Analisis Nilai Didaktis Cerita Anak Putri Mawar Karya Arni Windana

Khairina Khairina

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan nilai-nilai didaktis yang terdapat dalam cerita anak Putri Mawar karya Arni Windana. Sumber data pada penelitian ini yaitu dokumen berbentuk buku cerita anak yang berjudul Putri Mawar karya Arni Windana. Buku tersebut diterbitkan oleh DIVA Press di Jogjakarta pada bulan April tahun 2011, dan mempunyai halaman berjumlah 111. Dari sumber tersebut dianalisis data berupa nilai-nilai didaktis. Metode dalam penelitian ini yaitu metode deskriptif dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu studi dokumen atau studi pustaka. Analisis data pada penelitian ini menggunakan teknik analisis jalinan atau mengalir yang meliputi tiga komponen, yaitu: reduksi data, sajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil dari penelitian ini didapat nilai-nilai didaktis dalam cerita anak Putri Mawar karya Arni Windana, yaitu: menolong sesama, empati, kejujuran, saling berbagi, kegigihan dan keuletan, kebermanfaatan, dan menghargai sesama.

Full Text:

PDF

References


Arikunto, S. (2012). Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Penelitian. In Jakarta: Rineka Cipta.

Azwar, S. (2010). Metodelogi Penelitian. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Dharma, I. M. A. (2019). Pengembangan Buku Cerita Anak Bergambar dengan Insersi Budaya Lokal Bali terhadap Minat Baca dan Sikap Siswa Kelas V SD Kurikulum 2013. Journal for Leason and Learning Studies, 2(1), 53–63.

Endeh. (2017). Nilai Didaktis dalam Novel Hujan Karya Tere Liye. Jurnal Diksatrasia, 1(2), 164–172. https://jurnal.unigal.ac.id/index.php/diksatrasia/article/view/595

Faidah, C. N. (2018). Dekonstruksi Sastra Anak: Mengubah Paradigma Kekerasan dan Seksualitas Pada Karya Sastra Anak Indonesia. Kredo: Jurnal Ilmiah Bahasa dan Sastra, 2(1), 126–139. https://doi.org/10.24176/kredo.v2i1.2458

Hidayat, I., Wardianto, B. S., & Fauzi, A. (2021). Nilai Moral Anak Usia Dini Pada Kumpulan Fabel Persahabatan Karya Chandra Wening. GOLDEN AGE: Jurnal Ilmiah Tumbuh Kembang Anak Usia Dini, 6(3), 143–154. https://doi.org/10.14421/jga.2021.63-04

Hurmatisa, D., Sapiin, & Khairussibyan, M. (2020). Nilai Didaktis dalam Cerita Putri Denda Mandalika Versi S.S.T. Wisnu Sasangka dan Hubungannya dengan Pembelajaran Sastra di SMA. Jurnal Bastrindo, 1(1), 32–50. https://doi.org/10.29303/jb.v1i1.7

Ismawirna, Erfinawati, & Rocki, A. (2020). Analisis Nilai Didaktis dalam Hikayat Ibrahim Hasan Karya Nurman Syamhas. Jurnal Metamorfosa, 8(1), 105–111. https://doi.org/10.46244/metamorfosa.v8i1.346

Kamarudin, D, Y., & Pahar, E. (2020). Pelatilahan Teknik Pembelajaran Drama Terhadap Guru-Guru SMA Kuala Tungkal Kota. Jurnal Karya Abdi, 4(1), 44–47. https://doi.org/10.22437/jkam.v4i1.9815

Kurniawan, H., Waluyo, H. J., Suwandi, S., & Setiawan, B. (2018). Kepribadian Moral Ideal Anak dalam Cerita Anak Pada Majalah Bobo dan Harian Kompas. Lingua, 14(2), 226–239. http://journal.unnes.ac.id/nju/index.php/lingua

Maisarah, & Gustina, F. (2018). Analisis Faktor yang Mempengaruhi Ketidakdisiplinan Belajar Anak Usia 4-5 Tahun di TKIT Ibnu Qoyyim TA. 2017/2018. Jurnal Raudhah, 6(1), 1–9. https://doi.org/10.30829/raudhah.v6i1.291

Patricia, N. T. (2019). Nilai-nilai Didaktis dalam Cerita Rakyat “Putri Gumbili dengan Haruman.” UNDAS, 15(1), 19–32. https://doi.org/10.26499/und.v15i1.1462

Riswandi, B., & Sumiyadi. (2020). Manifestasi Nilai Didaktis Cerita Rakyat Sangkuriang dalam Novel “Supata Sangkuriang” Karya Alexandreia Wibawa. Jurnal Metabasa, 2(2), 72–88. https://jurnal.unsil.ac.id/index.php/mbsi/article/view/2494

Santosa, P. (2013). Keberagaman Sastra di Indonesia dalam Membangun Keindonesiaan. Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. https://badanbahasa.kemdikbud.go.id/lamanbahasa/content/keberagaman-sastra-di-indonesia-dalam-membangun-keindonesiaan

Uli, I., Sulastriana, E., & Hajafiani, D. (2017). Pemanfaatan Nilai Didaktis dalam Novel Supernova: Partikel Karya Dewi Lestari sebagai Bahan Pembelajaran di SMA. Jurnal Edukasi, 15(1), 81–95. https://doi.org/10.31571/edukasi.v15i1.408

Windana, A. (2011). Putri Mawar. Jogjakarta: DIVA Press.




DOI: http://dx.doi.org/10.30829/eunoia.v2i1.1314

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.