. Cakrawala Pendidikan, 37(1), 107–118. https://doi.org/10.21831/cp.v37i1.17141

Nani, & Hendriana, E. C. (2019). Analisis Kesulitan Belajar Siswa Pada Pembelajaran Bahasa Indonesia di Kelas V SDN 12 Singkawang. Journal of Educational Review and Research, 2(1), 55–62. https://doi.org/10.26737/jerr.v2i1.1853

Shofaussamawati. (2014). Menumbuhkan Minat Baca dengan Pengenalan Perpustakaan Pada Anak Sejak Dini. LIBRARIA: Jurnal Perpustakaan, 2(1), 46–59. https://doi.org/10.21043/libraria.v2i1.1189

SuaraSurabaya.net. (2021). Minat Baca Indonesia Rendah, Budaya Tutur Lebih Tinggi.

Suyono. (2009). Pembelajaran Efektif dan Produktif Berbasis Literasi: Analisis Konteks, Prinsip, dan Wujud Alternatif Strategi Implementasinya di Sekolah. Jurnal Bahasa dan Seni, 37(2), 203–217.

Wasihna, J. (2016). Meningkatkan Literasi Membaca dan Menulis dengan Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK). Kwangsan: Jurnal Teknologi Pendidikan, 4(2), 67–80. https://doi.org/10.31800/jtp.kw.v4n2.p67--80




DOI: http://dx.doi.org/10.30821/eunoia.v2i1.1317

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

INDEXING