Pengembangan APE Rolling Box Berbasis Permainan Tebak Gambar terhadap Kemampuan Bahasa Anak

Putri Rahmi, Reka Dersa, Jamaliah Hasballah

Abstract


Artikel ini memaparkan hasil pengembangan dari APE Rolling Box berbasis tebak gambar untuk kemampuan bahasa anak di PAUD Safiatuddin. Pengembangan dilakukan karena hasil observasi awal ditemukan bahwa kemampuan bahasa anak masih tergolong rendah dan guru menggunakan APE atau media yang tidak sesuai dengan karakteristik anak usia dini. Penelitian ini menggunakan metode penelitian pengembangan model ADDIE. Instrumen yang digunakan, yaitu: lembar angket validasi ahli dan lembar observasi kemampuan bahasa anak. Teknik analisis data pada penelitian ini yaitu analisis data kuantitatif menggunakan rumus persentase rerata skor. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: APE Rolling Box berbasis tebak gambar untuk kemampuan bahasa anak memperoleh kriteria sangat valid dan sangat efektif. Kemampuan bahasa anak setelah menggunakan APE Rolling Box berbasis tebak gambar memperoleh skor persentase sebesar 87,5% dengan kriteria berkembang sangat baik (BSB). Penelitian ini menyarankan kepada guru untuk mengembangkan APE sesuai tahap perkembangan dan kebutuhan anak di sekolahnya, seperti APE Rolling Box berbasis tebak gambar untuk kemampuan bahasa anak di PAUD Safiatuddin.

Full Text:

PDF

References


Ariyanti, & Muslimin, Z. I. (2015). Efektivitas Alat Permainan Edukatif (APE) Berbasis Media dalam Meningkatkan Kemampuan Berhitung pada Anak Kelas 2 di SDN 2 Wonotirto Bulu Temanggung. Jurnal Psikologi Tabularasa, 10(1), 58–69. https://jurnal.unmer.ac.id/index.php/jpt/article/view/243

Basori. (2021). Penggunaan APE sebagai Media Pembelajaran untuk Anak Usia Dini. Al Abyadh, 4(1). https://ojs.diniyah.ac.id/index.php/Al-Abyadh/article/view/251

Dwiyanti, L., & Khan, R. I. (2020). Optimalisasi Perkembangan Bahasa Anak Usia Dini Melalui APE. Prosiding Seminar Nasional Riset Teknologi Terapan, 1–8.

Fitri, I. (2020). Meningkatkan Kemampuan Berbahasa Melalui Bercerita Media Wayang Kelompok B RA Peranida. Jurnal Pelita PAUD, 5(1), 61–67. https://doi.org/10.33222/pelitapaud.v5i1.1109

Hasanah, U. (2019). Penggunaan Alat permainan Edukatif (APE) Pada Taman Kanak-Kanak Di Kota Metro Lampung. AWLADY : Jurnal Pendidikan Anak, 5(1), 20–40. https://doi.org/10.24235/awlady.v5i1.3831

Khadijah, Budianti, Y., Anjani, T. A. D., & Maisarah. (2021). Penggunaan Pasir Warna dalam Mempengaruhi Perkembangan Nilai Agama dan Moral, Kognitif, Bahasa, Fisik-Motorik, dn Sosial Emosinoal Anak Usia 4-5 Tahun. KINDERGARTEN: Journal of Islamic Early Childhood Education, 4(2), 201–210. https://doi.org/10.24014/kjiece.v4i2.12673

Maisarah. (2020). PTK dan Manfaatnya Bagi Guru. Bandung: Media Sains Indonesia.

Muazzomi, N., & Sofyan, H. (2021). Pengembangan Bahan Ajar Pengembangan APE Berbasis Kewirausahaan S1 PG- PAUD FKIP Universitas Jambi. Jurnal Sains Sosia Humaniora, 5(1), 388–395. https://doi.org/10.22437/jssh.v5i2.15780

Nurjannah, E., Masidah, I., & Fiflet. (2018). Pengaruh APE dari Bahan Alam terhadap Aspek Perkembangan Anak Usia 4-6 Tahun. Jurnal Ceria, 1(5), 7–12. https://doi.org/10.22460/ceria.v1i5.p7-12

Rahmi, P., Mawaddah, Fajriah, H., & Maisarah. (2020). Penerapan Alat Permainan Edukatif Tangram untuk meningkatkan Kreativitas Anak dalam Mengenal Bentuk Geometri di TKN Pembina Lawe Alas. Jurnal Raudhah, 8(1), 81–91. https://doi.org/10.30829/raudhah.v8i1.588

Ramadhani, P. M., & Sugianto. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran Fisika Berbasis Model Educational Games Guna Meningkatkan Minat Belajar Melalui Rolling Box (Ro-Box) Bagi Peserta Didik Kelas X SMA N 2 Semarang. Unnes Physics Educational Journal, 9(3), 217–226. https://doi.org/10.15294/upej.v9i2.41929

Shunhaji, A., & Fadiyah, N. (2020). Efektivitas Alat Peraga Edukatif (APE) Balok Dalam Mengembangkan Kognitif Anak Usia Dini. Alim: Journal of Islamic Education, 2(2), 1–30. https://doi.org/10.51275/alim.v2i1.157

Suminar, M., & Gustiana, E. (2018). Pengembangan Media Kantong Ajaib Untuk Meningkatkan Kemampuan Bahasa Anak. Jurnal Pelita PAUD, 3(1), 76–81. https://doi.org/10.33222/pelitapaud.v3i1.440

Surbakti, H., Zakaria, Muslikhah, R. I., Sayekti, S. P., Ismail, J. K., Badi’ah, A., Maisarah, & Sumarsih. (2022). Pendidikan Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Bandung: Media Sains Indonesia.

Syamsiyah, N., & Hardiyana, A. (2022). Implementasi Metode Bercerita sebagai Alternatif Meningkatkan Perkembangan Bahasa Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(3), 1197–1211. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i3.1751

Syamsu, Y. (2011). Perkembangan Peserta Didik. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Trimantara, H., & Mulya, N. (2019). Mengembangkan Bahasa Anak Usia 4-5 Tahun Melalui Alat Permainan Edukatif Puzzle. Jurnal Al-Athfaal, 2(1). https://doi.org/10.24042/ajipaud.v2i1.4553

Wahyuni, S., Khadijah, K., Budianti, Y., & Maisarah, M. (2021). Pengembangan Kurikulum Merujuk KKNI Pada Prodi PIAUD. Al-Athfaal: Jurnal Ilmiah Pendidikan Anak Usia Dini2, 4(1). https://doi.org/10.24042/ajipaud.v4i1.8334




DOI: http://dx.doi.org/10.30829/eunoia.v2i1.1296

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.